Home » » Widget Blog Terpenting untuk Menarik Pembaca Blog Anda yang Sering Diremehkan

Widget Blog Terpenting untuk Menarik Pembaca Blog Anda yang Sering Diremehkan

Sudah menjadi rahasia umum bagi para blogger bahwa tampilan blog dapat mempengaruhi pengunjung untuk menilai sebuah blog. Seorang pengunjung akan lebih cepat menilai kualitas blog berdasarkan penglihatan mata dalam hitungan sekian detik. Tampilan yang menarik mata akan memberi kesan kepada pengunjung untuk cepat - cepat membaca konten yang ada di dalamnya.

Tampilan yang menarik sangat dipengaruhi oleh template blog dan widget blog. Template blog sangat bervariasi yang dapat anda dapatkan diinternet baik itu template gratis maupun premium. Sebagian blogger memilih template gratis untuk mengurangi biaya memulai blog. (Baca : Tips Memilih Template blog yang Baik )

Adapun widget blog diperlukan untuk membuat tampilan blog menjadi lebih menarik dan elegan. Selain itu untuk memudahkan pembaca dalam memperoleh informasi tambahan selain konten yang mereka sedang butuhkan. Beberapa widget bahkan harus ada jika ingin pembaca blog anda bertahan lebih lama membaca disitus anda.

Widget blog terpenting yang perlu anda pasang pada blog anda


1.  Popular Post

Popular post merupakan widget penting dalam membangun blog. Widget ini akan menggerakkan tangan pembaca untuk mengklik konten yang paling sering dikunjungi diblog tersebut. Melalui popular post anda dapat memperoleh ratusan bahkan ribuan pengunjung.

2.  Label / Kategori

Label dibutuhkan karena pembaca memerlukan informasi yang lebih spesifik dari sekedar daftar isi yang terkadang hanya menampilkan judul artikel semata berdasarkan bulan terbit. Dengan label pembaca tidak perlu melihat semua judul artikel yang tidak mereka butuhkan.

3.  Related Post / Pos Terkait

Sebagian pembaca akan lebih senang jika ada informasi berikutnya dari artikel yang saling berkaitan. Related post juga memungkinkan pembaca bertahan lebih lama membaca diblog anda. Related post ibaratkan magnet kedua setelah pembaca menyelesaikan artikel pertama diblog anda.

4.  Recent Post / Pos Terbaru
Bagi sebagian pengunjung artikel terbaru menjadi daya tarik pembaca untuk mengetahui kapan terakhir diupdate dan seberapa serius pemilik blog membangun situs mereka. Artikel yang sering diperbaharui secara teratur akan lebih menyenangkan bagi pengunjung karena mereka dapat kembali keblog tersebut dan pasti menemukan sesuatu yang baru. RSS feed dapat menampilkan artikel terbaru yang layak anda coba.

5.  Sosial Media

Salah satu sumber lalu lintas sebuah blog didapatkan dari sosial media seperti Facebook, Twitter, Google+, dan lain – lain. Dengan sosial media akan diketahui kepopuleran blog dari like, tweet, maupun komentar dari pembaca. Sebaiknya blog diberi widget ini untuk mempromosikan blog agar lebih dikenal disosial media.

6.  Pengunjung / Visitor

Blog yang sudah banyak pengunjung harus diberitahukan kepada pembaca agar mendapat kesan bahwa blog tersebut merupakan blog yang populer. Dengan widget visitor anda juga dapat mengetahui dari mana saja sumber terbanyak pengunjung blog anda. Salah satu yang banyak digunakan adalah Histats dan Flagcounter .

7.  Top Komentar

Komentar dalam blog dapat menjadi testimonial pembaca seperti testimonial pelanggan setelah membeli barang berharga ditoko online dengan tujuan agar pembeli lebih yakin dengan barang yang sedang ditawarkan. Begitu juga dengan widget komentar akan memberi kesan bahwa pembaca dan anda saling berinteraksi.

8.  Berlangganan Artikel

Jika anda telah mampu menghasilkan artikel yang bermanfaat sebaiknya anda memasang widget berlanggan artikel. Tujuannya supaya pembaca dapat menerima berita terbaru ketika anda memperbaharui artikel. Jika artikel anda mampu menarik banyak pelanggan kemungkinan blog anda akan mudah dipercaya pengunjung lainnya.

Kami mengharapkan artikel Widget Blog Terpenting untuk Menarik Pembaca Blog Anda yang Sering Diremehkan bisa Anda bagikan melalui media sosial di atas. Terima kasih

« Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya »
Next Post »
Mas Hartarto

Perkenalkan nama saya Mas Hartarto, admin dari SinarBlogging.net. Seorang blogger kampung yang suka berbagi informasi tentang tips menulis, dan tips blogging dan informasi lain yang terkait

0 Comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih