Home » » Tips Membuat Artikel yang Mudah di Pahami Pembaca

Tips Membuat Artikel yang Mudah di Pahami Pembaca

Untuk menjadi penulis yang baik memang aebuah artikel menjadi tolak ukur yang tepat Masalahnya tidak semua orang memiliki ilmu kepenulisan sehingga tidak jarang kita menemukan beberapa artikel sulit untuk dipahami. Bahkan yang paling buruk tulisan tersebut tetap sulit dipahami meskipun dibaca beberapa kali.

Jika anda menulis untuk berlatih maka bukan menjadi masalah serius. Namun pada kenyataannya beberapa penulis diblog menulis untuk pembaca dan untuk menghasilkan uang dengan berbagai programnya. Makanya tidak heran jika hal tersebut banyak mengecewakan pembaca akibatnya banyak pembaca yang tidak mau berkunjung lagi ke blog tersebut.

Jika anda mengalami kejadian seperti ini maka besar kemungkinan blog akan terus ramai oleh pengunjung. Meskipun demikian jangan khawatir karena beberapa hal di bawah ini bisa menjadi solusi cerdas untuk masalah tersebut.

Tips Membuat Artikel yang Mudah di Pahami Pembaca

Tips membuat artikel yang mudah dipahami


1. Menggunakan kata-kata yang umum

Untuk yang satu ini tentunya harus mendapat perhatian lebih sebelum anda menulis artikel. Soalnya dari beberapa kasus yang terjadi banyak penulis pemula yang sering mencantumkan kata-kata yang tidak umum. Kata-kata tersebut bisa berupa kata-kata gaul yang aneh atau kata-kata bahasa asing yang belum familiar ditelinga.

Mungkin bagi anda ini terlihat sepele dan cenderung berpikr bahwa kata tersebut menunjukkan anda penulis cerdas. Namun kenyataannya kata-kata yang sulit dipahami membuat pembaca merasa susah untuk berpikir. Makanya tidak jarang mereka hanya membaca sebagian kecil lalu pergi tanpa kembali. Jika hal ini terus berulang bukankah anda akan rugi sendiri.

2. Menggunakan alur cerita yang baik

Sering manjadi masalah bagi penulis pemula bahwa mereka mulai menulis langsung ke poko materi. Ini mungkin terlihat singkat dan padat, tetapi pada hakikatnya hal tersebut justru menimbulkan perasaan membaca yang kurang menarik.

Berkaitan dengan alur cerita yang baik maka hal terpenting sebelum anda menulis adalah memperhatikan inti permasalahan yang akan anda bahas. Dengan begitu susunan materi akan terserap pembaca dengan baik dan tanpa membaca ulang. Dalam masalah ini maka susunan artikel yang benar adalah paragraf pendahuluan (bisa 2-3 paragraf), inti materi dan paragraf penutup (biasanya 1 paragraf berupa ringkasan).

3. Menggunakan paragraf yang singkat

Satu lagi yang penting dalam menulis artikel yang mudah dipahami pembaca adalah penggunaan paragraf. Memang pada dasarnya tidak ada batasan khusus dalam setiap paragraf. Dalam satu paragraf anda boleh menggunakan 10 kalimat. Namun demikian banyak penulis berpengalaman melihat bahwa hal seperti ini kurang efektif untuk seorang pembaca, mengapa?

Coba anda berpikir sejenak apakah pembaca menyukai paragraf yang pendek atau paragraf yang panjang?

Dari sini pasti muncul pilihan pertama yaitu paragraf yang pendek. Paragraf yang pendek bagi pembaca akan membawa kesan ringkas dan padat. Selain itu paragraf yang pendek cenderung mudah untuk mencari inti kalimat pokok. Ditambah lagi hal tersebut juga berdampak pada kejernihan berpikir otak. Pada kenyataannya otak lebih mudah memahami tulisan berdasarnya pembagian yang sederhana.

Sedangkan untuk paragraf yang panjang kurang memiliki kesan sibuk dan butuh kecermatan lebih untuk berpikir. Sehingga tidak jarang jika hal ini membuat sebagian pembaca malas untuk menyelesaikan mambaca bahkan saat artikel tersebut tidak lebih dari 400 kata.

Berkaca dari hal di atas rasanya penting bagi anda untuk sering-sering membaca tulisan para penulis profesional. Lihat dan perhatikan mereka dalam menulis artikel sehingga apa yang mereka tulis benar-benar menyasar ke pembaca. Dengan begitu keterampilan menulis anda akan meningkat (Baca: Tips Meningkatkan Kemampuan Menulis Paling Efektif dan Efisien). Selain itu usaha anda untuk menulis artikel yang mudah dipahami pembaca akan semakin baik.

Kami mengharapkan artikel Tips Membuat Artikel yang Mudah di Pahami Pembaca bisa Anda bagikan melalui media sosial di atas. Terima kasih

« Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya »
Next Post »
Mas Hartarto

Perkenalkan nama saya Mas Hartarto, admin dari SinarBlogging.net. Seorang blogger kampung yang suka berbagi informasi tentang tips menulis, dan tips blogging dan informasi lain yang terkait

2 Comments:

  1. Sya lagi belajar juga nih,,ngeblog soalnya msih SD Hhe

    BalasHapus
  2. Hi, Really great effort. Everyone must read this article. Thanks for sharing.

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih