Home » » Apa Itu Alexa Traffic Rank ?

Apa Itu Alexa Traffic Rank ?

Bagi mayoritas blogger terutama bagi yang sudah lama blogging alexa traffic rank adalah istilah yang sudah familiar ditelinga mereka. Alexa traffic rank yang semakin kecil adalah bukti nyata konsistensi dan keseriusan blogging yang mereka bangun. Blog yang memiliki aleaxa traffic rank yang kecil
menandakan bahwa blog mereka telah menjadi blog otoritas (rujukan) pada topik yang mereka geluti.



Kalau begitu apa itu alexa traffic rank dan mengapa penting bagi sebuah blog ?
Alexa traffic rank merupakan peringkat suatu blog atau situs tertentu. Adapun penilaiannya berdasarkan history dari data yang terjadi dalam kurun waktu tertentu (bulan) yang dikumpulkan dari seorang pengguna alexa toolbar. Dan juga berdasarkan sumber data lalu lintas yang perhitungannya mengacu pada jumlah pengunjung dan jumlah pageview dari blog / situs tersebut.

Pendataan alexa traffic rank dilakukan oleh Alexa.com yang masih merupakan milik dari Amazon.com. Blog / situs memiliki peringkat alexa traffic rank yang berbeda – beda. Adapun blog / situs yang baru dibuat biasanya belum memiliki peringkat alexa. Ketika blog / situs sudah berumur, memiliki konten artikel serta sudah mulai rutin dikunjungi pembaca barulah peringkat alexa traffic rank muncul.

Untuk peringkat alexa traffic rank blog / situs dimulai dari yang paling besar (bisa puluhan juta.  blog saya awal memiliki alexa lebih dari 17 juta) sampai yang terkecil (peringkat 1 seperti Google atau facebook).  Kenapa google dan Facebook pemilik alexa terkecil? Ini karena alexa menghitung berdasarkan kepopuleran situs tersebut. Saat ini Google dan Facebook adalah 2 situs yang paling dicari – cari diinternet.

Kembali ke pembahasan alexa traffic rank.
Bagi kita yang merupakan blogger mandiri pentingkah memiliki peringkat alexa traffic rank?
Ini tergantung kepada pribadi masing – masing. Alasannya cukup sederhana. Bagi Anda yang mempunyai blog sekedar untuk sharing pengalaman, hobi, curhat dan lain – lain peringkat alexa tidak terlalu penting. Cukup diketahui sesama teman sudah disekitarnya.

Adapun bagi Anda yang mempunyai blog untuk tujuan komersil tentu saja peringkat alexa sangat penting. Blog yang dibangun dengan visi misi mencari uang tambahan peringkat alexa yang kecil sangat dibutuhkan. Peringkat alexa yang kecil menandakan blog ramai dikunjungi dan dibaca banyak orang.

Dengan alexa traffic rank yang semakin kecil peluang untuk memonetisasi blog menjadi semakin mudah. Monetisasi blog dapat berupa PPC seperti Goolge Adsense, affiliasi, menyewakan space iklan mandiri, dan masih banyak lagi tergantung dari topik tentang apa blog itu membahas. (baca : Cara Memilih Topik Yang Terbaik Bagi Blog Anda)

Peringkat alexa traffic rank ini berbanding terbalik dengan peringkat page rank suatu blog di mana page rank semakin besar semakin baik. Page rank dihitung dari 1 sampai 10. Untuk lebih detailnya membutuhkan pembahasan tersendiri.

Kami mengharapkan artikel Apa Itu Alexa Traffic Rank ? bisa Anda bagikan melalui media sosial di atas. Terima kasih

« Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya »
Next Post »
Mas Hartarto

Perkenalkan nama saya Mas Hartarto, admin dari SinarBlogging.net. Seorang blogger kampung yang suka berbagi informasi tentang tips menulis, dan tips blogging dan informasi lain yang terkait

0 Comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih