5 Waspada Dampak Buruk Senang Blogging yang Berlebihan

Anda punya harapan menjadi blogger yang sukses?

Bukan hal aneh kalau anda mempunyai impian seperti itu. Bagaimana tidak seorang blogger yang berhasil bisa mendapatkan penghasilan melimpah dari aktifitas bloggingnya. Tidak hanya itu kegiatan menulis yang menyenangkan bisa mengantarkan anda menjadi penulis hebat yang dikenal oleh banyak orang. Makanya banyak orang berlomba-lomba membuat blog yang baik dan berkualitas.

Meskipun begitu ternyata tidak mudah untuk mewujudkannya. Diperlukan serangkaian proses dengan kerja keras dalam menjalaninya. Selain itu anda membutuhkan waktu dan kerja cerdas sehingga apa yang anda lakukan akan berjalan efektif dan efisien.

Memperhatikan semua hal tersebut maka bukan hal yang mengejutkan kalau kesenangan terhadap blogging yang berlebihan akan memiliki dampak pada kehidupan seseorang. Oleh karena itu pengetahuan akan masalah ini harus anda cermati dengan bijak sehingga tidak membawa pengaruh buruk terhadap anda dan orang lain.

5 Waspada Dampak Buruk Senang Blogging yang Berlebihan

Dampak buruk senang blogging yang berlebihan


1. Gangguan kesehatan

Untuk dampak yang satu ini rasanya sudah menjadi rahasia umum bagi para blogger. Bagaimana tidak aktifitas blogging yang disibukkan dengan menulis artikel, melihat layar komputer / laptop dalam waktu lama sering membuat posisi duduk tidak sempurna. Akibatnya ada beberapa anggota tubuh merasakan keluhan kesehatan diantaranya sakit nyeri punggung, mata memerah, pegal-pegal pada pergelangan tangan, batuk dan pilek.

Memang tidak ada salahnya anda memasang target dalam menjalankan aktifitas blogging. Namun demikian jangan melakukannya dengan berlebihan. Ingat, kesehatan lebih openting dari target anda. Oleh karena itu jika anda telah merasakan keluhan kesehatan maka segera mungkin istirahat sejenak untuk menghindari sakit yang lebih parah.

2. Mempengaruhi pola pikir

Terlepas dari kebaikan dan manfaat menjadi blogger yang telah anda ketahui sebaiknya anda juga bisa mengontrol diri. Jangan biarkan diri anda terlalu terobsesi dengan dunia blogging sehingga mempengaruhi pola pikir. Pola pikir untuk menjadi blogger sukses dan menghasilkan banyak uang terkadang membuat orang tidak bisa lepas dari bayang-bayang membangun blog.

Keadaan ini tentu akan membuat anda tidak bisa berpikir jernih. Akibatnya anda susah melakukan hal lain yang tidak ada hubungannya dengan dunia blogging. Jika pola pikir seperti ini terus anda lanjutkan maka kemungkinan besar anda akan mengalami masalah untuk mengembangkan potensi diri dalam bidang lain. Sehingga tidak ada bidang lain yang bisa anda kuasai dengan baik dan benar.

3. Interaksi sosial dengan masyarakat berkurang

Seiring senangnya anda berkecimpung dalam aktifitas blogging maka anda akan berusaha terus menerus melihat perkembangan blog. Apa yang terjadi dengan jumlah pengunjung, komentar yang masuk, berapa alexa rank, dan lain-lain menjadi pusat perhatian anda terhadap blog tersebut. Karena itulah anda bisa bekerja di depan komputer atau laptop hingga seharian.

Fokus pada blog memang sangat disarankan. Namun begitu jangan lari dari berinteraksi dengan orang lain disekitar anda. Melakukan sosialisasi adalah penting terutama bagi anda yang telah menginjak usia dewasa atau menikah. Mengabaikan hal ini berarti anda akan mengalami masalah ketika anda membutuhkan bantuan mereka. Oleh karena itu sebaiknya anda datang ketika masyarakat mengadakan kerja bakti, pernikahan, kematian, atau kegiatan yang lainnya. Dengan begitu ikatan kekeluargaan akan tetap terjaga sehingga terjadi kerukunan antar tetangga.

4. Kebersamaan dengan keluarga berkurang

Konsekuensi bergelut dalam dunia blogging adalah anda akan kerja keras tanpa mengenal waktu. Bagaimana tidak kesuksesan blogging sangat ditentukan oleh jumlah artikel, jumlah pengunjung dan jumlah backlink. Tentu saja untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda mungkin melakukan kerja lembur supaya hasilnya dapat diraih dalam waktu singkat.

Masalah muncul ketika sebagian besar waktu anda sehari-hari tercurah pada blog. Akibatnya anda harus mengorbankan waktu bersama keluarga karena sibuk bekerja. Jika kebiasaan ini terus anda pelihara maka bukan tidak mungkin sebagian besar anggota keluarga anda merasa tidak diperhatikan. Kalau sudah seperti itu anda bekerja untuk siapa?

5. Sering lupa mengurus diri sendiri

Coba bayangkan kalau anda terlalu sibuk dengan urusan blogging apa yang terjadi? Dalam beberapa kasus perencaan membangun blog yang kurang tertarget sering berimbas pada melupakan kebutuhan rutin diri sendiri. Tidak jarang hal itu menjadikan anda mandi terlambat, makan terlambat atau mengabaikan berbagai pekerjaan rumah.

Jika anda tidak segera membuat jadwal kerja yang baik dan tepat ketika blogging saya khawatir anda akan kesulitan dengan keluarga. Apalagi jika orang tua belum melihat anda berhasil dalam urusan blog maka bisa jadi akan terjadi pertengkaran keluarga.

Terlepas dari potensi anda yang luar biasa dalam bidang menulis atau keinginan anda yang kuat untuk menghasilkan uang secara online. Bukan berarti aktifitas blogging menjadikan anda terobsesi secara berlebihan. Oleh karena itu anda harus memiliki target dan tujuan yang jelas ketika masuk dunia blogging. Dengan begitu anda akan waspada terhadap dampak buruk senang blogging yang berlebihan.

Tidak ada komentar:
Write Comments

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih