Home » » 8 Hobi yang Menghasilkan Uang Secara Pasti

8 Hobi yang Menghasilkan Uang Secara Pasti

Sekarang ini sudah jamannya menekuni hobi yang menghasilkan uang. Mengapa? Dulu orang hanya menjadikan hobi sebagai tempat untuk refreshing atau menyegarkan pikiran sejenak. Makanya tidak heran ketika waktu luang mereka akan memanfaatkannya untuk hal tersebut. Walaupun masih terbilang wajar, tetapi pada hakikatnya waktu dihabiskan untuk 1 hal saja. 


Padahal, jika hobi dimaksimalkan untuk hal yang lebih bernilai tentu menjadi peluang usaha yang menyenangkan. Kata orang “Sambil menyelam minum air”. Biarpun hanya berupa hobi/kegemaran kenyataannya banyak orang yang malah menggantungkan hidup mereka dari usaha ini. Oleh karena itu tidak ada salahnya kalau hobi dibuat kreatif dan inovatif menjadi ladang usaha sampingan untuk menghasilkan uang.

Meskipun ada banyak hobi yang menghasilkan uang, tetapi itu tergantung anda juga. Mungkin hobi orang lain tidak sama dengan hobi anda. oleh karena itu pastikan hobi terbaik yang anda lakukan. Dengan begitu memudahkan anda memaksimalkan potensi yang ada.
8 Hobi yang Menghasilkan Uang Secara Pasti

Hobi yang Menghasilkan Uang

1. Hobi Menulis

Tidak dipungkiri lagi bahwa menulis bisa dijadikan hobi yang menghasilkan uang. Jika anda benar-benar berharap penghasilan dari aktifitas ini maka anda benar. Bagaimanapun dunia kepenulisan telah menjadi hobi baru yang populer.

Jenis-jenis tulisanpun beragam bentuk. Ada yang berupa fiksi dan non-fiksi. Kalau anda hobi dengan jenis non-fiksi maka menulis artikel bisa menjadi cara termudah. Anda tinggal membuka jasa penulis artikel yang baik yaitu dengan menghadirkan tulisan sendiri yang unik dan menarik.

Namun jika tidak memungkinkan karena tidak tahu cara promosi yang benar memakai jasa pihak ketiga bisa menjadi alternatif. Ada banyak situs jasa penulis artikel yang siap menampung kreatifitas menulis anda. Selanjutnya anda tinggal pilih mau menulis bahasa Indonesia atau Inggris. Jika hobi anda menulis artikel bahasa Indonesia Penulis Content boleh anda coba. Namun jika anda memilih bahasa Inggris Iwriter bisa menjadi pilihan.

Adapaun jika anda tertarik menulis fiksi atau cerita pendek, novel atau dongeng. Hal yang dapat anda lakukan terhadap hobi anda adalah menyajikan cerita fiksi yang menarik, aktual dan menginspirasi. Setelah itu kirim karya anda ke penerbit buku.

Kendalanya banyak penerbit buku yang terlalu selektif sehingga tidak jarang jika karya akan ditolak. Meskipun begitu anda masih bisa mengirimkan karya itu ke penerbit buku yang lain. mungkin ditempat lain karya anda akan diterima. Setelah diterima anda pasti mendapatkan royalti atas penjualan karya tersebut ke publik.

Meskipun begitu masih ada cara lain menjadikan hobi yang menghasilkan uang melalui menulis. Anda membuat e-book (buku digital) yang berharga dan bermanfaat kemudian anda jual secara online diinternet. Dengan begitu penghasilan yang anda dapatkan dapat dinikmati seorang diri. Bagaimana tertarik menjadi penulis?

2. Hobi Blogging

Berkaitan dengan blogging maka saya membedakannya. Mengapa? 
Padahalkan keduanya sama-sama aktif sebagai penulis.

Memang benar jika 2 aktifitas ini berporos sebagai penulis, tetapi perlu diingat bahwa hobi menulis (no.1) bersifat menjual tulisan secara nyata. Sedangkan hobi blogging bersifat menulis diblog untuk diri sendiri. Meskipun begitu blogging merupakan hobi yang menghasilkan uang yang sangat prospektif. Untuk lebih lengkapnya kunjungi 
b) Top 11 Cara Menghasilkan Uang dari Internet

Berkaitan dengan hal inilah sekarang mulai bermunculan pengguna internet yang aktif menulis diblog. Awalnya mereka hanya sekedar iseng, tetapi lambat laun mereka menjadikan hobi yang menghasilkan uang secara nyata.

Ingat, bahkan orang berpendidikan rendah juga bisa berhasil dalam dunia blogging. Oleh karena itu tidak heran jika menulis diblog menjadi hobi yang menghasilkan uang terbaru dan terpopuler.

3. Hobi Desain Grafis

Apakah anda tertarik membuat desain grafis? Jika benar berarti anda dapat menjadikannya hobi unik yang menghasilkan uang.

Untuk menjadikannya sebagai penghasil uang anda harus membuat desain yang unik sehingga karya anda mudah menarik minat perusahaan untuk menyewa jasa anda.

Dengan begitu anda menjadi karyawannya sehingga penghasilan anda dapat dijamin oleh perusahaan. Terlebih jika jasa desain grafis anda dapat menembus pangsa perusahaan dengan brand besar. Bisa dipastikan komisi yang didapatkan semakin menggiurkan.

Sayangnya tidak semua desainer grafis dapat diterima diperusahaan. Meskipun begitu di luar sana terdapat banyak situs yang menerima karya desain grafis seperti logo. Jika anda punya kemampuan desain yang baik anda bisa menjadi freelancer desain. Honor yang akan diprolehpun bisa dibilang besar dan cukup untuk hidup. Freelancer.com atau Designbyhumans.com bisa menjadi langkah awal anda menjadikan hobi yang menghasilkan uang.

4. Hobi Fotografi

Meskipun cuma foto ternyata hobi ini bisa menjadi usaha yang dapat menghasilkan uang. Terlebih lagi apa yang anda foto mempunyai seni yang tinggi, berkarakter dan mengandung suatu maksud dan tujuan.

Kalau anda perhatikan diinternet pasti anda dapatkan berbagai macam foto yang berhak cipta. Label ini mengisyaratkan bahwa tidak setiap orang boleh menggunakan foto tersebut secara bebas terutama untuk hal yang berkaitan dengan dunia internet seperti bahan pendukung artikel blog.

Ini membuktikan bahwa sebuah foto yang baik dari seorang fotografer memiliki nilai jual yang berharga. Makanya tidak heran jika menjadi hobi unik yang menghasilkan uang.

Ada berbagai situs yang mau membeli foto seperti ini. Bigstockphoto.com atau Shutterstock.com bisa menjadi peluang usaha menjadikan hobi yang menghasilkan uang. Oleh karena itu terus latih kemampuan memotret anda karena kualitas foto berbanding lurus dangan honor yang diperoleh.

5. Rekam dan Upload Video

Untuk hobi yang satu ini rasanya sudah menjadi tren baru didunia digital modern. Mereka suka menjadikan video untuk menyalurkan kecintaan terhadap hobi mereka. Makanya tidak heran jika setiap momen berharga bisa diabadikan dalam sebuah karya video.

Berkaitan dengan hal ini rasanya pantas jika hobi tersebut digunakan untuk menghasilkan uang. Mengapa? Sekarang ini layanan Youtube.com memperbolehkan pemilik akun untuk memonetisasi video mereka. Tentunya melalui akun Adsense untuk Youtube.

Untuk sukses dalam program ini anda sebaiknya mengupload video yang unik sehingga eluang ditonton banyak orang lebih cepat. Selain itu anda diperbolehkan mengupload ratusan bahkan ribuan video menarik lainnya. Tentunya anda harus menjamin video tersebut bukan duplikasi video orang lain. Dengan begitu peluang usaha anda meraup penghasilan yang besar dapat tercapai.

6. Hobi Memasak

Anda tidak perlu malu jika mempunyai hobi memasak. Memasak sekarang ini bukan monopoli kalangan wanita saja, tetapi banyak juga kalangan pria yang menjadi koki diberbagai hotel berbintang. Mereka menjadi karyawan hotel atau restoran dan mendapatkan penghasilan fantastis dari hobi tersebut.

Terkait dengan hal ini jika anda mempunyai kemampuan memasak dan tertarik menjadikanya hobi yang menghasilkan uang maka lakukanlah. Anda tidak harus memiliki sertifikat kok atau semacamnya. Bahkan anda tidak harus memiliki sebuah restoran besar untuk memulainya. Masakannyapun tidak harus mewah cukup kue, roti atau masakan yang tahan beberapa hari.

Yang terpenting adalah anda benar-benar hobi memasak dan mencintainya. Mengenai menghasilkan uang dari hobi memasak anda cukup bekerja dirumah saja. Adapun pemasarannya bisa melalui grup media sosial atau melalui toko online. Banyak orang yang sukses dari strategi ini jadi anda pasti juga bisa. Bagaimana tertarik?

7. Hobi Berkebun

Punya hobi terpendam berkebun? Jenis berkebun apa yang paling anda sukai sayuran, buah atau tanaman hias. Jangan hanya dijadikan aktifitas harian saja. Jadikan orang lain menikmati hasil berkebun anda.

Ingat, semua jenis berkebun dapat dimanfaatkan untuk peluang bisnis yang menjanjikan. Bahkan bukan mustahil keuntungan yang diperoleh dapat mencukupi kehidupan keluarga anda. Oleh karena itu sudah saatnya anda menjadikan hobi berkebun sebagai hobi unik yang menghasilkan uang.

Yang terpenting dari hal ini adalah kepuasan konsumen anda. Jadi selalu perhatikan kualitas tanaman anda sehingga lambat laun dapat meroket karena promosi gratis dari lisan pembeli kepada orang lain.

Jika anda serius dengan hobi ini bukan tidak mungkin bisnis anda akan besar dan omzet anda meningkat pesat. Jadi nikmati menjadi gardener dan rasakan hal yang menggembirakan.

8. Hobi Hewan Peliharaan

Satu lagi hobi yang menghasilkan uang yang menguntungkan yaitu hewan peliharaan. Jika anda memiliki hobi memelihara hewan peliharaan seperti burung, kelinci, atau ikan. Peluang ini bisa anda manfaatkan menjadi peluang usaha yang prospektif. Mengapa?

Anda bayangkan dari hobi sederhana ini kemungkinan anda menghasilkan uang yang besar terbuka lebar. Terlebih jika anda dapa memanajemen dengan baik.

Sebagian orang hobi dengan burung maka burung kenari, lovebird bisa dipraktekkan. Atau jika anda hobi dengan ikan makan ikan hias atau lobster hias bisa menjadi solusi cerdas. Di samping hobi ternyata hal tersebut tidak membutuhkan modal dan lahan yang luas. Karenanya tingkatkan kemampuan memelihara hewan anda sehingga peluang hidup hewan besar dan penghasilan lebih besar.

Kesimpulannya

Walaupun banyak hobi yang menghasilkan uang. Namun saya rasa kedelapan hobi tersebut yang paling banyak dilakukan orang mungkin termasuk anda. Biarpun begitu jangan memaksakan peluang usaha yang di luar hobi anda. Ini bertujuan supaya apa yang anda lakukan benar-benar fokus dan tertarget. Dengan begitu bisnis anda mudah dilakukan dengan prosentasi kerugian yang kecil. Mana yang merupakan hobi anda?

Kami mengharapkan artikel 8 Hobi yang Menghasilkan Uang Secara Pasti bisa Anda bagikan melalui media sosial di atas. Terima kasih

« Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya »
Next Post »
Mas Hartarto

Perkenalkan nama saya Mas Hartarto, admin dari SinarBlogging.net. Seorang blogger kampung yang suka berbagi informasi tentang tips menulis, dan tips blogging dan informasi lain yang terkait

7 Comments:

  1. Beberapa diantaranya saya sudah buktikan mas, memang hobi yang dibayar itu lebih nikmat rasanya

    BalasHapus
  2. Pekerjaan yang dibalur kecintaan seperti hobi pada hakikatnya lebih bertahan lama walaupun nantinya ada pasang surut. Terus optimalkan mas arman

    BalasHapus
  3. Wah kebetulan saya punya hoby yang ketiga-tiganya masuk di sini, yaitu hoby menulis, masak dan blogging. Saya suka desain grafis, tapi kemampuan saya dibawah rata-rata gan...

    BalasHapus
  4. Praktek try and error bisa menjadi pengalaman berharga yang membentuk anda menjadi pribadi yang sukses, So, nikmati aja perjalanan belajarnya.

    BalasHapus
  5. Saya hoby banget travelling mas, siapa tahu juga menghasilkan,,, Hehe

    BalasHapus
  6. Ya dicoba saja Mas Katon siapa tahu dari yang kebiasaan menjadi peluang usaha menjanjikan

    BalasHapus
  7. Wow keren bgt min.. Thx infonya ya min

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih