Home » » Seberapa Penting Blogger Pemula Belajar HTML dan CSS untuk Blog

Seberapa Penting Blogger Pemula Belajar HTML dan CSS untuk Blog

Seberapa Penting Blogger Pemula Belajar HTML dan CSS untuk Blog

Tampilan sebuah blog tidak jarang menentukan daya tarik pembaca untuk pengunjung. Bagaimana tidak, desain blog akan menimbulkan kesan pertama pengunjung blog. Jika mereka mendapati blog anda terlihat sibuk karena banyak widget atau media sosial sesaat setelah membuka halaman maka kemungkinan besar mereka akan lari sebelum menyelesaikan bacaan paragraf pertama. Selain itu desain yang berantakan juga bisa menyebabkan pengunjung merasa tertipu telah membuka halaman blog. Dalam keadaan ini tentu pengetahuan terhadap HTML dan CSS sangat dibutuhkan.

Masalahnya bagi blogger pemula kode HTML atau CSS adalah hal yang baru. Jangankan meluangkan waktu untuk belajar ilmu tersebut, menulis artikel berkualitas saja masih dalam tahap belajar. Itupun tidak jarang membutuhkan waktu hingga beberapa jam demi mencapai jumlah kata di atas 400. Makanya tidak heran kalau dalam seminggu hanya bisa menerbitkan artikel 1-2 buah.

Ini memang kenyataan yang harus dihadapi oleh para blogger pemula mengenai blog yang dikelolanya. Saya tidak memungkiri bahwa sebenarnya setiap blogger ingin menguasai semua hal yang berhubungan dengan blog. Diantaranya mengenai edit video, edit gambar atau foto, cara menulis artikel yang berkualitas dan tentu saja masalah tampilan blog supaya menarik pengunjung. Makanya tidak heran berbagai aplikasi atau software terkait dicari di search engine dan di download kemudian dinstal.

Jika edit gambar atau foto mungkin Adobe Photoshop dan Coreldraw bisa jadi pilihan utama sedangkan untuk edit video ada Adobe Premiere Pro  dan Video Movie Maker. Adapun untuk bisa menulis artikel berkualitas para blogger bisa latihan sendiri atau dengan membeli ebook cara menulis artikel. Dan yang terakhir software edit HTML dan CSS. Untuk yang satu ini para blogger lebih akrab dengan Adobe Dreamweaver atau Notepad++.

Sebagai blogger pemula yang fokus pada menulis diblog tentu tidak semua keahlian di atas harus dikuasai dengan segera. Jika edit video atau foto maka belajarnya cenderung lebih cepat. Jadi, tidak akan menguras waktu anda untuk menulis artikel.

Namun hal ini berlaku sebaliknya bagi blogger pemula yang ingin belajar HTML dan CSS. Rumitnya kode-kode HTML dan CSS membuat fokus dan konsentrasi harus dilipatgandakan. Apalagi kode seperti ini akan mudah error jika ada 1 huruf atau nomor yang salah. Makanya tidak heran jika untuk satu desain blog dibutuhkan beberapa minggu untuk siap digunakan.

Untungnya para desainer blogger seperti Mas Sugeng, Arlina Fitriani, Kang Ismet dan lain-lain telah berbagi blog yang siap digunakan baik itu gratis atau berbayar. Keuntungan ini menjadi berkah tersendiri bagi blogger pemula yang baru terjun dalam dunia blogging. Jadi, anda tidak perlu belajar HTML dan CSS dengan detail.

Meskipun begitu terkadang desain blog belum memuaskan para penggunanya. Karena itu para blogger sering mengotak-atik tampilan blog supaya terlihat lebih unik dan menarik. Dari sini pengetahuan tentang HTML dan CSS menjadi penting.

Terlepas dari keinginan tersebut hal yang paling umum dilakukan saat mengubah tampilan blog adalah lebar tampilan konten atau sidebar, ukuran font, jenis font, warna background, warna link, line-height, padding, margin dan lain-lain. Jadi, kode HTML dan CSS ini relatif mudah jika dipelajari. Oleh karena itu sebagai blogger sebaiknya anda mengetahui dasar-dasar kode HTML dan CSS ini. Dengan begitu tampilan blog menjadi lebih baik lagi. Dan yang terpenting tampilan unik tersebut sesuai dengan keinginan anda dan selaras dengan topik yang anda bahas.

Kami mengharapkan artikel Seberapa Penting Blogger Pemula Belajar HTML dan CSS untuk Blog bisa Anda bagikan melalui media sosial di atas. Terima kasih

« Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya »
Next Post »
Mas Hartarto

Perkenalkan nama saya Mas Hartarto, admin dari SinarBlogging.net. Seorang blogger kampung yang suka berbagi informasi tentang tips menulis, dan tips blogging dan informasi lain yang terkait

0 Comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih