Manfaat Riset keyword yang Perlu Anda Tahu | Mengapa?

Sudah menjadi rahasia umum bahwa sebelum menulis artikel harus riset keyword terlebih dahulu. Mengapa? Ya, karena manfaatnya sangat penting untuk blog anda ke depannya. Walaupun sebagian blogger sudah mengetahui cara riset keyword yang baik dan benar. Namun kenyataannya masih banyak blogger yang menulis artikel yang pendek (sekitar 200-250 kata) sehingga bobotnya sedikit sekali bagi pembaca.


Manfaat Riset keyword yang Perlu Anda Tahu | Mengapa?
Meskipun tidak ada larangan, tetapi bukankah cara ini terbilang main-main dengan search engine. Ambil contoh anda menulis artikel tentang “cara cerdas menjadi pintar” tentu jumlah kata 200 tidak cukup untuk menjelaskan ide pokok secara lengkap. Boleh jadi jumlah kata tersebut hanya mampu menampung pendahuluan seperti mengapa harus pintar, hambatan menjadi pintar, atau bahaya orang bodoh.

Jika setiap paragraf adalah 50 kata berarti 150 kata dihabiskan untuk 3 hal itu saja lalu bagaimana jumlah 200-250 kata menghadirkan cara yang efektif menjadi pintar untuk pembaca? Jelas belum memenuhi syarat yang baik.

Selain itu bagaimana dengan jumlah keyword di dalamnya. Apakah sudah cukup untuk bersaing disearch engine? Apakah memiliki peluang menang dengan artikel serupa, tetapi dengan jumlah 1000 kata lebih?

Jangankan harus melalui penelitian ilmiah sebagai search engine besar tentu Google akan mendahulukan yang memiliki 1000 kata lebih diurutan atas. Namun jika anda dapat menulis artikel 400-700 kata berkualitas tentu akan lain cerita. Meskipun harus bersaing ketat kemungkinan anda menang masih terbuka lebar. Namun dengan syarat anda harus melakukan riset keyword.

Mengapa harus riset keyword? Apa saja manfaat riset keyword?

Untuk menjawabnya perhatikan di bawah ini

1. Menghasilkan artikel tertarget

Riset keyword sudah menjadi hal prioritas bagi para blogger. Jika anda mengabaikan trik ini maka artikel anda mungkin juga diabaikan oleh search engine. Mengapa? Karena artikel tanpa riset keyword seperti ini kurang tertarget ke pembaca dan search engine. Meskipun anda mampu menulis artikel 500 kata lebih, tetapi kurang tertarget maka peluang dikunjungi akan kecil juga. Akibatnya blog anda hanya menghiasi search engine.

Oleh karena itu parhatikan betul artikel anda sebelum dipublikasikan, telitilah kandungan keyword di dalamnya. Jangan sampai artikel anda tidak jelas antara isi dan target pembaca. Memperhatikan target berarti anda memiliki busur yang kuat dan kokoh untuk membidik pembaca.

2. Mendapatkan peluang posisi atas diSERP

Walaupun untuk menduduki posisi atas di SERP bukan hal yang mudah. Namun dengan melakukan riset keyword hal tersebut menjadi mungkin terjadi. Intinya anda mencari peluang untuk masuk ke dalamnya. Dengan cara apa? Ya dengan membuat artikel anda ramah terhadap pembaca sehingga setelah mendapat respon yang baik dari pembaca maka otomatis akan ramah terhadap search engine.

Meskipun begitu bukan berarti dengan cara ini artikel anda bisa langsung menggeser artikel yang lain. Pada dasarnya mereka juga melakukan riset keyword juga bahkan lebih pengalaman. Oleh karena itu jangan berharap mendapatkan urutan atas disearch engine jika anda malas melakukan riset keyword. Bagaimanapun juga cara tersebut tergantung pada kecerdasan anda melihat peluang yang ada.

3. Peluang menghasilkan artikel yang banyak

Coba manfaatkan tools keyword seperti Google Adwords untuk riset keyword. Jika anda mengetikkan salah satu kata kunci maka akan muncul turunan keyword yang bervariasi. Namun perlu diingat bahwa keyword yang anda ketikkan harus memiliki banyak pencarian. Dengan begitu peluang anda menghasilkan keyword turunan lebih banyak.

Berkaitan dengan hal ini maka keyword tersebut dapat anda pakai untuk menyusun judul artikel yang baru. Bagaimanapun juga keyword turunan memudahkan anda menggali longtail keyword (kata kunci ekor panjang).

Oleh karena itu pemilihan topik sangat menentukan kelangsungan blog anda. Jika topik yang anda pakai benar-benar ramai pencarian maka jumlah artikel anda tetap dalam 1 topik. Dengan begitu mudah bagi anda untuk menjadikannya blog otoritas (rujukan).

Kesimpulan
Bagaimanapun melelahkan dan menyusahkan karena menyita waktu, tetapi pada hakikatnya cara ini terbukti efektif untuk SEO blog. Oleh karena itu jangan gegabah untuk menulis artikel sehingga anda hanya kelelahan menulis. Namun hasil yang diperoleh mengecewakan. Tetap semangat dan berlatih!. Dengan begitu riset keyword anda akan meningkat dan mengalahkan para pesaing blog anda.

Tidak ada komentar:
Write Comments

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih