Home » , » Tips Kreatif Membuat Artikel Unik dengan Mudah dan Cepat

Tips Kreatif Membuat Artikel Unik dengan Mudah dan Cepat

Dalam rangka mengembangkan sebuah blog profesional maka update artikel merupakan hal yang wajib dilakukan secara rutin. Terlebih lagi kalau anda telah dapat membuat artikel yang unik maka daya tarik blog anda akan semakin besar dan kuat kepada calon pembaca. Terlepas dari kemampuan anda menulis tetap saja anda harus memiliki jadwal mempublikasikan artikel meskipun hanya sebulan sekali.

Sayangnya bukan hal yang mudah menulis artikel yang unik. Apalagi kalau anda masih blogger pemula yang baru terjun untuk menulis artikel. Permasalahan muncul karena hampir sebagian besar topik artikel telah banyak diulas oleh blogger lain. Makanya tidak aneh kalau sebuah ada puluhan bahkan ratusan judul yang membahas permasalahan yang sama.

Meskipun demikian anda tidak perlu cemas menghadapi kenyataan tersebut. Pada dasarnya setiap orang memiliki keunikan sendiri sehingga bukan tidak mungkin anda bisa menghasilkan artikel yang unik pula.

Tips Kreatif Membuat Artikel Unik dengan Mudah dan Cepat

Tips mudah membuat artikel unik


1. Baca

Sebelum anda menuju langkah menulis artikel yang unik ada baiknya anda membaca dahulu materi yang akan anda jadikan bahas materi. Anda bisa mendapatkan ratusan judul artikel diinternet yang membahas permasalahan yang spesifik.

Sangat disarankan anda membaca lebih dari 3 buah artikel dari halaman pertama search engine. Meskipun begitu lebih banyak lebih baik karena kemungkinan ada artikel yang penting, tetapi belum dibahas oleh penulis lain. Untuk itu jangan hanya memilih artikel yang pendek atau singkat (400-600 kata) saja. Lebih baik anda juga membaca artikel penjang dengan jumlah kata di atas 1000. Denagan demikian kemungkinan semua materi penting bisa anda dapatkan di dalamnya.

2. Pahami

Setelah anda membaca artikel tersebut tentu pemahaman anda terhadap ide pokok bacaan tersebut sangatlah baik. Dalam hal ini mungkin kemampuan orang memahami sebuah tulisan berbeda-neda. Sebagian orang bisa mengetahui ide pokok dalam sekali baca sedangkan sebagian yang lain harus mengulang-ulang bacaan hingga beberapa kali.

Terlepas dari perbedaan tersebut mungkin anda perlu belajar cara membaca cepat dan efektif. Sehingga anda tidak perlu membaca kata demi kata untuk menemukan gagasan utamanya. Memang menguasai teknik membaca cepat tidak semua orang memilikinya. Tetapi dengan banyak membaca dan cara mengusai jenis paragraf saya rasa hal itu bisa diwujudkan dalam waktu singkat.

3. Amati dan Tandai

Jika anda merasa kesulitan juga untuk mengingat apa yang anda baca karena masalah daya ingat maka lebih baik anda meng copy-paste kan artikel tersebut ke dalam microsoft word atau wordpad atau media yang lain. Selanjutnya anda amati mana yang merupakan ide pokok dari bagian paragraf tersebut. Dalam hal ini bisa saja ide pokoknya ada dibagian depan paragraf, tengah atau belakang paragraf. Yang jelas anda harus mengetahuinya dengan jelas.

Setelah itu anda tandai semua kata kunci tersebut dengan menulis ulang ke dalam kerangka tulisan yang anda buat. Jika perlu tambahkan ide pokok lain yang terdapat pada artikel yang lain. Dengan begitu apa yang akan anda tulis mencakup semua hal yang berhubungan dengan permasalahan tersebut.

4. Modifikasi

Langkah terakhir dalam membuat artikel yang unik adalah melakukan tulis ulang. Yang saya maksud dari tulis ulang adalah menulis ulang artikel dengan menghindari teknik copy-paste murni. Dapat juga dimaknai dengan menulis artikel sesuai dengan cara berfikir anda dalam mengemukakan pendapat. Dengan kata lain anda menggunakan kemampuan pribadi dalam menyusun kata demi kata dengan teknik inovatif dan kreatif.

Memang tidak mudah kalau anda belum pernah menulis artikel. Namun jika anda ingin menjadi penulis hebat maka anda harus rajin berlatih menulis secara rutin. Satu hal lagi yang perlu anda ingat agar kemampuan anda memodifikasi artikel lebih mudah adalah banyak membaca artikel berkualitas dan mengetahui teknik menulis mereka. Dengan demikian anda bisa mengumpulkan beberapa teknik menulis dan mengkombinasikannya sesuai dengan cara berpikir anda.

Untuk mempermudah cara memodifikasi artikel rasanya tidak cukup dengan teori. Namun harus disertai contoh supaya lebih jelas. Oleh karena itu perhatikan langkah berikut ini.

“Terus terang saja tidak semua orang memiliki kemampuan yang baik dalam menulis. Untuk itu sebagian orang lari ke tempat-tempat kursus menulis sehingga memperoleh pengetahuan kepenulisan yang memadai. Sehingga dalam beberapa bulan atau tahun sudah bisa menerbitkan buku-buku yang berguna bagi masyarakat.

Masalahnya tidak semua orang mau mengeluarkan biaya untuk latihan kursus menulis. Jalan tengahnya mereka membuat blog dan berlatih menulis untuk mengisi konten di dalamnya. Jadi, bisa dikatakan bahwa menulis diblog adalah media berlatih menulis yang baik bagi anda. Bukan tanpa sebab saya mengatakan hal itu karena tulisan diblog seringkali mendapatkan respon berupa komentar dari para pembaca. Sehingga tidak heran kalau terdapat kritik dan saran dari pembaca mengenai tulisan atau bahan materinya.”

Dengan membaca, memahami, mengamati, menandai dan meodifikasi sehingga bisa menjadi

“Kenyataannya tidak semua orang terlahir dengan kemampuan menulis yang baik. Bahkan ada diantara mereka ada yang belum mengetahui manfaat menulis. Sehingga tidak heran kalau menulis dianggap hal yang menyulitkan. Untuk mengatasi kesulitan ini pergi ke berbagai lokasi kursus menulis harus dilakukan supaya mendapatkan pengetahuan jurnalistik secara baik dan benar. Tentu saja dengan harapan bisa mengumpulkannya menjadi buku-buku yang bisa diterima oleh para penerbit sehingga bisa menambah pengetahuan orang banyak.

Sayangnya biaya untuk kursus kepenulisan bisa dikatakan tidak murah sehingga hanya sebagian orang yang mau berkorban untuk hal itu. Meskipun demikian mereka tidak kehilangan kreatifitas dalam mencurahkan ide dan gagasan karena di media blog mereka bisa leluasa berlatih menulis artikel. Terlebih lagi ada potensi bahwa setiap artikel yang ditulis akan mendapatkan komentar dari pembaca. Sehingga saran dan kritik yang mereka sampaikan bisa menambah pengetahuan para pembaca yang lain”.

Kesimpulannya, terkadang untuk membuat artikel unik anda tidak harus memulainya dengan mengumpulkan data dan fakta dengan lengkap. Apalagi hal tersebut tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat sehingga mungkin butuh beberapa jam atau hari untuk mendapatkan materinya. Namun dengan menerapkan tips menulis artikel di atas saya yakin anda tidak perlu berkunjung ke tempat kursus untuk bisa mengerti dunia kepenulisan.

Kami mengharapkan artikel Tips Kreatif Membuat Artikel Unik dengan Mudah dan Cepat bisa Anda bagikan melalui media sosial di atas. Terima kasih

« Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya »
Next Post »
Mas Hartarto

Perkenalkan nama saya Mas Hartarto, admin dari SinarBlogging.net. Seorang blogger kampung yang suka berbagi informasi tentang tips menulis, dan tips blogging dan informasi lain yang terkait

4 Comments:

  1. Gimana ya nulis artikel yang bisa bikin greget dan bisa jadi candu buat pembacanya? apa artikel harus panjang? bahkan ada artikel yang hanya 200 kataa bisa jadi viral sekali, mungkin admin atau yang lain bisa menjawab. Terimakasih

    BalasHapus
  2. Untuk menulis artikel yang greget memiliki pengetahuan tentang psikologi sangat penting. Dari sini anda bisa mempelajari teknik menulis yang memunculkan interast, attention, desire, dll. Cara paling mudah adalah membaca blog populer seperti Problogger, Copyblogger, Dailyblogtips. Bisa juga anda mempelajari teknik menulis sales letter. Ini pandangan saya.

    BalasHapus
  3. Bagaimana buat artikel jualan online yg menarik gan?
    Mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran saya anda meniru blog setopik dengan web jualan agan. Silahkan tiru format mereka dalam menyajikan artikel atau konten untuk pengunjung.

      Lebih jauh lagi jika anda memang berjualan silahkan belajar iklan facebook karena banyak pebisnis online mengatakan bahwa orang yang beromzet ratusan juta hingga miliaran biasanya main iklan facebook.

      Hapus

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih