Tips Jitu Cara Meningkatkan Penghasilan Google Adsense

Tips Jitu Cara Meningkatkan Penghasilan Google Adsense
Sudah menjadi rahasia umum bahwa Google mempunyai program penghasil uang bernama Google Adsense. Google Adsense sendiri merupakan program PPC (Pay Per Click) yang paling popular saat ini. Makanya banyak blogger yang berlomba-lomba untuk menjadi publishernya. Dan yang paling mengejutkan adalah sebagian dari mereka rela berhenti sebagai karyawan tetap sebuah kantor hanya untuk menjadi fulltime blogger.

Di samping itu ternyata penghasilan yang diperoleh memang sangat besar. Bayangkan saja seorang publisher adsense mampu menghasilkan 100-1000 dolar perbulan. Bahkan blogger Indonesia sudah ada yang mencapai 3000-10000 dolar perbulan. Jika anda sukses dalam program ini maka bisa dipastikan anda akan menjadi jutawan baru.

Namun sayangnya untuk mendaftarkan blog pada program ini ternyata gampang-gampang susah. Maka tidak heran kalau banyak blogger pemula yang mengalami kegagalan. Penyebabnya pun beragam mulai dari konten yang kurang memadai, umur blog yang masih baru, atau jumlah pengunjung yang masih sepi.

Selain itu banyak blogger yang melakukan copy-paste artikel orang lain sehingga peluang diterima tidak memungkinkan. Bahkan mereka tidak memperdulikan gambar atau foto yang digunakan. Mereka dengan mudahnya mengambil gambar dari Google search padahal tidak tahu apakah gambar tersebut bebas digunakan atau gambar berhak cipta.

Terlepas dari itu semua sebenarnya mendaftar harus mempersiapkan hal-hal berikut ini supaya berhasil.
1.  Membuat konten artikel dengan panjang 400 kata, sebaiknya lagi 1000 kata, 
2.  Menyediakan laman kontak, tentang kami, privacy policy dan daftar isi/sitemap.
3.  Usahakan ketika mendaftar jumlah artikel anda sudah belasan buah dengan pengunjung minimal 30 orang perhari.
4.  Sebaiknya umur blog sudah 6 bulan.
5.  Artikel unik bukan copy-paste.
6.  Menggunakan gambar / foto orisinil atau dari situs free image.

Jika anda telah mempersiapkan semua hal di atas kemungkinan anda menjadi publisher adsense dapat terwujud. Kalaupun belum diterima jangan khawatir karena anda dapat submit ulang blog tersebut. Tentunya dengan catatan blog sudah diperbaiki dan sudah layak menjadi publishernya.

Setelah blog anda resmi diterima pihak adsense maka langkah selanjutnya adalah membangun dan mengembangkannya menjadi mesin pencetak uang. Bagaimana caranya? Bukankah komisi dari adsense bervariasi biasanya mulai 0,01-10 dolar perkliknya. Bagaimana jika saya hanya mendapatkan komisi yang terkecil 0,01 dolar saja perklik? Butuh berapa tahun ini untuk sukses?

Jangan pesimis dahulu karena bagaimanapun sebuah usaha membutuhkan pikiran dan kerja keras untuk sukses. Itupun tergantung pelakunya sendiri apakah sudah bekerja dengan efektif dan efisien. Jika dikerjakan tanpa strategi maka target hanya sekedar misi yang tidak terealisasi.

Berita baiknya ada beberapa strategi yang dapat mendorong anda meraih kesuksesan. Metode tersebut saya rangkum dalam 4 hal berikut ini:

1.  Mengupgrade akun adsense


Sebagian orang menganggap biasa-biasa saja tentang akun adsense. Asalkan sudah  diterima adsense dan muncul dashboard penghasilan semua sudah beres. Tidak perduli jika itu hanya akun hosted. Ini tidak salah karena anda sudah dapat menghasilkan uang dengan program ini.

Namun kenyataannya adsense tidak bisa dapat digunakan disemua blog. Adsense hosted hanya mendukung produk-produk Google saja. Jadi iklan hanya bisa muncul di Youtube dan Blogger/Blogspot.

Selain itu timbul masalah lagi, walaupun setiap akun blogspot membolehkan 100 blog ternyata tidak semua blogspot boleh dipasangi iklan. Setiap blog blogspot harus lolos review kedua dari Google. Jadi setiap blog blogspot tidak lolos otomatis meskipun 1 akun blog sudah diterima.

Berbeda dengan akun non-hosted pihak Google membolehkan semua iklan muncul disetiap blog yang anda miliki. Tidak perduli jumlah artikel, jumlah pengunjung, atau umur blog. Jadi kalau ada blog yang memiliki 5 artikel saja, atau belum ada pengunjung harian yang pasti serta umur blog masih baru iklan tetap muncul.

Yang jelas adsense tidak memperdulikan lagi CMS yang digunakan apakah Blogspot, Wordpress, Tumbrl, dan lain-lain. Semua bisa digunakan dengan bebas.

Untuk merubah akun hosted menjadi non-hosted anda harus memiliki sebuah blog TLD (Top Level Domain atau domain berbayar). Blog tersebut akan digunakan untuk mengupgrade akun menjadi non-hosted. Caranya submit blog pada kolonm status di akun adsense. Perhatikan dahulu blog TLD anda sudah layak adsense atau belum karena akan mempengaruhi keberhasilan upgrade.

2.  Membuat blog lebih dari satu


Telah disinggung di atas bahwa akun non-hosted bisa dipasang di semua blog yang anda miliki. Dan jumlah maksimal blog anda yang boleh dipasangi iklan adsense adalah 500 situs.

Keuntungan ini harus bisa anda manfaatkan dengan maksimal. Jadi jika memungkinkan buatlah website sebanyak mungkin untuk memaksimalkan pendapatan adsense.

Namun demikian sebaiknya anda membangun blog satu persatu terlebih dahulu. Jangan membuat banyak blog, tetapi minim perencanaan dan target yang jelas. Kalau blog pertama telah sukses menghasilkan uang secara rutin dan tetap barulah anda mulai membangun blog yang kedua dan seterusnya.

Keuntungan dari cara ini adalah anda akan fokus dalam mengelolanya. Di samping itu ketika kendala seorang blogging muncul anda bisa dengan mudah menghadapinya.
Baca: Kendala Blogging yang Dialami Seorang Blogger.

3.  Menggunakan berbagai topik HPK

Rasanya kurang menarik jika membuat blog dengan 1 topik saja. Meskipun dalam blogging sebaiknya memilih topik yang dikuasai dan disenangi. Namun untuk program adsense cara tersebut ternyata kurang efektif.

Kalau anda membangun 1 blog dengan traffik ratusan ribu perhari mungkin bukan masalah jika memiliki 1 blog. Namun kenyataanya cara tersebut hanya bisa dilakukan oleh para blogger profesioanal yang sudah berpengalaman bertahun-tahun.

Oleh sebab itu anda harus mencari traffic dari topik-topik yang berbeda. Meskipun sedikit rumit dan menguras tenaga dan pikiran, tetapi cara ini mampu meningkatkan pendapatan adsense.

Pilihlah topik-topik HPK (High Paying Keyword) seperti SEO, jerawat, internet, pendidikan, bisnis online, dan lain-lain. Untuk lebih jelasnya anda dapat menggunakan Google Adwords Keyword Planner. Anda bisa mengotak-atik tool tersebut untuk target anda.

4.  Membuat blog bahasa Inggris


Tidak dapat dipungkiri bahwa sesuatu yang global lebih popular dari yang lokal. Maka tidak aneh jika yang global lebih berharga dari yang lain. Begitu juga dengan bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional.

Meskipun anda kerja keras kenyataannya komisi adsense bahasa Inggris lebih besar dari bahasa Indonesia. Ini bisa dimaklumi karena blog bahasa Inggris biasa digunakan oleh negara-negara maju. Oleh karena itu tidak heran jika komisinya besar-besar.

Perbandingannya pun tidak main-main. 1 klik komisi blog bahasa Inggris baru bisa sebanding dengan 5-10 klik komisi blog bahasa Indonesia. Bahkan dalam beberapa topik HPK perbedaannya lebih tinggi lagi.

Memilih bahasa blog memang pilihan, tetapi jika melihat peluang kesuksesan ada pada bahasa lain sebaiknya dimanfaatkan. Banyak juga blogger Indonesia yang membuat blog bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Kesimpulannya, untuk menghasilkan uang dari Google adsense dibutuhkan strategi membangun blog yang tepat. 4 cara di atas saya rasa cukup efektif meningkatkan pendapatan adsense anda. Oleh karena itu meskipun kita berasal dari negara Indonesia itu tidak menghalangi kita untuk sukses dari internet. Anda punya saran lain? Silahkan dishare.

1 komentar:
Write Comments
  1. Sebelumnya, terimakasih atas artikelnya gan, sangat membantu, nanti saya coba terapkan di blog saya :)

    Sebagai referensi, jika berkenan, silahkan baca panduan yang saya buat, berikut daftarnya:
    Cara Jitu Meningkatkan CPC Google Adsense
    Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi CPC Google Adsense
    Cara Meningkatkan Penghasilan (CPC / CTR) Google Adsense
    17 Cara Mengoptimalkan (Meningkatkan) Pendapatan Google Adsense

    Barangkali dapat membantu :)

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih