Alasan Kuat yang Menjadikan Menulis Menyenangkan

Mengapa menulis dapat menyenangkan? Mungkin ini pertanyaan yang banyak orang pikirkan. Bagaimana tidak, bukankah menulis itu pekerjaan yang menguras tenaga dan pikiran. Ditambah lagi masalah karya yang dihasilkan, apakah bisa dibilang baik dan berguna bagi orang lain.

Terlepas dari itu semua sebenarnya menulis memang bisa mendatangkan kesenangan pribadi. Namun demikian perasaan ini tergantung diri anda sendiri. Mengapa?

Alasan Kuat yang Menjadikan Menulis Menyenangkan

Membayangkan orang menghabiskan waktu, berimajinasi, berpikir kreatif dan mengerakkan jari untuk menulis sebagian orang pasti berpikir adalah aktifitas yang melelahkan. Namun kenyataannya tidak benar karena dibalik kelelahan terdapat mutiara kesenangan.

Dari sudut pandang yang berbeda maka muncul anggapan yang berbeda pula dengan menulis. Sebagian orang rela menghabiskan banyak waktu untuk menulis. Setidaknya penjelasan di bawah ini yang menjadi pertimbangan.

Mengapa menulis menyenangkan


1. Niat tulus
Seperti yang kita ketahui bahwa tidak ada yang lebih nikmat selain niat tulus. Meskipun menulis sedikit banyak melelahkan, tetapi jika diniatkan untuk belajar akan menyenangkan.

Bukan hal yang mudah untuk belajar menulis. Namun seiring waktu dan pengalaman menulis buka lagi kesulitan melainkan tantangan menuju pribadi produktif.

2. Sarana berbagi pengetahuan dan pengalaman
Tidak peduli tulisan apa yang anda bagikan sebagian orang mungkin malah mencarinya. Bukan karena melihat siapa anda, tetapi lebih melihat kapada pengetahuan dan pengalaman yang anda sajikan. Bahkan tidak jarang pula dia mengalami kejadian dan pengalaman seperti anda.

Sehingga dalam hal ini pengetahuan dan pengalaman dari anda sangat dibutuhkan. Dengan begitu dia akan memiliki banyak pilihan untuk solusinya. Sebagai manusia yang bersosial tentu saja berbagi seperti ini sangat membantu diri anda dan orang lain.

3. Sarana curhat perasaan
Sebagai manusia yang pernah sedih, bahagia, bangga atau kecewa sudah pasti butuh media untuk mencurahkannya. Anda boleh memilih mencurahkan perasan kepada teman terdekat anda, tetapi tidak jarang juga cara ini kurang ampuh. Jawaban yang tidak memuaskan bisa menjadi penyebabnya.

Oleh karena itu sebagai sarana alternatif menulis (artikel) adalah pemecahannya. Tentu saja bukan untuk membuka aib atau kejelekan diri. Namun lebih kepada rasa ingin meluapkan semua perasaan yang terpendam.

Sebagian orang juga memilih cara cerdas terpelajar ini karena dia tidak bisa mengutarakan perasaannya kepada orang lain. Tidak ingin diketahui identitas diri adalah faktor utamanya. Dengan begitu orang disekitar tidak akan tahu jika dia sedang lemah atau sedih. Oleh karena itu menulis menjadi sarana paling tepat buat mereka.

4. Sarana imajinasi dan kreatifitas
Sebagai pribadi yang cinta kemajuan imajinasi dan kreatifitas tidak boleh diabaikan. Meskipun awalnya berat, tetapi langkah maju harus dilakukan. Dengan begitu pesimistis susah akan berubah menjadi optimistis yang luar biasa.

Berkaitan dengan hal tersebut rasanya tidak aneh jika anda bersiap-siap untuk menghasilkan karya yang sesungguhnya. Menghasilkan buku-buku, ebook-ebook adalah target membanggakan.

5. Sarana menghasilkan uang
Sebagai manusia normal rasanya tidak aneh jika melakukan pekerjaan berorientasi kebahagiaan. Selain untuk kehidupan akhirat rasanya kehidupan dunia juga harus diperhatikan.

Berkaitan dengan hal tersebut menulis dapat terlihat jelas menyenangkan oleh orang lain jika mampu menghasilkan uang. Oleh karena itu bekerja keras dan bersungguh-sungguh adalah modal utama menulis yang menghasilkan uang. Bagaimana caranya? Cukup mudah karena program Google Adsense bisa menjadi solusinya ketika banyak penerbit yang menolak karya anda.

Kesimpulan
Meskipun banyak tantangan yang harus dilalui seorang penulis, tetapi hendaknya itu menjadi motivasi sukses untuk menumbuhkan percaya diri dalam menulis. Jangan takut perkataan orang lain terhadap tulisan anda karena menulis adalah pilihan yang membanggakan.

4 komentar:
Write Comments
  1. Stujuu bgt tu...klo aq sih suka curhat lwt tulisan

    BalasHapus
  2. Stujuu bgt tu...klo aq sih suka curhat lwt tulisan

    BalasHapus
  3. setuju nieh boleh saya jadikan referensi di blog..

    BalasHapus
  4. Silahkan saja saya senang jika artikel ini dapat membantu

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih