Home » , » Mengapa Mau Menjadi Blogger? Padahalkan

Mengapa Mau Menjadi Blogger? Padahalkan

Sebagai blogger biasa saya terkadang berpikir mengapa memilih blogger dan bukan yang lain? Padahal muncul fakta bahwa perkembangan blog dari hari ke hari jumlahya semakin banyak dan terus meningkat? Entah itu blog berbayar atau sekedar blog gratisan semua dimaksimalkan untuk blogging.

Kenyataannya setiap blogger belum puas jika hanya memiliki 1 blog. Makanya tidak heran kalau setiap mereka memilliki blog beberapa buah sampai puluhan. Tentunya topik yang disajikan harus berbeda-beda tiap blognya. Terlepas dari hal tersebut pada dasarnya topik yang dibahas terkadang sudah ratusan blog yang sudah mendahuluinya, tetapi mengapa?

Ini adalah gambaran untuk menjadi blogger saat ini. Begitu komplek persoalan dan tantangan yang dihadapi. Namun demikian tetap saja banyak orang berbondong-bondong ingin terjun didunia ini. Oleh karena itu langsung saja kita cari tahu alasannya.

Mengapa Mau Menjadi Blogger? Padahalkan

Mengapa mau menjadi blogger

1. Blogger harus memiliki blog
Tidak dapat dipungkiri bahwa hal terpenting seorang blogger adalah memiliki blog. Sebagai sarana untuk blogging sebuah blog harus ditentukan. Apakah mau membuat blog yang berbayar atau sekedar gratisan. Jika memungkinkan sebuah blog berbayar sangat direkomendasikan, tetapi jika belum memiliki akun Blogger.com bisa menjadi alternatif.
Baca: 7 Alasan Memilih Platform Blogger Untuk Blogging

Di samping itu seorang blogger juga harus memilih template blog. Meskipun tersedia banyak template gratis, tetapi anda tetap harus mengotak-atik agar tampilannya lebih memudahkan pembaca. Apakah itu soal menu navigasi atau widget-widget yang diperlukan.

Dari sini mengapa orang mau menjadi blogger. Harus belajar dasar-dasar HTML agar mengetahui cara merubah tampilan supaya lebih menarik. Tentu saja kode HTML ini harus dilakukan secara manual.

2. Blogger harus menulis artikel
Setelah anda selesai dengan urusan tampilan sekarang anda harus mengisi kontennya. Ada beberapa konten yang dapat disajikan, tetapi konten tulisan berupa artikellah yang paling potensial.

Sebagai blogger anda harus dapat menulis artikel yang baik dan berkualitas. Tidak hanya itu saja anda harus membuat artikel yang menarik tentunya artikel yang tulis juga harus unik. Bagaimanapun juga artikel unik adalah kredibilitas seorang blogger profesional.

Dari hal ini mengapa orang mau menjadi blogger? Sibuk dengan imajinasi dan kreatifitas tinggi sudah pasti. Menulis artikel yang unik, menarik dan berkualitas harus dilakukan. Kalau tidak artikel copy-paste bisa menjadi bumerang yang menghancurkan blog.

3. Menyita banyak waktu
Sudah saya singgung di atas bahwa seorang blogger harus mempelajari template dan menulis artikel. Selain itu blogger juga harus mempromosikan blog dan menanamkan backlink. Dengan begitu blog akan populer dan peluang mendatangkan banyak pengunjung dapat segera terwujud.

Serangkaian proses tersebut tentu saja membutuhkan kerja keras yang melelahkan. Selain itu hal tersebut tidak dapat dilakukan dalam hitungan hari atau minggu, tetapi membutuhkan waktu beberapa bulan untuk melihat hasilnya.

Dalam hal ini mengapa masih mau menjadi blogger. Padahal membuat blog dan mengotak-atik template membutuhkan waktu untuk puas. Selain itu menulis artikelpun juga memakan waktu yang banyak karena artikel harus selalu rutin dijadadwal. Boleh juga tidak menulis dan memakai jasa penulis artikel, tetapikan?

4. Biaya untuk blogging
Untuk menjadi blogger sukses sebuah biaya harus dikeluarkan. Tidak cukup mengandalkan yang gratisan saja. Faktanya sebagian blogger top merekomendasikan template berbayar agar template lebih unik untuk menghindari duplikasi. Sehingga jika terjadi update algoritma Google template lebih aman karena yang menggunakannya bukan blogger spamming.

Selain itu blogger direkomendasikan juga domain dan hosting berbayar agar telihat lebih profesional dimata search engine. Meskipun begitu membeli domain saja menurut saya sudah cukup. Seperti Blogger.com yang dikostum domain. Namun demikian tetap saja harga sebuah domain berbayar sekitar Rp 100 ribu. Untuk hosting berbayar anda bisa browser diinternet karena biaya tergantung bandwidth.

Bagaimana dengan artikelnya? Jika tidak dapat menulis artikel memakai jasa penulis mungkin jalan satu-satunya. Tentu saja harga artikel yang baik dan berkualitas tidak dapat disepelekan. Sebuah artikel 500 kata mungkin seharga 20 ribu sampai 25 ribu.

Jika dijumlahkan tentu saja biaya ini sangat besar untuk mengelola blog. Membayangkan semua hal tersebut bagaimana mereka mau menjadi blogger?

5. Target mengambang
Tahukah anda mengapa saya memakai istilah mengambang untuk blogging? Coba tebak.

Sebagai blogger yang melakukan hal di atas anda pasti tahu bahwa blogging butuh tenaga, pikiran dan modal. Selain itu butuh waktu supaya hasil dapat terlihat apakah berhasil atau belum.

Pada kenyataannya setelah kita membuat blog dan menulis artikel kita belum bisa memastikan bahwa blog tersebut nantinya pasti sukses. Kualitas dan keunikan artikel mempengaruhi kepopuleran suatu blog dan jumlah pengunjung.

Ditambah lagi kita belum tahu bahwa blog sudah dapat dimonetisasi sesuai target. Biaya yang dikeluarkan terkadangpun belum tertutupi oleh blog yang dimonetisasi dalam hitungan bulan. Bukankah ini cocok jika membangun blog dikategorikan mengambang.

Kesimpulannya
Meskipun banyak hal yang menjadi tantangan untuk menjadi blogger sukses. Namun kenyataannya didunia blogging adalah membangun brand (merek diri) dan menjadi populer. Bukan hanya itu saja seorang blogger sukses bisa jadi menjadi jutawan baru yang mencengangkan seperti Bung Eka Lesmana. Oleh karena itu menjadi blogger adalah pilihan diperhitungkan. Bagaimana menurut anda?

Kami mengharapkan artikel Mengapa Mau Menjadi Blogger? Padahalkan bisa Anda bagikan melalui media sosial di atas. Terima kasih

« Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya »
Next Post »
Mas Hartarto

Perkenalkan nama saya Mas Hartarto, admin dari SinarBlogging.net. Seorang blogger kampung yang suka berbagi informasi tentang tips menulis, dan tips blogging dan informasi lain yang terkait

3 Comments:

  1. Kalo saya sih blm siap menyatakan diri sebagai blogger, karena tulisan yg saya buat kbanyakan curhat,
    Iya kadang sebel sih klo ga ada yg mampir d blog kita. Haha salam kenal tante

    BalasHapus
  2. Sebenarnya ngeblog itu kesenangan tapi gak tahu napa yah kok akhir2 ini semakin serius bangun itu blog padahal sesuai yg di uraikan di atas butuh perjuangan extra dan apa yang kita dapat? jawabya "Masih mengambang"

    BalasHapus
  3. Walaupun begitu mas katon sumargi membangun blog sangat prospek untuk jangka panjang, jadi biarlah waktu yang menjadi tolak ukurnya. Semoga kita sama-sama sukses didunia ini.

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih