Home » » Tips Memilih Template Blog Yang baik

Tips Memilih Template Blog Yang baik

Sebenarnya memilih template blog adalah hal yang lumrah dilakukan para blogger sebelum mempublikasikan sebuah postingan. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar apa yang Anda tentukan benar – benar baik untuk kelangsungan blog jangka panjang.



Sebagian blogger memilih template dengan tergesa – gesa. Akibatnya baru sebentar digunakan sudah mau diganti dengan yang baru. Untuk konten blog memperbaharui artikel memang harus dilakukan secara konsisten, tetapi pada kasus template blog harus dibedakan. Memperbaharui template kadang bisa memaksimalkan jumlah pengunjung namun bisa juga membahayakan kelangsungan blog itu sendiri. Pada hakikatnya seorang pembaca tidak suka dengan penampilan yang berubah – ubah. Yang diinginkan pembaca adalah isi yang ada diblog itu bukan sesuatu yang lain.

Fungsi dari template pada dasarnya sebagai background yang seharusnya tidak berubah – ubah. Pada blog populer Anda akan mendapatkan tampilan blog yang tetap. Mereka konsisten memakai 1 model saja walaupun telah digunakan bertahun – tahun. Mereka lebih fokus kepada konten yang ditulis. Hasilnya pun pengunjung blog mereka tetap datang dan kembali datang.

Para blogger top mereka memilih mengeluarkan sejumlah uang untuk mendapatkan template yang bagus dan tepat. Sebagian bahkan menyewa desainer web profesional untuk memperoleh hasil yang sesuai. Mereka tidak mau mengambil resiko jangka panjang pada blog yang mereka bangun.

Tujuan dari penentuan template adalah memberikan tampilan yang menarik bagi pembaca. Selain itu mampu bersaing di SERP dan untuk menghasilkan uang sesuai dengan program yang diikuti. Ada tampilan yang cocok dengan program PPC, tetapi belum tentu cocok pada program affiliasi. Oleh karena itu Anda memerlukan tips tersendiri untuk menentukannya.

Walaupun demikian pada dasarnya menentukan template yang terbaik dan tepat dipengaruhi beberapa hal berikut ini :

1.  Loading blog cepat
Tujuan pengunjung datang adalah membaca artikel yang ada di dalamnya. Jangan mempersulit pengunjung untuk membaca di blog Anda. Diinternet loading blog yang cepat akan mendapat kredit tersendiri dari pembaca. Jangan biarkan pengunjung lari sebelum membaca artikel yang telah susah payah Anda hasilkan.

Loding blog yang lambat biasanya dipengaruhi oleh banyaknya aksesoris, widget atau plugin yang digunakan. Pasanglah aksesoris yang dibutuhkan saja seperti popular post, recent post, label, dan lain – lain. Adapun aksesoris jam, ramalan cuaca, kalender, dan sebagainya sebaiknya Anda kurangi agar tidak memperlambat loading blog. Usahakan loading blog jangan sampai 5 detik.

2.  Responsive
Saat ini blog telah dapat diakses menggunakan ponsel. Oleh karena itu pilihlah template blog yang tampilannya mendukung didekstop dan diperangkat mobile. Algoritma Google telah mulai memperhitungkan peringkat blog di search engine berdasarkan tampilan yang baik di kedua perangkat tersebut.

Begitu juga harus mengandung optimasi SEO agar mudah terindex oleh search engine. Usahakan Anda melihat page source (tampilan kode HTML) nya sehingga akan lebih mengetahui kelebihan dan kekurangan SEO template tersebut. Adapun warna biru adalah warna yang responsive SEO menurutku.

3.  Simple dan bersih
Pembaca blog lebih suka fokus ke artikel yang ada jadi usahakan menggunakan tampilan yang sederhana dan bersih. Sederhana karena ukuran template yang minimalis dan proporsional. Jangan memilih tampilan yang sangat lebar di atas 1100 pixel. Ukuran ini biasanya membutuhkan waktu yang lama untuk loading.

Bersih karena background template yang natural (putih). Ini adalah warna default yang paling baik. Beberapa template terkadang menggunakan gambar atau foto yang besar dan berwarna mencolok sehingga membuat pembaca tidak fokus ke artikel yang ada.

Tips memilih template blog untuk PPC
Tampilan yang paling cocok untuk program ini menurutku adalah minimalis (960 - 1000 pixel), responsive SEO di dekstop dan ponsel, 2 kolom, loading cepat dan tidak banyak aksesoris.

Tips memilih template blog untuk affiliasi
Tampilan yang bagus menurutku adalah sedang 1000 – 1200 pixel, responsive SEO didekstop dan ponsel, 3 kolom, loading cepat, dan tidak banyak aksesoris.

Itulah sedikit informasi tentang tips mudah menentukan template blog yang baik. Jika Anda telah menentukan template yang baik berarti Anda telah siap memulai membangun blog (Baca : Inilah 5 Tips Sukses Memulai Blog ). Dari beberapa hal di atas jika Anda masih menemukan kekurangan silahkan ditambahkan pada kolom komentar.

Kami mengharapkan artikel Tips Memilih Template Blog Yang baik bisa Anda bagikan melalui media sosial di atas. Terima kasih

« Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya »
Next Post »
Mas Hartarto

Perkenalkan nama saya Mas Hartarto, admin dari SinarBlogging.net. Seorang blogger kampung yang suka berbagi informasi tentang tips menulis, dan tips blogging dan informasi lain yang terkait

0 Comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih