Home » » Cara Membuat Menu Horisontal Di Blogger

Cara Membuat Menu Horisontal Di Blogger

Untuk membangun blog yang lebih enak dipandang dan memudahkan para pembaca seorang blogger harus memperhatikan aspek – aspek berharga tampilan blog. Dengan menyajikan tampilan blog yang baik akan menciptakan suasana yang nyaman dimata pengunjung baik untuk membaca atau sekedar menjelajahi blog.

Aspek berharga dari tampilan blog adalah tersediannya menu navigasi. Menu navigasi blog berfungsi memudahkan pengunjung untuk berjalan – jalan melihat kategori artikel atau melihat blog secara keseluruhan. Dengan adanya menu navigasi pembaca akan lebih mudah menemukan artikel yang ingin dia baca.

Beberapa blogger pemula tidak memperhatikan aspek ini sehingga berakibat buruk bagi perkembangan blog tersebut. Pengunjung menyukai blog yang memiliki kemudahan dalam mencari apa yang mereka butuhkan. Blog yang tidak memiliki menu navigasi ibarat pulau harta karun tanpa peta. Walaupun artikel yang ada sangat berharga, tetapi tanpa menu ini Anda tanpa sadar membuat poster 

jika Anda tidak dapat menemukan apa yang Anda cari secara otodidak, maka silahkan tinggalkan blog ini. Terima kasih atas kunjungannya.

Kalau blog tersebut sudah mulai ada sinyal seperti ini kepada pengunjung sudah dapat dipastikan blog itu akan sangat sepi dari pembaca kecuali mereka hanya tersesat menemukan blog itu.
Untuk membuat menu navigasi sebenarnya mudah dan dapat dilakukan dengan cepat. Tinggal Anda bekerja sedikit dan hasilnya akan ‘wow’ bagi blog Anda. Ada 3 variasi menu navigasi blog yang banyak digunakan yaitu menu horisontal, menu vertikal, dan gabungan dari keduanya.

Pada kali ini kita akan membuat menu navigasi horisontal dahulu. Ini karena cara menu horisontal sangat cocok ditempatkan di bawah header. Untuk itu langsung saja kita mulai.

1.  Login ke Dashboard blogger Anda dan buka halaman layout / tata letak.

2.  Selanjutnya klik “Add a Gadget” / "Tambahkan Gadget"

3.  Berikutnya Anda cari “HTML / Java Script ” dan langsung klik

4.  Silahkan masukkan kode di bawah ini pada jendela tersebut.

 <div id="menu">
  <ul>
     <li><a href="LINK">MENU 1</a></li>
     <li><a href="LINK">MENU 2</a></li>
     <li><a href="LINK">MENU 3</a></li>
     <li><a href="LINK">MENU 4</a></li>
     <li><a href="LINK">MENU 5</a></li>
  </ul>
</div>

Catatan


Pada tulisan 'MENU' sialahkan Anda ganti dengan nama menu yang diinginkan, misal: Home,Tutorial, Tentang, Kontak, atau menu lainnya.
Ganti tulisan 'LINK' dari baris   <a href=’LINK’>    dengan alamat link dari menu tersebut.
Caranya Anda buka laman blogger dan klik  ‘lihat’ laman sehingga akan muncul link dari laman tersebut kemudian Anda tinggal copy link itu.
Jika Anda ingin menambah nama menu Anda dapat mengcopy kode seperti di atas itu.

5.  Kalau Anda sudah mengisi semuanya silahkan klik "Save" untuk melihat hasilnya.

Setelah itu Anda bisa memulai blog ( Baca : Inilah 5 Tips Sukses Memulai Blog ) dengan menulis konten yang unik ( Baca : Cara Menulis Konten Yang Unik ) supaya pengunjung berbondong - bondong membaca di blog Anda. Semoga kita sama - sama sukses di dunia blogging.

Kami mengharapkan artikel Cara Membuat Menu Horisontal Di Blogger bisa Anda bagikan melalui media sosial di atas. Terima kasih

« Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya »
Next Post »
Mas Hartarto

Perkenalkan nama saya Mas Hartarto, admin dari SinarBlogging.net. Seorang blogger kampung yang suka berbagi informasi tentang tips menulis, dan tips blogging dan informasi lain yang terkait

0 Comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih