Home » » Ketahui 4 Tanda Anda Sedang Jenuh Blogging

Ketahui 4 Tanda Anda Sedang Jenuh Blogging

Tidak dapat dipungkiri bahwa aktifitas blogging yang padat membuat sebagian orang mudah jenuh. Bagaimana tidak pikiran harus difokuskan untuk menulis artikel yang berkualitas. Apalagi waktu yang dibutuhkan untuk bekerja di depan komputer atau laptop bisa dibilang cukup lama bahkan ada yang bekerja sampai larut malam. Tentunya dengan harapan bisa menjadi penulis berkualitas dan bisa menghasilkan uang dari blog tersebut.

Masalahnya dalam setiap pekerjaan yang kita jalani pasti ada saat-saat di mana rasa jenuh mulai menghampiri begitu juga dengan seorang blogger. Memang keadaan setiap orang berbeda-beda, tetapi mengingat blogging adalah aktifitas yang membutuhkan konsistensi dan fokus yang luar biasa maka tidak heran semangat terkadang menurun. Terlebih lagi ada target tertentu belum tercapai tahun ini.

Karena itulah penting bagi anda untuk mengetahui tanda-tanda saat sedang jenuh blogging. Ini sangat krusial mengingat masalah ini bisa mengganggu kenyamanan dan hasil kerja yang akan anda rencanakan.

Ketahui 4 Tanda Anda Sedang Jenuh Blogging

Inilah 4 tanda anda sedang jenuh blogging


1. Mengalami kebuntuan ide kreatif

Untuk menjadi blogger yang sukses pasti anda harus menghasilkan karya tulisan yang berkualitas. Selain itu konsistensi dalam menulis artikel juga sangat penting bagi perkembangan blog. Apalagi persaingan blog sekarang ini semakin ketat. Sehingga dibutuhkan artikel yang mudah dipahami dan bermanfaat. Maka dari itu ide adalah sesuatu yang mahal.

Terbang dengan rencana yang cerdas memang dibutuhkan. Namun masalahnya ide kreatif dan inspirasi tidak datang setiap kali anda membutuhkannya untuk menulis artikel. Akibatnya tidak ada artikel yang bisa terbit saat itu. Situasi inilah yang sangat tidak disukai oleh para blogger. Sehingga sering memunculkan rasa jenuh saat blogging.

Mencoba untuk refreshing otak sejenak terkadang juga tidak mendapatkan solusinya. Bagaimana bisa istirahat keadaan tersebut bahkan membuat sebagian orang merasa terbebani untuk cepat-cepat keluar dari masalah. Akibatnya pikiran untuk menggapai inspirasi dan ide tidak bisa terbang bebas. Jika sudah demikian ada baiknya anda menyibukkan diri sebentar dengan hal-hal yang tidak ada kaitannya dengan blogging. Dengan begitu otak anda bisa lebih jernih untuk berpikir.

2. Sering salah ketik saat menulis

Dalam beberapa aspek salah ketik sering berpengaruh terhadap kerja otak untuk menggali ide dan inspirasi. Apabila anda mampu maka cobalah untuk menguasai keybord laptop atau komputer dengan mata dan tangan. Ini sangat penting mengingat ide kreatif yang sudah muncul bisa terlepas dan tidak bisa ditangkap lagi dalam waktu singkat.

Saya menyadari bahwa dengan melemahnya konsentrasi karena lama di depan komputer sedangkan anda tetap memaksakan diri untuk melanjutkan menulis maka salah ketik merupakan hal yang wajar terjadi. Istilah tersebut sering dikenal oleh para blogger sebagai ‘Typo’. Namun bukan hal yang wajar kalau setiap menulis artikel kesalahan ketik terjadi berulang-ulang. Contoh salah ketik, ‘hebat’ berujung salah ketik menjadi ‘ehbat’. Jika sudah demikian rasa jenuh pasti segera datang.

Untuk mengatasi hal ini ada baiknya anda istirahat sebentar 5-15 menit untuk minum kopi atau ngemil. Jangan memaksakan diri untuk mencapai target sedangkan anda tidak dalam kondisi sehat dan tertekan. Dengan begitu perasaan cemas anda saat mengetik dapat dikurangi bahkan lenyap.

3. Belum mahir menyusun kata

Apalah artinya memiliki ide kreatif kalau anda sendiri bingung harus menulis dari mana. Ingat, merangkai kata-kata adalah hal yang wajib untuk membuat kalimat yang baik. Namun anda harus khawatir jika kesulitan dalam menyusun kata demi kata. Seringnya kesulitan dalam merangkai kata-kata ini bisa membuat anda jenuh.

Untuk mengatasi kejenuhan karena ini sebaiknya anda membiasakan setiap hari untuk latihan menulis. Di samping latihan menulis atau mengetik sebaiknya anda membaca artikel orang lain. Bagaimana dia menyusun kata-kata tersebut menjadi kalimat yang baik dan berkualitas.

Baca: Tips Mudah Belajar Menulis Artikel bagi Pemula

4. Kesulitan berkonsentrasi saat menulis

Meskipun anda telah mendapatkan ide dan mahir dalam merangkai kata-kata menjadi kalimat hal itu belum cukup menghindarkan anda dari jenuh blogging. Karena suasana dan kondisi yang kurang mendukung (seperti bising atau gaduh) terkadang hal itu menjadi awal sulitnya berkonsentrasi saat menulis sehingga menurunkan semangat.

Dalam keadaan begini cobalah anda mengatur tempat atau ruangan yang tenang dan nyaman untuk aktifitas blogging. Dengan demikian anda tidak akan disibukkan oleh perasaan terpaksa untuk membuat konten. Cobalah lihat konten dari permasalahan konsentrasi yang tidak fokus maka anda akan mendapatkan hasil tulisan dengan kualitas lebih rendah dari yang bisa anda maksimalkan. Karena itu hilangkan hal-hal yang berpotensi mengganggu anda saat menulis sehingga konsentrasi anda bisa menghasilkan konten yang cemerlang.

Terlepas dari adanya semangat seorang blogger yang naik turun maka hal itu seharusnya tidak menjadi awal untuk berhenti blogging. Yang terpenting anda mengetahui tanda kalau sedang berjalan dengan rasa jenuh.  Ingat, blogger yang cerdas tahu kapan rasa jenuh itu akan muncul dan telah bersiap meghadapinya.

Kami mengharapkan artikel Ketahui 4 Tanda Anda Sedang Jenuh Blogging bisa Anda bagikan melalui media sosial di atas. Terima kasih

« Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya »
Next Post »
Mas Hartarto

Perkenalkan nama saya Mas Hartarto, admin dari SinarBlogging.net. Seorang blogger kampung yang suka berbagi informasi tentang tips menulis, dan tips blogging dan informasi lain yang terkait

0 Comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih