Home » » 6 Fungsi Internet dalam Kehidupan Sehari-hari yang Menakjubkan

6 Fungsi Internet dalam Kehidupan Sehari-hari yang Menakjubkan

Sebagai teknologi yang paling populer secara global penggunaan internet  telah mulai dapat diakses tidak lagi terbatas dikota – kota besar, tetapi sudah sampai ke pelosok desa. Tentu saja perkembangan ini sangat menggembirakan bagi semua kalangan. Namun dari semua itu apakah Anda telah
mengetahui fungsi – fungsi internet lebih mendetail? Dalam kehidupan sehari - hari internet memiliki fungsi yang sangat komplit.

Internet merupakan jaringan komputer yang dapat digunakan secara global ( untuk lebih jelas baca: Apa Itu Internet, Fasilitas Dan Kelebihannya ). Oleh karena itu terdapat berbagai fungsi internet yang dapat Anda manfaatkan dalam kehidupan sehari – hari. Mulai dari pelajar, mahasiswa, perusahaan, pemerintahan maupun masyarakat umum sangat terbantu dengan adanya internet.


6 Fungsi Internet dalam Kehidupan Sehari-hari yang Menakjubkan

Ada beberapa fungsi internet yang utama antara lain:


1.  Media Mencari Informasi

Hampir semua informasi yang Anda inginkan bisa Anda cari diinternet. Berbagai materi tersedia diinternet mulai dari pendidikan, politik, olah raga, kesehatan, makanan, dan masih banyak lagi yang tidak mungkin untuk disebutkan satu persatu. Dalam internet dikenal search engine sebagai wadah utama pengumpul sumber informasi dalam skala global. Ada bermacam search engine (baca : Macam - Macam Search Engine ) yang dapat Anda pergunakan.

Sumber informasi yang ada diinternet berasal dari website, web directory, portal, blog, forum, dan mailing list. Sumber tersebut jika dirinci akan menjadi jutaan referensi karena dibuat oleh jutaan orang / perusahaan.

2.  Media Berkomunikasi Dan Berinteraksi

Awal mula muncul internet media berkomunikasi yang paling populer menggunakan chatting. Chatting adalah media berkomunikasi menggunakan alamat email dengan berkirim teks, audio, bahkan video. Email yang ada Gmail. Hotmail, Yahoomail, dan lain – lain. Seiring perkembangan mulai bermunculan jejaring sosial yang menjadi primadona baru dalam berkomunikasi dan berinteraksi. Jejaring sosial yang paling populer Facebook, Twitter, Google+, dan lain – lain.

3.  Media Belajar Menulis

Karena sumber informasi diinternet juga berasal dari berbagai tulisan orang banyak. Maka Anda dapat melatih kemampuan menulis kemudian mempublikasikannya diinternet melalui website atau blog pribadi yang bisa dibuat secara gratis atau berbayar. Belajar menulis yang cocok diinternet berupa artikel pendek (diary, hobi, dll) atau artikel panjang (cerpen, novel,dll).

4.  Media Upload dan Download File

Diinternet Anda bisa upload file ( berupa: gambar, video, teks dan audio ) dan juga mendownloadnya (unduh). Ada banyak situs upload file diinternet Anda dapat mencari sendiri di search engine. Adapun untuk mendownload file bisa gratis maupun berbayar. Ada banyak software untuk mendownload seperti IDM (Internet Download Manager), FDM (Free Download Manager) dan masih banyak lagi.

5.  Media Jual Beli Online (Bisnis Online)

Internet yang bersifat cepat, praktis, fleksibel dan ekonomis mendorong orang berbisnis online. Dengan metode ini orang dapat menjual dan membeli barang dan jasa secara online. Jual beli online ini mulai menggeser cara berdagang konvensional karena tidak perlu penjual bertatap muka dengan pembeli untuk melakukan transaksi.

Kelebihan bisnis online ini selain mudah dan cepat juga pangsa pasar yang global mencakup seluruh negara didunia sehingga potensi transaksi menjadi lebih besar. Barang yang diperjualbelikan ada yang berwujud barang riil dan berwujud barang digital. Barang digital seperti e-book dan software mulai diminati orang.

6.  Media Mencari Uang Tambahan

Selain media jual beli online masih ada lagi fungsi internet yang booming saat ini. Apa itu? Yaitu model bisnis super murah bahkan bisa dibilang gratis, tapi penghasilan besar hanya bermodalkan blog bahkan tanpa memiliki blog. Ada banyak program penghasil uang yang ada diinternet. Orang yang mempunyai blog dikenal dengan blogger. Dengan menjadi blogger aktif banyak dari mereka yang tadinya karyawan kantor memilih keluar dan fokus di blog karena potensi penghasilan yang luar biasa.

Itulah sedikit fungsi internet yang saya tahu. Meskipun demikian penggunaan internet tergantung anda sendiri. Sebagian orang menggunakan hanya untuk menghabiskan kuota internet dengan aktif dimedia sosial saja. Dari 6 fungsi tersebut anda lebih sering memfungsikan internet sebagai apa?

Kami mengharapkan artikel 6 Fungsi Internet dalam Kehidupan Sehari-hari yang Menakjubkan bisa Anda bagikan melalui media sosial di atas. Terima kasih

« Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya »
Next Post »
Mas Hartarto

Perkenalkan nama saya Mas Hartarto, admin dari SinarBlogging.net. Seorang blogger kampung yang suka berbagi informasi tentang tips menulis, dan tips blogging dan informasi lain yang terkait

0 Comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih