6 Ketakutan Seorang Blogger yang harus di Waspadai

Tidak diragukan lagi bahwa sekarang adalah masanya internet. Perkembangan internet yang begitu cepat pun mulai dilirik oleh banyak orang. Tidak hanya untuk berkirim data/file saja, tetapi sudah digunakan untuk menghasilkan uang.

Bagaimana menghasilkan uang dari internet ternyata sudah membuat orang berganti haluan. Dari yang semula karyawan kantor atau wiraswasta beralih profesi menjadi seorang blogger. Blogger adalah cara terpopuler sekarang ini menghasilkan uang dari internet.

Meskipun demikian blogger tidaklah didominasi oleh mereka saja. Bahkan seorang buruh kasar, pelajar atau mahasiswa dan bahkan professor maupun para jurnalistik ramai-ramai membuat sebuah blog untuk menjadi partime blogger. Jadi tidak aneh jika kenyataan ini membuat sebagian blogger pemula ketakutan.


6 Ketakutan Seorang Blogger yang harus di Waspadai

6 Ketakutan Seorang Blogger


1.  Takut Blog Tidak Menarik

Salah satu pilar penting sebuah blog adalah bagaimana menjadikan blog tersebut menarik untuk dilihat. Alasannya cukup sederhana bahwa tidak semua pembaca respek terhadap artikel-artikelnya saja. Namun lebih dari itu mereka mengharapkan tampilan yang menarik.

Tampilan di sini bisa ditentukan oleh template blog yang menarik, navigasi yang jelas, kata-kata mudah dibaca (tidak terlalu kecil/proporsional) dan artikel itu sendiri. Selain itu masalah internal link juga menjadi pertimbangan sendiri.

Meskipun penting tetapi tidak semua harus anda kuasai secara bersamaan. Solusinya adalah jika anda kesulitan membuat template yang menarik karena tidak paham kode-kode HTML anda cukup memakai template dari orang lain. Tergantung pilihan anda mau yang gratis atau premium.

2.  Takut Artikel Tidak Unik

Salah satu kendala blogger pemula adalah tulisan. Tidak semua blogger paham dengan dunia jurnalistik. Ini tentu menjadi ketakutan tersendiri bagi mereka. Akibatnya mereka sulit berimajinasi bagaimana membuat sebuah artikel unik.

Terlepas dari masalah tersebut sebenarnya ketakutan semacam ini tidak berdasar. Mengapa? Telah kita ketahui bahwa internet adalah gudangnya berbagai macam tulisan. Semua beredar begitu saja dan tanpa kendali bahkan syarat tertentu.

Oleh karena itu tidak semestinya anda ragu untuk menulis artikel. Tidak semua artikel unik dan berkualitas. Di samping itu ada juga artikel yang hanya memuat 150-200 kata saja. Makanya aneh sekali jika anda berpikir anda biasa-biasa saja.

Setiap orang memiliki intuisi tersendiri untuk unik dan kreatif. Tidak memandang tingkat pendidikan dan pekerjaan. Yang dibutuhkan untuk artikel unik hanyalah percaya pada kemampuan anda sendiri.

Baca; Tips Rahasia Cara Menulis Artikel yang Baik untuk Pembaca

3.  Takut Artikel Dicopy-paste Orang Lain

Seiring perkembangan internet yang pesat masalah artikel copy-paste bukan masalah baru lagi. Banyak blogger yang menggunakan artikel orang lain untuk keperluan pribadi. Maka tidak mengejutkan jika artikel copy-paste digunakan untuk toko online, affiliasi marketing dan lain-lain.

Artikel unik yang bermanfaat memang berharga. Sejalan dengan usaha dan pikiran yang dicurahkan. Oleh karena itu artikel seperti ini selalu dicari-cari.

Berkaitan dengan itu sebenarnya anda tidak perlu was-was tentang artikel anda. Dalam sebagian cara menghasilkan uang seperti Google Adsense keberadaan artikel copy-paste sangat berbahaya. Selain rawan banned juga bisa terkena masalah copyright (hak cipta).

Baca: 5 Bahaya Artikel Copy Paste yang Menghancurkan Blog Anda

Solusi terbaik bagi anda adalah mendaftarkan blog anda untuk menggunakan DCMA. Situs ini mengharuskan artikel anda bebas copy-paste dan mengetahui jika ada kemungkinan artikel anda dijiplak oleh orang lain. Dengan begitu anda bisa melaporkannya.

4.  Takut Dengan Reputasi Blogger Sukses

Tidak dapat dipungkiri bahwa kesuksesan bergantung kepada seberapa keras usaha dan pikiran yang anda curahkan. Itu adalah rahasia umum yang sudah berkembang dan merupakan kata-kata terbaik untuk sukses.

Keberadaan blogger sukses seharusnya membawa motivasi yang besar untuk blogger pemula. Namun melihat kenyataan tersebut sebagian orang malah salah persepsi sehingga muncul ketakutan.

Banyak blogger yang pesimistis dengan realita ini. Membayangkan blogger sukses berjuang bertahun-tahun, bekerja siang dan malam dan pandai menulis sedikit banyak mempengaruhi semangat blogging.

Bagaimana tidak mereka membutuhkan waktu yang panjang untuk sukses dengan modal kemampuan yang luar biasa sedangkan blogger pemula terkadang memulai blog karena iseng-iseng saja. Sehingga blogging hanya sekedar mengisi waktu luang saja.

Meskipun demikian ternyata terselip kenyataan baru bahwa seorang tukang bangunan menghasilkan dolar karena aplikasi game. Selain itu seorang blogger sukses berpenghasilan 10k dolar perbulan ternyata dahulu pernah angon bebek. Mereka bukan siapa-siapa yang bermodalkan pendidikan tingkat dasar saja. Jadi seharusnya anda tidak perlu khawatir dalam blogging.

5.  Takut Blog Tidak Mendapatkan Pengunjung

Untuk sukses dalam blogging pengunjung sangatlah penting. Tidak hanya meramaikan blog, tetapi menambah kepercayaan pembaca terhadap pribadi kita.

Namun sayangnya mendapatkan pengunjung tidaklah mudah. Dibutuhkan kerja keras dan kualitas blog yang kita miliki. Selain itu jumlah artikel juga sangat berpengaruh.

Berita baiknya anda bisa mendapatkan pengunjung dengan melakukan hal-hal berikut inia.
a.  Membuat artikel berkualitas sehingga masuk pageone SERP
b.  Mencari backlink dari blog directory atau blogwalking
c.  Membagikan artikel melalui media social

6.  Takut Blog Tidak Menghasilkan Uang

Sudah menjadi visi dan misi ketika bekerja sebaiknya menghasilkan uang. Begitu juga dengan blogging yang merupakan salah satu cara menghasilkan uang lewat internet.

Dengan blogging anda dapat meraup penghasilan ratusan hingga ribuan dolar perbulan. Banyak sekali program yang tersedia baik itu PPC atau affiliasi marketing.

Baca: Top 11 Cara Menghasilkan Uang dari Internet Paling Ampuh

Namun untuk berhasil blog harus didukung jumlah pengunjung yang ramai sebagai pondasi. Ini merupakan kesulitan tersendiri bagi blogger pemula.

Untuk mengelola blog seorang blogger butuh fokus yang luar biasa mulai dari membuat artikel secara rutin dan promosi blog. Tentu saja ini tidak mudah dan memakan waktu lama sehingga sebagian blogger berhenti blogging karena takut tidak menghasilkan uang.

Solusinya adalah anda harus membaca perjalanan para blogger yang berjuang dari awal hingga menjadi sukses seperti Eka Lesmana.

Kesimpulannya, seharusnya ketakutan tidak menjadikan anda pesimis untuk menjadi seorang blogger. Bagaimanapun juga setiap halangan dan tantangan harus anda lalui secara bertahap. Oleh karena itu jadikanlah hal tersebut sebagai pemacu tekad dan semangat anda. Sehingga anda dapat berjalan dengan perasaan tenang dan gembira. Di samping itu dibutuhkan do’a dan kesungguhan untuk berhasil. Percayalah jika anda berada pada jalur yang benar ketakutan tersebut hanyalah ujian yang akan membentuk anda menjadi blogger sukses.

2 komentar:
Write Comments
  1. Bgus nih..buat pemula seperti saya ..Msih belajar anak SD nie

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih