Home » » Tips Jitu Cara Mendapatkan SiteLink Google dengan Cepat

Tips Jitu Cara Mendapatkan SiteLink Google dengan Cepat

Bagi seorang blogger yang menginginkan blog tampil dengan kredibilitas tinggi tentu memiliki sitelink menjadi syaratnya. Bagaimana tidak dengan sitelink blog akan terlihat lebih kompatibel dan layak menjadi rujukan pengunjung. Selain itu juga memperlihatkan bahwa blog tersebut unik dan menarik. Google juga lebih percaya dengan kualitas blog tersebut dalam kata kunci tertentu. Artinya blog tersebut bisa bisa mewakili kata kunci teratas pada search engine.

Sayangnya tidak semua blog yang ada diinternet sudah memiliki sitelink. Akibatnya ketika mengetikkan kata kunci tertentu pada browser maka yang muncul hanya halaman yang dituju. Padahal keyword yang diketik sama dengan nama blog. Bukankah hal ini menyedihkan?

Meskipun begitu jangan khawatir terlebih dahulu tentang blog anda yang belum memiliki sitelink. Sebenarnya hal tersebut dapat diwujudkan dalam waktu yang relatif singkat asalkan blog anda memenuhi beberapa kriteria yang akan saya bahas.

Sebelum membahas cara mendapatkannya apakah anda tahu apa itu sitelink?

Sitelink-taut situs- adalah kumpulan link yang muncul dihasil pencarian search engine di bawah suatu blog. Sitelink seperti ini berguna memberikan penjelasan tentang materi apa blog tersebut dibuat dan dipublikasikan. Sehingga ketika ada sitelink maka pengguna internet langsung tahu bahwa blog tersebut membahas materi yang jelas dan terfokus.

Tips Jitu Cara Mendapatkan SiteLink Google dengan Cepat


Tips jitu cara mendapatkan sitelink Google


1. Perhatikan nama blog dan alamat blog

Salah satu kesalahan seorang blogger adalah menggunakan nama blog yang berbeda dengan alamat blog. Memang bukan masalah besar karena hal itu tidak menjadikan blog anda deindeks dari search engine Google, tetapi hal ini membawa dampak negatif blog kalau anda sangat menginginkan kredibilitas.

Oleh karena itu jangan sembarangan dalam memilih alamat blog dan nama blog. Usahakan alamat blog anda tersusun dari kata-kata unik dan memiliki kualitas. Sebagian orang mengabaikan hal ini dan membesarkan blog dengan alamat situs tidak kompatibel seperti “TipsBlogGueBanget.com atau TipsBlogGueBanget.blogspot.co.id”.

Kalau sudah seperti itu pasti anda ragu menggunakan alamat blog tersebut sebagai nama blog. Padahal kalau nama blog berbeda dengan alamat blog secara mencolok maka sitelink tidak akan mengikuti. Namun jika nama blognya sama maka bisa dipastikan blog memperlihatkan sitelink ketika kata kunci tersebut diketik. Asalkan tidak ada blog lain yang mirip dan berkualitas di atas blog anda.

Jadi, misalkan anda menggunakan nama blog “Tips Blogging Gue” maka blog pasti tidak memiliki sitelink bahkan kalau artikel anda sudah ratusan. Namun kalau anda menggunakan nama blog “Tips Blog Gue Banget” maka pasti sitelink blog akan nampak beberapa menit kemudian.

2. Buat menu navigasi secara jelas dan sederhana

Untuk memudahkan calon pengunjung anda perlu menambahkan menu navigasi. Hal ini bertujuan agar pembaca tidak kebingungan saat berkunjung ke situs. Selain itu juga sebagai tanda bahwa situs tersebut sesuai dengan kebijakan Google.

Terlepas dari menu navigasi yang akan dibuat usahakan menu tersebut terlihat sederhana dan jelas. Tidak perlu banyak widget atau aksesoris di dalamnya. Yang terpenting ada menu home, kontak, daftar isi, tentang dan halaman privacy policy. Untuk widget sendiri menambahkan artikel populer, artikel terbaru dan kategori saya rasa sudah cukup. Sebaiknya juga ada menu artikel terkait di bawah postingan supaya lebih menarik. Jika hal ini sudah anda lakukan maka mendapatkan sitelink tinggal menunggu indeks dari Google.

3. Buatlah konten yang unik dan original (asli)

Bagaimana pun juga Google sangat menghargai karya yang unik dan original. Oleh karena itu agar blog mendapatkan sitelink maka buatlah blog anda berbeda dari yang lain. meskipun begitu jangan mengabaikan kualitas konten yang anda miliki. Harus bermanfaat jelas, tetapi setidaknya pembaca meluangkan waktu berkunjung minimal 5-10 menit untuk membaca situs halaman situs..

Kalau konten anda hanya memiliki jumlah kata per postingan di bawah 400 kata maka akan sulit mendapatkan sitelink. Tentunya hal ini berbeda kalau anda memiliki jumlah postingan sedikit (minimal 60 artikel). Namun dengan jumlah kata per postingan di atas 700 kata maka sitelink bisa saja didapatkan asalkan umur blog sudah cukup (minimal 6 bulan). Perlu juga anda catat bahwa jumlah pengunjung perhari bukan sebab utama blog memperoleh sitelink karena blog saya dengan jumlah pengunjung perhari di bawah 50 unik visitor perhari sudah memiliki sitelink. Contohnya situs ini HealthyTipsSlang.com dengan kata kunci “Healthy Tips Slang”.

Tips Jitu Cara Mendapatkan SiteLink Google dengan Cepat

4. Fokus pada salah satu topik

Sebenarnya untuk dapat memunculkan sitelink blog di search engine anda tidak harus membahas satu topik khusus. Mengapa? Karena hal ini tidak berlaku untuk situs portal berita seperti Detik, Kompas, Okezone atau Suara Merdeka.

Meskipun begitu jangan berharap blog anda seperti mereka. Mereka mengelola blog dengan puluhan atau ratusan penulis sehingga artikel yang dihasilkan mencapai ribuan buah. Makanya tidak heran kalau satu topik dari situs portal bisa berisi ratusan artikel. Dengan metode seperti ini tidak aneh jika situs tersebut memiliki sitelink.

Adapun bagi anda yang ingin memiliki sitelink ada blog pribadi saya sangat menyarankan untuk fokus dalam satu topik tertentu. Hal ini bertujuan agar kata kunci (keyword) yang anda bidik bisa berjumlah banyak dan tertarget. Dengan begitu sitelink bisa muncul lebih cepat. Usahakan juga jumlah kata dalam setiap artikel yang anda tulis lebih dari 800 kata. Mengapa demikian? Karena walaupun artikel anda sedikit sekitar 40 buah, tetapi dengan fokus pada topik khusus dan memenuhi jumlah kata maka sitelink bisa anda dapatkan.

5. Daftarkan blog di Webmaster Tool Google

Untuk mempermudah indeks Google terhadap blog anda maka daftarkan situs ke Google Webmaster Tool. Setelah itu tambahkan sitemap di dalamnya. Dalam hal ini anda bisa menggunakan “RSS.XML, ATOM.XML atau SITEMAP.XML serta atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500. Dengan sitemap seperti ini maka setiap anda memperbaharui postingan maka dengan segera dilaporkan ke search engine Google.

Kalau situs anda bukan memakai platform Blogger, tetapi Wordpress.org maka anda bisa menggunakan plugin Google XML Sitemaps. Setelah itu terus perbaharui postingan sehingga semakin banyak maka dengan segera blog anda akan mendapatkan sitelink.

Kesimpulannya, meskipun bagi sebagian orang tidak memperdulikan sitelink karena merasa blog sudah menghasilkan uang. Namun hal itu tetap saja sebuah kredibilitas blog harus dikejar sehingga para pengunjung merasa bangga dan puas berkunjung ke blog kita. Oleh karena itu blog mendapatkan sitelink dengan cepat adalah keharusan supaya blog menjadi otoritas.

Kami mengharapkan artikel Tips Jitu Cara Mendapatkan SiteLink Google dengan Cepat bisa Anda bagikan melalui media sosial di atas. Terima kasih

« Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya »
Next Post »
Mas Hartarto

Perkenalkan nama saya Mas Hartarto, admin dari SinarBlogging.net. Seorang blogger kampung yang suka berbagi informasi tentang tips menulis, dan tips blogging dan informasi lain yang terkait

0 Comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih