Home » , » Penyebab dan Cara Mengatasi Pengalihan Seluler Tersembunyi pada Blog

Penyebab dan Cara Mengatasi Pengalihan Seluler Tersembunyi pada Blog

Merupakan hal yang mengejutkan manakala mendapati blog tidak bisa diakses oleh search engine. Permasalahan muncul karena telah terjadi pengalihan seluler tersembunyi sehingga indeks di mesin pencari dihentikan atau dihapus sementara. Padahal menurut anda blog tersebut tidak melakukan pelanggaran Google Webmaster Tools.

Terlepas dari apa yang anda lakukan tentu permasalahan ini sangat mengganggu perkembangan blog. Bagaimana tidak tidak munculnya blog di SERP menjadikan blog sepi pengunjung. Apalagi kalau pengnjung masih sedikit maka bukan tidak mungkin rasa frustasi mengelola blog akan meningkat drastis. Hal inilah yang menjadikan sebagian blogger pemula merasa kebingungan harus berbuat apa setelah menerima pesan dari Google.

Penyebab dan Cara Mengatasi Pengalihan Seluler Tersembunyi pada Blog

Meskipun demikian sebenarnya anda tidak perlu takut menghadapi permasalahan tersebut. Kenyataannya pengalihan seluler tersembunyi bisa diselsesaikan dengan baik dan benar. Dan tentunya blog anda bisa diakses lagi oleh search engine.

Sebelumnya mari kita ulas dulu hal-hal yang bisa menyebabkan terjadinya pengalihan seluler tersembunyi pada blog. Setidaknya ada 3 sebab yang menjadi pertimbangan Google dalam menilai situs yaitu

1. Menambahkan kode yang membuat aturan pengalihan bagi pengguna seluler
   
2. Menggunakan skrip atau elemen untuk menampilkan iklan dan memonetisasi konten yang mengalihkan pengguna seluler

3. Skrip atau elemen ditambahkan oleh peretas yang mengalihkan pengguna seluler ke situs berbahaya


Untuk memeriksa iklan yang telah anda pasang di blog terdeteksi pengalihan seluler tersembunyi atau tidak maka silahkan cek di bawah ini
https://www.google.com/transparencyreport/safebrowsing/diagnostic/?hl=en#url=URL Iklan


Cara mengatasi permasalahan pengalihan seluler tersembunyi

1. Langkah pertama anda harus memastikan bahwa tidak ada srcipt iklan yang anda simpan pada template HTML. Jika anda mempunyai iklan maka hapus dahulu script tersebut dan klik simpan template.

2. Langkah kedua anda buka halaman Webmaster Tool Google (Search Console Google)

3. Setelah itu klik “Perayapan” lalu klik “Ambil sebagai Google” pada halaman ini biarkan saja pada pilihan “Dekstop”.

Setelah itu anda klik “Ambil dan Render” diteruskan dengan Klik “Minta Pengindeksan

Penyebab dan Cara Mengatasi Pengalihan Seluler Tersembunyi pada Blog

4. Selanjutnya anda klik pada “Lalu Lintas Penelusuran” kemudian klik lagi “Tindakan Manual”. Di situ akan muncul halaman yang menerangkan bahwa situs anda telah melakukan pengalihan seluler tersembunyi.

Penyebab dan Cara Mengatasi Pengalihan Seluler Tersembunyi pada Blog

Untuk meminta peninjauan ulang situs anda selanjutnya klik “Meminta Tinjauan” maka akan keluar form berikut ini

Penyebab dan Cara Mengatasi Pengalihan Seluler Tersembunyi pada Blog


5. Isi form tersebut mengenai langkah-langkah yang telah anda lakukan untuk menjamin tidak ada pelanggaran webmaster lagi. Jika anda kesulitan dalam menyusun kata-kata anda boleh meniru tulisan di atas.

6. Langkah terakhir adalah beri tanda centang pada “”Saya menyatakan bahwa situs saya tidak melanggar Pedoman Webmaster Google” kemudian klik “Meminta tinjauan”.

Semua langkah telah anda lakukan maka tinggal menunggu persetujuan dari Google. Biasanya email balasan akan masuk antara 1 hari sampai 1 minggu.

Meskipun begitu saya sarankan anda tetap mengisi konten blog sehingga setelah blog anda keluar dari masalah pengalihan seluler tersembunyi pembaca blog anda tetap mengira bahwa blog anda telah melakukan update artikel dengan benar dan konsisten.

Kami mengharapkan artikel Penyebab dan Cara Mengatasi Pengalihan Seluler Tersembunyi pada Blog bisa Anda bagikan melalui media sosial di atas. Terima kasih

« Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya »
Next Post »
Mas Hartarto

Perkenalkan nama saya Mas Hartarto, admin dari SinarBlogging.net. Seorang blogger kampung yang suka berbagi informasi tentang tips menulis, dan tips blogging dan informasi lain yang terkait

5 Comments:

  1. akhirnyaaaaaaaaaaa, makasih info nya gan... sialan pageview saya jadi turun drastis 90% gilaaaa gara" pengalihan ini, saya kira blog saya kena sandbox -_-
    sekali lagi makasih gan :D

    BalasHapus
  2. Sama-sama. Senang bisa membantu agan F Minor

    BalasHapus
  3. gan saya sudah ikuti langkah 1 sampai 4. tapi pas langkah terakhir waktu saya klik menu Tindakan Manual gak ada tulisan pengalihan seluler tersembunyi dan gak ada tombol meminta tinjauan. yang ada cuma tulisan Tidak ditemukan tindakan webspam manual. Itu kenapa ya gan... apa itu udah berhasil ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba tunggu balasan email yang masuk dalam beberapa hari kedepan. Jika agan telah melakukan langkah 1-4 saya rasa itu sudah selesai untuk bagian anda. Selanjutnya tugas Google untuk konfirmasi keberhasilannya. Berharap saja bahwa blog anda cepat keluar dari pengalihan seluler tersebut. Good luck.

      Hapus
    2. Iya gan... makasih info nya

      Hapus

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih