Home » » Berapa Idealnya Jumlah Pos yang Tampil di Beranda Blog

Berapa Idealnya Jumlah Pos yang Tampil di Beranda Blog

Banyak orang yang berpikir bahwa untuk dapat menarik pembaca sebuah jumlah pos dalam beranda sangat penting. Memang benar bahwa untuk menarik pengunjung hal tersebut bisa menjadi pertimbangan. Bahkan dalam beberapa kasus jumlah ini sangat berperan untuk menambah keindahan dan kenyamanan pembaca.

Berapa Idealnya Jumlah Pos yang Tampil di Beranda Blog
Meskipun begitu ternyata jumlah blog yang kurang tepat bisa berdampak pada keefektifan blog itu sendiri dalam menarik calon pengunjung. Bagaimana tidak pengaturan tersebut mempengaruhi kecepatan (loading) blog. Perlu dicatat bahwa loading blog yang cepat adalah aspek terpenting untuk menjaring calon pengunjung yang ramai (Baca: Loading Blog Lambat | Sukses Pengunjung untuk Lari ).

Selain itu loading blog juga membuat pembaca tidak perlu menunggu waktu lama untuk membaca sebuah artikel. Bagaimanapun juga loading blog yang lambat bisa merusak suasana pembaca sebelum mereka melihat isi artikel tersebut.

Tidak hanya itu saja pengaturan jumlah pos yang terlalu banyak dapat membuat pembaca kebingungan memilih artikel yang hendak dibaca. Pada dasarnya tidak ada salahnya anda mengatur jumlah pos yang banyak hingga 10 buah atau lebih. Namun saya melihat hal ini merupakan langkah yang merugikan. Ingat, di dalam blog seorang pembaca biasanya hanya fokus pada 1 atau 2 artikel pendukung. Jika didapatkan lebih dari 7 artikel pendukung biasanya mereka akan pergi kalau artikel pertama yang mereka baca kurang berkesan.

Pertimbangan lain sebelum anda menentukan jumlah pos diberanda blog adalah ukuran gambar. Untuk gambar atau foto yang jelas seorang blogger biasanya memilih ukuran yang standar. Tentu saja ukuran yang dimiliki cukup besar mulai 50kb-100kb.

Jika hal ini diterapkan pada halaman beranda blog dengan ujumlah pos banyak pasti akan menambah berat loading blog. Tentunya ini akan merugikan anda bahkan tanpa anda sadari.  

Saya sarankan anda mengatur jumlah pos yang tampil diberanda sekitar 4-7 buah. Itupun anda harus tahu tentang ukuran gambar yang anda gunakan. Harapannya calon pembaca tidak harus menunggu lama untuk fokus pada beberapa judul artikel inti. Apalagi jika template blog yang anda gunakan bersifat auto readmore dengan gambar yang tentunya hanya terbaca sebagian kecil (singkat) artikel. Ingat, pengunjung cerdas lebih menyukai tampilan yang sederhana dengan penyajian artikel yang berkualitas.

Mungkin anda pernah berkunjung pada blog Dailyblogtips. Tampilan pos diberanda yang cukup ideal mampu menarik calon pengunjung untuk membaca. Walaupun dihalaman beranda ada sekitar 12 judul artikel. Namun pemiliknya tidak menampilkan gambar di halaman depan sehingga loading lebih ringan. Walaupun begitu blog tersebut tetap ramai dan masih menjadi blog rujukan beberapa blogger pemula. Karena yang menjadi perhatian pemilik blog adalah kualitas artikel yang disajikan. Baca: Tips Rahasia Cara Menulis Artikel yang Baik untuk Pembaca

Jadi, perhatikan template blog yang anda gunakan jika menggunakan auto readmore dan gambar. Jangan memaksakan suatu tampilan yang hanya berdampak kecil pada kenyamanan anda, tetapi berdampak besar pada kenyamanan pembaca. Bagaimana?

Kami mengharapkan artikel Berapa Idealnya Jumlah Pos yang Tampil di Beranda Blog bisa Anda bagikan melalui media sosial di atas. Terima kasih

« Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya »
Next Post »
Mas Hartarto

Perkenalkan nama saya Mas Hartarto, admin dari SinarBlogging.net. Seorang blogger kampung yang suka berbagi informasi tentang tips menulis, dan tips blogging dan informasi lain yang terkait

0 Comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih