Home » , » Lebih Baik Menulis Ulang daripada Copy Paste Artikel Orang

Lebih Baik Menulis Ulang daripada Copy Paste Artikel Orang

Menjadi penulis itu ternyata sangat menyenangkan. Bagaimana tidak setelah menghasilkan tulisan rasa bangga pun mulai datang. Apalagi kalau tulisan tersebut mendapatkan respon berupa komentar yang banyak dan mencerdaskan pembaca yang lain. Maka bisa dipastikan semangat menulis artikel yang lebih berkualitas akan meningkat. Jika hal itu terus berlanjut maka saya kira dalam beberapa bulan atau tahun anda bisa menghasilkan sebuah ebook premium (berbayar).

Maslahnya tidak semua blogger pemula dapat terjun dengan pengetahuan menulis yang memadai. Hal inilah yang menjadikan kegiatan menulis lebih sulit dilakukan. Bahkan karena hal ini banyak blogger pemula yang memilih jalan pintas dan berbahaya yaitu dengan melakukan copy paste artikel blogger lain.

Untuk menulis berdasarkan imajinasi atau kreatifitas berpikir sendiri memang bukan hal yang mudah. Terlebih lagi kalau anda belum menguasai materi tersebut. Dalam keadaan seperti ini maka jalan satu-satunya untuk mengisi konten blog adalah dengan menulis ulang artikel orang. Cara ini lebih aman karena konten blog anda tidak akan mengalami masalah di kemudian hari seperti pelanggaran DCMA. Jika blog anda sudah dimonetisasi dengan program periklanan Google Adsense maka blog bisa berakhir banned.

Oleh karena itu lebih baik anda menulis ulang artikel orang lain untuk mengisi konten blog. Hal ini lebih menguntungkan anda dan blog yang sedang anda bangun. Menulis ulang lebih mudah dari pada menghasilkan tulisan berdasarkan referensi. Memang menulis sendiri lebih baik, tetapi kenyataannya sebagian orang tidak tahu harus menulis dari mana dan bagaimana menjabarkannya.

Namun dengan menulis ulang semua bisa lebih mudah. Anda hanya perlu mengubah sedikit susunan kalimat tersebut dengan bahasa anda. Jika memungkinkan anda bisa menambah tulisan tersebut dari pikiran anda sendiri asalkan hal itu memang benar. Walaupun demikian ada baiknya anda membaca artikel tersebut secara penuh dan mengetahui ide pokoknya. Dengan begitu anda lebih lancar dalam menyusun kalimat yang baru dan segar.
Untuk mencegah terjadinya duplikat dari tulisan ulang anda bisa memastikannya melalui 2 cara.

Cara pertama, anda bisa menyalin sebagian paragraph atau beberapa kalimat yang telah anda tulis ulang kemudian anda paste kan pada mesin pencari Google. Jika teridentifikasi plagiat maka anda bisa merubah kembali tulisan tersebut sehingga lebih unik dan aman.

Bisa dibilang cara ini lebih sulit dan memakan banyak waktu. Namun cara ini ampuh digunakan untuk mengecek apakah artikel anda dicopy paste orang lain atau tidak. Sehingga anda bisa melaporkannya sebagai tindak pelanggaran hak cipta (DMCA).

Cara kedua, anda bisa menggunakan tool plagiarism checker (alat pendeteksi plagiat konten). Ada banyak pilihan tool yang ada diinternet mulai dari yang premium atau yang gratisan. Namun demikian saya rasa tool plagiarism checker gratis sudah cukup bagi anda. Tool yang biasa saya gunakan SmallSEOTools.com atau SolidSEOTools.com. Saya pun dulu memakainya untuk cek keunikan artikel yang saya tulis. Kalau teridentifikasi 100% unik maka anda boleh bergembira karena bisa terhindar dari pelanggaran. Namun jika teridentifikasi di bawah 90% maka anda harus merubah kalimat yang plagiat dan mengecek ulang dengan tool tersebut sehingga bisa unik 100%.

Karena bagi para blogger tindakan copy paste adalah tindakan yang merugikan maka sebagai blogger preofesional tulisan sendiri akan dihargai sangat tinggi. Oleh kerana itu sudah waktunya anda meninggalkan copy paste dan masuk proses menulis ulang. Proses ini hanya sementara sampai anda rasa sudah mampu menghasilkan artikel yang unik, baik dan benar. Jadi, kalau anda telah berhasil dalam tahap ini maka tahap selanjutnya adalah menulis artikel berdasarkan ide kreatif dan sumber referensi sebagai bahan menulis.

Kami mengharapkan artikel Lebih Baik Menulis Ulang daripada Copy Paste Artikel Orang bisa Anda bagikan melalui media sosial di atas. Terima kasih

« Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya »
Next Post »
Mas Hartarto

Perkenalkan nama saya Mas Hartarto, admin dari SinarBlogging.net. Seorang blogger kampung yang suka berbagi informasi tentang tips menulis, dan tips blogging dan informasi lain yang terkait

0 Comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih