Home » » Tips Jitu Membangun Blog Otoritas dengan Efektif dan Kreatif

Tips Jitu Membangun Blog Otoritas dengan Efektif dan Kreatif

Menjadikan blog yang dikelola menjadi blog otoritas adalah impian dan target seorang blogger. Bagaimana tidak blog yang telah menjadi otoritas berpeluang mencapai kesuksesan dalam dunia blogging. Mendapatkan banyak pengunjung, menerima banyak komentar dan mudah menghasilkan uang adalah dampak positif blog yang berhasil. Makanya tidak heran kalau para blogger profesional berlomba-lomba menjadikan blog mereka otoritas.

Masalahnya untuk mencapai tujuan tersebut tidaklah mudah. Ada berbagai tantangan dan hambatan yang siap menunggu. Selain itu hal tersebut membutuhkan proses dan waktu sehingga tidak jarang banyak blogger yang menyerah dalam berjuang. Hal inilah yang menjadikan blog tersebut tertidur ditengah jalan karena tidak dirawat. Kalau tidak begitu mereka beralih membuat blog baru dengan membahas topik yang berbeda.

Meskipun begitu sebenarnya anda tidak perlu terlalu khawatir dalam melangkah. Memang blog otoritas tidak bisa dibangun dalam waktu semalam atau dalam hitungan hari. namun bukan berarti hal itu tidak bisa dicapai oleh para blogger pemula.

Tips Jitu Membangun Blog Otoritas dengan Efektif dan Kreatif

Inilah cara membangun blog otoritas


1. Hanya fokus pada satu topik

Siapapun anda jangan pernah mengambil tanggung jawab dengan jangkauan yang luas. Memang setiap orang bisa melakukan banyak hal asalkan mau belajar dan bekerja keras, tetapi jika hal itu dilakukan secara bersamaan maka anda akan kalah dan pasti gagal.

Begitu juga keadaannya kalau anda mau menjadikan blog dan diri anda otoritas bagi blogger lain. Anda harus mempunyai sesuatu yang spesial yang berkaitan dengan blog. Anda bisa memulainya dengan membahas topik atau niche yang lebih spesifik. Tentunya sangat disarankan suatu niche atau topik yang berkaitan dengan kesukaan anda terhadap sesuatu, hobi anda terhadap sesuatu atau bidang tertentu yang ingin anda kuasai. Dengan begitu konten yang akan anda terbitkan bisa menunjukkan bahwa anda seorang yang ahli dibidang tersebut.

Oleh karena itu jangan sekali-kali membangun blog dengan meliputi banyak topik atau niche. Bukan karena tidak bisa dilakukan, tetapi cara tersebut hanya akan membuat anda sekedar blogger kafilah. Artinya anda tidak memiliki kompetensi dalam bidang tersebut. Sehingga para pembaca kemungkinan melihat blog anda sebagai situs atau website yang pas-pasan. Akibatnya konten yang ada di dalamnya akan kesulitan mendapatkan pengakuan dari pembaca atau blogger lain.

Baca: Alasan kuat Membangun Blog yang Fokus dalam Satu Topik

2. Menulis artikel yang asli atau original

Untuk menarik pembaca dan menjadikannnya percaya kualitas dan kapabilitas anda sebagai blogger maka jalan satu-satunya adalah dengan menulis artikel yang asli atau original. Artikel ini akan menjadikan anda menjadi penulis yang disegani dan dihormati orang. Ini tidak aneh mengingat kerya yang asli membutuhkan kerja keras untuk membuatnya.

Oleh karena itu tulislah artikel yang asli dan unik sebelum menjadikannya sebagai konten diblog anda. Memang tidak mudah dilakukan karena anda membutuhkan pengetahuan dan pengalaman dalam menulis. Selain itu membutuhkan proses berlatih menulis yang baik dan tepat.

Jika anda tidak memiliki pengetahuan dalam menulis maka segera lakukan langkah cerdas dengan belajar menulis artikel. Ada banyak variasi cara yang bisa anda terapkan. Kalau hal itu anda masih esulitan dalam menulis maka tidak ada salahnya anda membeli buku-buku atau ebook-ebook yang membahas tentang dunia menulis. Tidak ada jalan pintas menjadi penulis hebat. Jadi, anda harus berjuang dan berkorban demi target yang akan dicapai.

Untuk memudahkan langkah anda menulis artikel yang asli dan unik maka anda harus menyukai dunia menulis.

Baca: Alasan Kuat yang Menjadikan Menulis Menyenangkan

3. Membuat artikel yang panjang atau mendetail

Tidak dapat dipungkiri bahwa kesuksesan membangun blog sangat ditentukan oleh kualitas dan kuantitas konten. Betapa banyak konten yang berkualitas membuat para pengunjung rindu untuk kembali membacanya. Bahkan mereka bisa saja membacanya berulang-ulang demi mendapatkan pemahaman yang baik dan benar. Maka dari itu cobalah membuat artikel yang berkualitas.

Caranya dengan membahas sesuatu dengan panjang lebar dan mendetail. Para blogger berbeda pendapat tentang jumlah kata yang menunjukkan sebuah artikel memenuhi unsur mendetail. Sebagian dari mereka mengatakan 2000-3000 kata karena mengacu pada jumlah share yang ada dimedia sosial. Sedangkan sebagian yang lain mengatakan 1000-1500 kata sudah cukup karena hal ini cukup ampuh mencapai target masuk halaman pertama search engine.

Terlepas dari hal itu sebenarnya jangan terlalu dipermasalahkan secara paten. Bagaimanapun juga keadaan orang saat membaca sebuah artikel itu berbeda-beda. Mungkin ada yang lebih suka artikel mendetail, tetapi tidak jarang sebagian mereka menyukai artikel yang lebih singkat (sekitar 500-800 kata). Oleh karena itu tidak ada salahnya anda menulis artikel diblog dengan mengkombinasikan 2 hal tersebut.

Adapun kuantitas artikel memang sangat dibutuhkan juga oleh suatu blog. Namun jika fokus anda berdasarkan kuantitas maka saya ragu kalau blog anda bisa mencapai otoritas. Bukan karena tidak mungkin, tetapi melihat kenyataan yang ada blogger yang lebih fokus menambah kuantitas artikel dan mengesampingkan kualitas artikel maka sering berakhir menulis artikel yang sangat singkat (sekitar 300-400 kata).

Coba tengok blog yang telah memiliki otoritas kuat seperti panduanim.com atau sugeng.id. Mereka hanya memiliki jumlah konten yang sedikit karena hanya mempublikasikan artikel beberapa minggu sekali, tetapi memiliki kualitas tulisan yang luar biasa. Sehingga tidak heran kalau blog mereka sering menjadi bahan pembicaraan blogger lain.

4. Berinteraksi dengan pembaca

Mencoba untuk menjadi blogger otoritas tentu tidak bisa dilakukan seorang diri. Anda membutuhkan jaringan komunikasi yang baik kepada para pembaca. Dalam hal ini sebaiknya anda jangan menghilangkan form komentar di akhir tulisan anda. Ini penting mengingat sejauh mana perhatian mereka terhadap tulisan anda sering ditentukan oleh komunikasi melalui komentar.

Sayapun menyadari bahwa form komentar sering juga disalah gunakan oleh pembaca untuk mencari backlink. Masalahnya komentar mereka sering tidak berkualitas dengan hanya menuliskan “Nice post gan”, “Terima kasih telah berbagi gan”, “Artikelnya menarik gan”, dan lain-lain. Itupun sering diikuti dengan menanam banyak link tanpa perhitungan.

Menghapus form komentar juga bukan pilihan yang bijak untuk membangun interaksi dengan para pembaca. Cara cerdas yang bisa anda lakukan adalah melakukan modernisasi komentar. Ini akan mengurangi publikasi dari komentar-komentar yang tidak berkualitas dengan persetujuan anda. Cara lainnya adalah anda tidak melakukan modernisasi komentar, tetapi anda bisa menutup form komentar setelah jumlah komentar telah mencapai lebih dari sepuluh. Jika anda ingin lebih berintaeraksi dengan pembaca secara berkualitas maka anda bisa melakukan modernisasi dan tidak melakukan tutup form komentar.

Kesimpulannya, memang untuk membangun kepercayaan terhadap blog membutuhkan serangkaian proses dan kerja keras. Namun dengan perencanaan kerja cerdas yang baik dan tepat semua hambatan bisa membuat anda semakin semangat. Oleh karena itu perhatikan 4 tips membangun blog otoritas di atas dan yakin anda bisa melakukannya.

Kami mengharapkan artikel Tips Jitu Membangun Blog Otoritas dengan Efektif dan Kreatif bisa Anda bagikan melalui media sosial di atas. Terima kasih

« Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya »
Next Post »
Mas Hartarto

Perkenalkan nama saya Mas Hartarto, admin dari SinarBlogging.net. Seorang blogger kampung yang suka berbagi informasi tentang tips menulis, dan tips blogging dan informasi lain yang terkait

0 Comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih