Home » » Top 11 Cara Menghasilkan Uang dari Internet Paling Ampuh

Top 11 Cara Menghasilkan Uang dari Internet Paling Ampuh

Sekarang ini peluang bisnis online diinternet lebih menjanjikan uang yang melimpah untuk menjadi kaya. Maka tidak heran jika banyak orang beralih profesi menjadi pekerja lewat internet. Salah satu buktinya adalah mulai bermunculan jutawan-jutawan baru. Yang mengejutkan lagi sebagian dari mereka adalah mantan angon bebek, mantan buruh bangunan atau profesi buruh kasar lainnya.

Internet memang menjanjikan pendapatan yang menggiurkan bagi pengunanya. Bayangkan saja pendapatan yang diperoleh jauh lebih besar (bisa puluhan kali lipat) daripada bekerja sebagai buruh pabrik, PNS atau karyawan kantor. Tentu saja ini akan menjadi terobosan baru bagi kita untuk menjadi jutawan berikutnya.

Top 11 Cara Menghasilkan Uang dari Internet Paling Ampuh

Meskipun demikian ternyata sebagian orang masih kebingungan dengan internet. Cara apa yang sebaiknya diikuti untuk menghasilkan uang. Selain itu bagaimana cara memilih yang tepat.

Setidaknya ada beberapa cara menghasilkan uang dari internet


1.  Publisher Iklan PPC

Cara pertama untuk menghasilkan uang adalah menjadi publisher jaringan iklan PPC (Pay Per Click). Untuk dapat ikut dalam program ini anda membutuhkan sebuah blog atau website. Tak perlu khawatir karena dalam program ini tidak mengharuskan anda mempunyai blog TLD (Top Level Domain / domain berbayar). Blog gratisan pun dapat menjadi publishernya seperti "Blogger.com".

Jika anda sudah bisa menulis diblog dengan banyak artikel bermanfaat serta memiliki cukup pengunjung setia maka anda pasti diterima menjadi publishernya. Di samping itu anda tidak perlu takut karena program PPC yang benar-benar membayar publishernya. Maka tidak heran jika anda melihat banyak orang indonesia yang sukses dari program ini.

Cara kerja program ini cukup mudah yaitu jika terjadi klik pada iklan yang dilakukan pengunjung maka anda sebagai publisher akan mendapatkan komisi. Besarnya komisi tergantung pengiklan mau membayar berapa.

Salah satu PPC yang banyak diminati adalah Google Adsense. Program ini menjadi primadona bagi sebagian besar blogger dunia tidak terkecuali para blogger pemula dari Indonesia. Bahkan situs-situs besar seperti "Kompas.com", "Detik.com", "Tribunnews.com", "Viva.co.id" dan masih banyak situs besar lainnya.  Kelebihan lain dari program Adsense adalah 1 akun Adsense dapat anda gunakan untuk ratusan blog tidak perduli  blog anda bahasa apa.

Google Adsense bukanlah satu-satunya program PPC mencari uang. Masih ada PPC global lain yang memiliki potensi uang melimpah yaitu Infolinks.com, Chitika.com dan Bidvertiser.com. Sedangkan untuk PPC lokal ada "IdBlogNetwork.com", "KumpulBlogger.com", "ClickSaya.com", "AdsenseCamp.com" dan lain-lain.

2.  Upload Video Youtube

Anda memiliki hobi membuat video? Video apa yang anda buat tutorial, adegan lucu, peristiwa aneh atau lainnya. Asalkan video tersebut unik dan menarik ditonton anda beruntung karena cara ini cocok bagi anda menghasilkan uang.

"Youtube.com" adalah salah satu perusahaan milik Google sehinga dapat dimonetisasi melalui program Google Adsense. Program ini menghitung komisi berdasarkan jumlah perseribu tampilan dan berdasarkan klik iklan yang terjadi.

Oleh karena itu anda hanya perlu upload video unik dan menunggu respon pengguna Youtube. Jika video anda ditonton oleh banyak orang anda bisa cepat mengumpulkan pundi-pundi uang. Salah satu memaksimalkan Youtube adalah mengupload video hingga ratusan atau ribuan buah.

3.  Iklan Mandiri

Maksud dari iklan mandiri adalah anda menyediakan space / ruang kosong diblog anda untuk disewa orang lain. Orang mau meletakkan iklan mereka diblog anda karena 2 hal yaitu jumlah pengunjung yang banyak dan kesesuaian topik blog dengan yang mereka iklankan.

Metode ini lebih menguntungkan karena tidak melibatkan pihak ketiga seperti program Adsense. Jadi biaya sewa yang masuk sepenuhnya menjadi milik anda. Dengan iklan mandiri seperti ini anda bisa mendapatkan Rp 100 ribu perbulan bahkan terkadan bisa lebih tinggi.

Adapun ukuran format iklan yang paling populer adalah 728 × 90, 300 × 250 atau 125 × 125. Kunci iklan mandiri adalah membangun blog yang ramai pengunjung. Jadi anda harus memiliki strategi SEO artikel yang baik.

4.  Toko Online

Membuat toko online bukan lagi hal yang asing. Banyak wirausahawan yang sudah membuka toko online. Meskipun toko online menjual produk sendiri. Namun pada dasarnya untuk membuat toko online anda tidak harus memiliki produk sendiri. Perhatikan saja keadaan masyarakat disekitar anda. Jika merupakan kawasan industri rumah tangga kecil-kecilan anda bisa mulai di sana. Tidak perduli itu produk mebel, aksesoris, atau yang lain. Asalkan memiliki nilai jual tinggi produk bisa anda tawarkan.

Anda tinggal pasang foto produk yang dapat menarik pengunjung. Kalau terjadi transaksi pembelian anda mulai membeli produk tersebut dari tetangga untuk dikirimkan kepembeli online anda.

Adapun sistem dropship saya tidak sependapat. Dropship adalah sistem jual beli di mana penjual menjual barang ke pembeli melalui perantaraan pihak ketiga sebagai pemilik barang. Namun barang yang dikirimkan tidak diketahui secara nyata oleh penjual. Kalau terjadi kompalin dari pembeli yang bertanggung jawab penuh terhadap barang bukan penjual, tetapi pihak ketiga. Oleh karena itu sistem ini merupakan sistem jualbeli yang mengandung unsur perjudian dan sebaiknya dihindari.
Contoh toko online "Princilia.com"

5.  Affiliasi Marketing

Affiliasi marketing sedikit berbeda dengan toko online mandiri atau dropship. Afiliasi marketing merupakan salah satu program penghasil uang dengan cara menawarkan produk orang lain (pihak ketiga) melalui sebuah blog atau website.

Anda hanya bertugas mengulas secara mendetail kelebihan dan manfaat suatu produk sehingga mampu mengarahkan pengunjung untuk mengunjungi situs tersebut dan membeli produk tersebut. Jika terjadi transaksi jualbeli maka anda akan mendapatkan komisi dari pemilik produk.

Salah satu situs penyedia affiliasi marketing adalah Amazon.com yang merupakan toko online terbesar. Selain itu bervariasi produk yang ditawarkan baik itu produk berwujud atau produk digital. Situs global lainnya adalah "ClickBank.com", Commission Junction dan lain-lain.

Memang benar situs global memiliki komisi yang tinggi. Namun tidak ada salahnya anda mencoba situs affiliasi lokal yaitu "Lazada.com", "Blibli.com", "Elevenia.com", "Ratakan.com" atau "Yukbisnis.com".

6.  Paid to Review

Paid to review adalah sebuah terobosan marketing oleh adevrtiser untuk mengiklankan situs komersial, produk atau jasa mereka melalui broker ( penyedia jasa review yang menghubungkan advertiser dengan publisher). Tujuannya adalah meminta orang lain (publisher) melalui broker memberikan review tentang situs komersial, produk dan jasa dari advertiser. Jika cocok dengan review advertiser akan membayar broker dan publisher.

Besarnya komisi yang dapat diperoleh berkisar $5-$200. Jumlah uang yang lumayan besar , bukan? Salah satu penyedia jasa ini adalah "Sponsoredreviews.com", "ReviewMe.com"

7.  Jasa Penulisan Artikel

Kalau anda paham dasar-dasar jurnalistik dan mampu menulis artikel yang baik dan berkualitas. Maka itu modal berharga anda meraup penghasilan lewat internet. Bagaimana tidak, sekarang ini blogging sudah populer dihampir semua tempat.

Sebagian blogger terkadang masih pemula membuat artikel berkualitas sehingga lebih memilih beli artikel. Selain itu blogger yang membangun puluhan blog juga membutuhkan artikel karena tidak mungkin dikelola sendirian.

Kedua peluang tersebut bisa anda manfaatkan untuk membuka jasa penulisan. Untuk komisi artikel bisa diskusikan dengan calon pembeli apakah perartikel atau borongan. Namun yang jelas anda harus menjamin artikel tersebut menarik dan unik.

Baca:  Tips Rahasia Cara Menulis Artikel yang Baik untuk Pembaca



8.  Jasa Sales Letter

Hampir sama dengan menulis artikel biasa. Namun perbedaannya terletak pada tujuan pembuatannya. Sales letter adalah surat pembelian yang dimaksudkan untuk menarik pengunjung agar mau membeli produk. Panjangnya ulasan sales letter berkisar 3-10 halaman.

Jadi anda akan diminta menuliskan artikel yang membahas satu produk saja dan harus mampu menyakinkan pengunjung untuk membeli produk tersebut. Besarnya tarif sendiri berbeda-beda. Di Amerika jasa sales berkualitas bisa mencapai $5000 bahkan lebih. Namun karena di Indonesia anda kemungkinan mendapatkan Rp500 ribu sampai Rp5 juta untuk satu sales letter berkualitas. Contoh sales letter adalah "Formulabisnis.com".

9.  Paid Download

Ini merupakan program yang cocok untuk pecinta film atau kartun. Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak anak-anak dan remaja menyukai film dan kartun. Jika anda mampu menyediakan link download video, mp3, atau file lain yang populer maka pundi-pundi uang akan anda dapatkan.

Komisi paid download biasanya dihitung berdasarkan per1000 download yaitu sebesar $5. Meskipun begitu ternyata banyak juga yang berhasil. Salah satunya situs "Naruchigo.com" dengan beberapa kartun andalannya.

10.  Jual Foto

Ternyata foto juga merupakan ladang untuk meraup uang juga. Kalau anda hobi memotret sesuatu dan berkeinginan mengkomersilkan foto tersebut lewat internet, jangan khawatir itu bisa diatur. 

Ada beberapa situs yang bersedia membayar untuk foto berkualitas anda diantaranya "Istockphoto.com", "ShutterStock.com", "Alamy.com", "Fotolia.com", "BigStockPhoto.com" dan lain-lain.

11.  Aplikasi

Sekarang ini semua hal bisa terjadi salah satunya mendapatkan uang melalui aplikasi. Aplikasi sudah menjadi kebutuhan sekunder untuk sebagian remaja, dewasa bahkan anak-anak. Jika anda mampu membuat aplikasi berguna baik itu aplikasi software atau sekedar permainan (game) anda bisa jadi jutawan baru.

Meskipun aplikasi sederhana jangan ragu mengkomersilkannya. Salah satu buktinya seorang tukang kuli panggul mampu meraup jutaan rupiah mengandalkan aplikasi permainan untuk anak kecil.

Perlu anda ingat bahwa para perusahaan besar seperti Google, Apple dan perusahaan besar lainnya seringkali membeli aplikasi dari negara berkembang untuk menambah fitur kecanggihan merek mereka.

Kesimpulannya, menghasilkan uang dari internet memang sangat bervariasi. Jangan menjalankan semua cara yang saya sebutkan, tetapi pilihlah 1 atau 2 saja yang menurut anda paling efektif dan jangan mudah beralih metode. Fokus adalah kunci utama untuk sukses jadi jangan terpengaruh dengan blogger yang sukses di sana sini. Dari 11 cara di atas anda pilih mana?

Kami mengharapkan artikel Top 11 Cara Menghasilkan Uang dari Internet Paling Ampuh bisa Anda bagikan melalui media sosial di atas. Terima kasih

« Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya »
Next Post »
Mas Hartarto

Perkenalkan nama saya Mas Hartarto, admin dari SinarBlogging.net. Seorang blogger kampung yang suka berbagi informasi tentang tips menulis, dan tips blogging dan informasi lain yang terkait

2 Comments:

  1. Blogging is the new poetry. I find it wonderful and amazing in many ways.

    BalasHapus
  2. Very interesting tips shared by you. I really like to read your blogs as they contains very important and informative content. I appreciate your efforts. Cheers.

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih