Home » » Tips Meningkatkan Kemampuan Menulis Paling Efektif dan Efisien

Tips Meningkatkan Kemampuan Menulis Paling Efektif dan Efisien

Sudah menjadi target utama bahwa kemampuan menulis harus meningkat. Melalui kebiasaan menulis yang terus dilatih otak akan mampu berimajinasi lebih luas. Dengan begitu artikel akan semakin baik dan enak dibaca oleh pengunjung. Selain itu artikel yang dihasilkan semakin berkualitas sehingga target untuk mendapatkan posisi yang tinggi di search engine terbuka lebar.

Namun permasalahannya sering kali kita dihadapkan pada kondisi yang kurang baik. Kemampuan menulis tidak akan meningkat secara instan. Oleh karena itu dibutuhkan tips dan trik yang efektif untuk mewujudkannya. Lalu bagaimana solusinya?

Tips Meningkatkan Kemampuan Menulis Paling Efektif dan Efisien


 

Tips meningkatkan Kemampuan Menulis

1. Banyak membaca

Tidak dapat dipungkiri bahwa membaca memberikan manfaat yang besar bagi pembacanya. Membaca secara rutin akan mampu meningkatkan kinerja otak sehingga pengalaman saat membaca akan terkonversikan menjadi sebuah inspirasi dan imajinasi. makanya tidak heran jika banyak pembaca yang rela menghabiskan banyak waktu untuk duduk dimeja belajar.

Berkaitan dengan inilah jika anda sering-sering membaca buku berwujud atau buku elektronik atau sekedar browsing diinternet. Maka bisa dipastikan daya ingat otak anda akan meningkat secara signifikan. Meskipun demikian anda harus tetap memperhatikan cara atau metode membaca yang benar. Sebab dengan membaca yang benar otomatis ilmu yang anda serap juga optimal untuk dipahami.

Mempertimbangkan hal inilah saya rasa secara bertahap kemampuan menulis anda akan meningkat. Ingat, semakin banyak referensi bacaan yang anda pelajari akan berbanding lurus dengan kemampuan anda memilah dan memilih kata yang efektif dan efisien untuk dijadikan kalimat yang menarik pembaca. Cobalah untuk membandingkan struktur kalimat dari bacaan yang and abaca sehingga anda tahu mana kalimat yang berkualitas dan mana kalimat yang membosankan.

2. Menulis secara teratur dan terstruktur

Sebagian orang memang menganjurkan banyak-banyak berlatih menulis untuk meningkatkan keterampilan menulis. Namun demikian kenyataan tidak berjalan lancar bahkan cenderung sulit. Mengapa? Sebagian penulis pemula seringkali dihadapkan pada kasus tidak tahu apa yang harus ditulis. Tidak mungkinkan tangan menulis sementara otak tidak memiliki persiapan untuk berkreasi. Bukan berarti otak tidak memiliki imajinasi, tetapi lebih kepada hal yang bersifat terstruktur dalam berkreasi

Mungkin lebih mudah jika anda memperkirakan sub topik yang muncul dari topik utama yang anda akan tulis. Ini terkesan terlalu rumit, tetapi boleh jadi dari persiapan ini otak anda akan berimajinasi secara fokus dan tertarget. Anda bisa mencoba mencarinya dengan 4 Cara Riset Keyword Paling Mudah, Cepat dan Gratis

3. Belajar cara menulis yang baik dan benar

Sebagai penulis yang ingin berkembang tentu tidak dapat dipisahkan dari proses belajar yang konsisten. Terlebih lagi belajar yang benar bisa mengangkat pola pikir dan imajinasi yang matang. Meskipun harus ditempuh dengan perjalanan yang panjang dan melelahkan.

Untuk dapat meningkatkan kemampuan menulis sebuah pondasi yang benar harus dicanangkan. Bukan berarti cara ini mengharuskan anda menulis sambil edit terus, bukan. Namun yang perlu diketahui bahwa ada banyak penulis yang susah berkreasi atau berimajinasi karena terkendala cara menulis. Seringkali mereka meremehkan cara menulis yang baik dan benar sehingga secara tidak sadar mereka terjebak pada ingatan kata-kata yang salah tulis. Akibatnya mereka kesulitan menemukan ide menulis. Walaupun ada 9 Ide Menulis Artikel yang Menyegarkan Pikiran Anda, tetapi jika tidak dapat dioptimalkan akan menjadi bumerang pembunuh.

Memang dalam dunia menulis kesalahan ketik atau tulis itu merupakan hal yang biasa pada setiap orang. Akan tetapi jika hal tersebut terus berulang akan mengakibatkan konsentrasi menulis terhambat. Imbasnya tentu mengarah kepada  kepercayaan terhadap kemampuan diri sendiri. Biarpun demikian tenang saja karena 6 Cara Menumbuhkan Percaya Diri Dalam Menulis dapat mengatasi hal tesebut.

4. Perhatikan mood

Sedikit berbeda antara mood anda dengan mood para penulis profesional. Mereka mempunyai pengalaman teknik dan trik tersendiri untuk mengatasi hal tersebut. Makanya tidak aneh jika mereka bisa menulis banyak dalam waktu singkat.

Adapun kita seringkali sibuk mencari dan menggali potensi yang besar, tetapi melupakan hal yang penting, yaitu mood (suasana hati). Potensi yang ada memang sangat beragam. Namun buruknya mood dapat menghilangkan semuanya.

Oleh karena itu penting bagi anda yang ingin meningkatkan kemampuan menulis untuk menjaga mood yang tepat. Mungkin anda memiliki teknik jitu untuk mengatasi mood menulis?

Sebuah penelitian telah memunculkan ide efektif untuk mengatasi mood menulis. Anda bisa mencobanya. Apa itu? tekniK Pomodoro. Dia merupakan teknik di mana menekankan pada menejemen waktu yaitu dengan memfokuskan diri menulis semua yang terpikirkan selama 25 menit kemudian istirahat selama 5-10 menit tanpa berpikir menulis. Diwaktu ini anda bisa minum kopi atau kegiatan sederhana lain.

Selanjutnya anda fokus lagi pada 25 menit kedua setelah itu istirahat lagi dan berjalan berulang. Dengan teknik ini anda bisa meningkatkan kemampuan menulis anda.

5. Kebiasaan melakukan evaluasi

Setelah anda sibuk mencurahkan semua ide tulisan dalam sebuah kalimat-kalimat yang panjang, kini saatnya anda melakukan evaluasi terhadap kalimat tersebut.

Mulailah baca dan periksa hasil tulisan anda. Silahkan cari kalimat yang kurang efektif atau yang terlalu banyak basa-basi. Selain itu cari juga yang mempunyai kalimat dengan penafsiran ganda kemudian ganti dengan kalimat yang lebih mudah karena ini menghambat proses pemahaman kalimat oleh pembaca.

Kalau cara ini anda padukan dengan membaca penulis profesional saya yakin kemampuan menulis anda akan meningkat secara signifikan.

6. Minta pendapat orang lain

Satu hal lagi yang penting dalam meningkatkan kemampian menulis yaitu minta pendapat atau koreksi dari orang lain. Cara ini bertujuan agar anda tahu mana kalimat yang masih kurang efektif dan efisien. Oleh karena itu mintalah pendapat dari orang yang lebih baik dari anda dalam masalah dunia kepenulisan.

Sebagai keuntungan dari tips menulis ini anda kemungkinan bisa memperoleh informasi tambahan yang belum anda temukan. Di samping itu paling tidak anda mendapatkan cara mengamati sebuah tulisan dari sudut pandang yang berbeda. Kedua keuntungan ini bisa meningkatkan kemampuan menulis anda secara bertahap.

Kesimpualannya
Meskipun begitu tips di atas bisa menjadi cara mudah belajar menulis bagi pemula. Namun perlu diingat bahwa faktor keseriusan dan kesungguhan dalam fokus menjadi penulislah yang dapat menjadi kuncinya. Yang jelas terus tingkatkan motivasi belajar dan kepercayaan diri anda dalam menulis sehingga kemampuan menulis anda akan meningkat seiring bertambahnya waktu dan latihan. Bagaimana?

Kami mengharapkan artikel Tips Meningkatkan Kemampuan Menulis Paling Efektif dan Efisien bisa Anda bagikan melalui media sosial di atas. Terima kasih

« Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya »
Next Post »
Mas Hartarto

Perkenalkan nama saya Mas Hartarto, admin dari SinarBlogging.net. Seorang blogger kampung yang suka berbagi informasi tentang tips menulis, dan tips blogging dan informasi lain yang terkait

2 Comments:

  1. Yg banyak mmbaca itu bner banget... Dan yg paling utama juga harus waktu yg tepat, yg tenang.

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih