Home » » 11 Cara Lembut Memaksa Pengunjung Blog Tetap Bertahan

11 Cara Lembut Memaksa Pengunjung Blog Tetap Bertahan

Sebagai pengelola situs tentu kita semua berharap lalu lintas terus mengalami peningkatan. Oleh karena itu berbagai cara perlu dilakukan supaya hasilnya menggembirakan. Terlebih lagi jika anda mengelola blog untuk tujuan penjualan maka keberadaan pengunjung untuk betah membaca adalah magnet seorang pebisnis blogger.

Sayangnya tidak mudah membuat para pengunjung untuk berlama-lama membaca sebuah blog. Apalagi jika menilik pada banyak blogger yang gagal mengelola blog mereka. Saya mengerti bahwa seorang blogger pasti menganggap blognya sebagai karya seni yang besar. Itulah mengapa seorang blogger bekerja keras menghadirkan blog yang berkualitas untuk pengunjung.

Anda pasti berharap pengunjung akan setia mengikuti konten yang anda sajikan. Tentu anda harus punya strategi supaya hal tersebut bisa berjalan lancar. Jika tidak maka ketakutan pengunjung untuk balik ke situs anda adalah mustahil.

Kabar gembiranya beberapa cara berikut bisa menjadikan blog anda terlihat ramah dan tetap mengedepankan kredibilitas. Di samping itu loyalitas merupakan hal penting yang anda butuhkan supaya pengunjung tetap betah bertahan.

11 Cara Lembut Memaksa Pengunjung Blog Tetap Bertahan

Cara Lembut Memaksa Pengunjung Blog Tetap Bertahan


1. Hadirkan navigasi yang sederhana

Anda tidak bisa memaksa pengunjung tetap tinggal sementara mereka bingung dengan navigasi situs yang anda sajikan. Mungkin anda mengira hal tersebut indah di lihat mata. Namun demikian kenyataannya pengunjung lebih banyak jengkel dengan metode ini.

Seharusnya anda memudahkan para pengunjung dengan navigasi yang mereka butuhkan dalam waktu singkat. Jangan memperlihatkan navigasi yang berlebihan pada bagian atas blog dengan menu vertikal mengganggu.

11 Cara Lembut Memaksa Pengunjung Blog Tetap Bertahan
  
Apa salahnya?

Perlu anda ketahui bahwa metode navigasi ini cenderung mengubah semangat dan konsentrasi mereka membaca. Mengapa bisa?

Pada dasarnya ketika pengunjung siap membaca konten anda tidak boleh memaksa pengunjung melihat hal lain dari konten tersebut. Jika ini terjadi besar kemungkinan mereka akan meng-klik link tersebut. Bahayanya kalau konten yang anda sajikan kurang berkualitas maka bisa menjadikan mereka putus asa dalam membaca. Akibatnya mereka segera menutup halaman blog anda tanpa meninggalkan kesan berharga. Oleh karena itu sederhanakan navigasi blog anda.


2. Kunci dengan skema warna yang menarik

Untuk menjadikan blog anda unik dari blog yang lain mungkin anda berpikir dengan memilih warna yang menarik. Dalam kasus ini mungkin anda mau menyajikan beberapa warna sebagai bahan pertimbangan. Bahkan bisa jadi anda mau semua bagian blog terlihat berbeda.

Jika anda seorang pelukis saya yakin banyak warna pasti menjadikan lukisan lebih indah dan memikat mata. Namun demikian skema ini salah jika anda terapkan untuk blog.

Masalah muncul karena para pengunjung hanya menginginkan tulisan yang anda sajikan. Jika mereka disibukkan dengan gangguan skema warna blog maka mereka akan langsung ke inti tulisan. Apa itu?

Jika postingan anda berbentuk daftar mereka akan meluncur dan pergi membaca hanya pada daftar tersebut dan lari dari penjelasannya. Kalau sudah begitu pasti pengunjung akan lari dalam hitungan detik dan menghilang. Warna yang anda gunakan menjadi pertimbangan untuk tinggal atau pergi.

3. Gunakan gambar

Anda tidak mungkin memaksa pengunjung untuk membaca satu postingan besar tanpa berhenti.  Mungkin artikel anda memang bermanfaat, tetapi terkadang ada satu bagian dalam tulisan yang sulit orang pahami. Hal ini karena tingkat daya ingat manusia berbeda-beda.

Mengenai hal ini gunakan gambar sebagai pemecah masalah ini. Keberadaan gambar cenderung memaksa pengunjung dengan kesan mendalam. Sehingga tidak heran kalau mereka merasa terobati dengan keraguan yang muncul.

4. Header blog dengan logo dan deskripsi yang dahsyat

Meskipun terlihat sepele sebenarnya keberadaan logo dan deskripsi pada header blog sangat membantu anda terlihat profesional. Mungkin anda punya desain sendiri tentang logo blog yang menarik, tetapi pastikan itu benar-benar meng-hipnotis pengunjung untuk tertarik.

Jika anda tidak mengerti tentang desain logo anda bisa menggunakan jasa desain. Jangan takut mengeluarkan biaya untuk hal itu karena kesan yang muncul bisa menginspirasi mereka untuk tetap bertahan.

5. Buat judul postingan yang memicu emosi

Tampil dengan postingan luar biasa tidak lantas menarik pengunjung untuk membaca.

Tahu kenapa?

Sebaik apapun tulisan anda hal pertama yang mereka lihat adalah judul. Judul postingan yang terlihat sederhana tidak akan mengundang emosi. Itulah sebabnya meskipun jumlah kata dan kualitas artikel anda sangat menarik kemungkinan mereka klik judul postingan dan membaca adalah kecil.

Beberapa blogger profesional menganggap judul sebagai masalah krusial. Bahkan untuk hal ini mereka bisa memikirkannya lebih lama. Maka dari itu perhatikan betul keunikan judul, jangan terburu-buru memilihnya apalagi memiliki kemiripan dengan judul yang lain karena ini hanya membuat blog anda tidak menggugah keingin tahuan mereka terhadap konten anda.

6. Datangkan kata paragraf pembukaan yang mendebarkan

Jangan sepelekan paragraf pembuka dalam setiap tulisan blog. Hadirkan pembukaan yang membuat mereka berdebar-debar. Jika anda mampu menghipnotis pada bagian isi maka mereka akan melanjutkan membaca dengan perasaan gembira.

Itu juga berlaku sebaliknya. Jika pembukaan anda terlihat sederhana, umum diketahui dan tidak berkesan maka peluang mereka melanjutkan adalah kecil. Untuk masalah ini belajarlah menyusun kalimat dan paragraf pembukaan yang  hebat.

7. Atur paragraf supaya lebih singkat

Panjang kata dan jumlah kalimat dalam sebuah paragraf ternyata berdampak pada psikologi pengunjung. Paragraf yang terlalu panjang membuat pembaca tidak bisa menghela nafas untuk berpikir. Inilah yang mengacaukan pemahaman mereka sehingga tidak jarang harus mengulang dari paragraf awal.

Jika anda ingin pengunjung tetap bertahan pada blog usahakan hidupkan imajinasi daya ingat mereka dengan pengaturan paragraf yang singkat. Jangan terpaku pada ide pokok sebuah paragraf harus ada. Ini memang benar, tetapi kalau anda menerapkan cara ini yakinlah bahwa pengunjung akan merasa bosan. Cukup bagi pembaca melihat paragraf anda terdiri dari 3-5 kalimat.

8. Kesimpulan (penutup) yang memukau

Tulisan yang baik selalu terdiri dari pembukaan, isi dan penutup. Maka dari itu anda harus bisa menarik emosi mereka pada bagian ini. Bahkan sangat disarankan agar efek emosionalnya berlipat ganda.

Tarik mereka dengan kata-kata yang jelas tentang tindakan selanjutnya. Atau anda bisa menyelipkan kata-kata permintaan untuk mereka berkomentar. Bahkan jangan tinggalkan artikel terkait di bawah postingan supaya mereka lari pada postingan tersebut.

9. Sub judul tekadang efektif

Pengunjung sangat ingin apa yang dibacanya jelas dan terstruktur dengan rapi. Dalam hal ini pisahkan konten anda dengan sub judul. Bagaimanapun juga konten dengan jenis daftar lebih anda sukai dan pengunjung senangi.

Terlebih lagi kalau konten anda sangat panjang maka sub judul dengan huruf tebal, lebih besar akan memudahkan mereka mengambil ide pokoknya. Jika memungkinkan ubah warna sub judul dengan warna yang berbeda agar mudah diingat oleh pengunjung.

Ketika pengunjung merasa dimuliakan maka besar kemungkinan lalu lintas terhadap mereka akan kembali.

10. Gaya bahasa yang mempesona

Meskipun psotingan anda sangat berkualitas dengan berbagai informasi yang berkelas. Namun demikian jangan salahkan pengunjung jika mereka tidak betah membaca.
Ketahui juga bahwa gaya bahasa menjadi isyarat tentang kredibilitas dan aksebilitas. Penyusunan kalimat yang mengikuti pola baku mengundang mereka tidak responsif dan terpukau.

Coba anda lihat gaya bahasa setiap blogger profesional mereka memiliki ciri khas tersendiri dalam menyusun kalimat. Anda harus belajar dari mereka dan muncul dengan gaya bahasa baru yang inovatif.


11. Membangu jaringan komunikasi

Siapapun anda tetap saja untuk menjadi besar dan dikenal anda harus berhubungan dengan orang lain. Silahkan bangun komunikasi dengan blogger lain yang memiliki bidang yang sama. Dengan begitu anda bisa berbagi wawasan dan pengalaman baru. Selain itu peluang mendapatkan pengikut dan kontributor sangat terbuka mengingat anda dan dia sangat membutuhkan.

Jika jaringan komunikasi ini berjalan dengan baik maka bukan tidak mungkin pengunjung akan membaca hingga komentar terakhir pada postingan anda.

Kesimpulannya, menyadari sesuatu yang dibutuhkan pengunjung akan menjadikan kelemahan blog anda terbongkar. Oleh karena itu jangan abaikan setiap detail bagian blog anda yang cenderung tidak anda sukai. Dengan mengetahui kekurangan tersebut saya yakin anda bisa memaksa pengunjung tetap bertahan lama dan ingin kembali lagi melihat postingan anda selanjutnya.

Kami mengharapkan artikel 11 Cara Lembut Memaksa Pengunjung Blog Tetap Bertahan bisa Anda bagikan melalui media sosial di atas. Terima kasih

« Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya »
Next Post »
Mas Hartarto

Perkenalkan nama saya Mas Hartarto, admin dari SinarBlogging.net. Seorang blogger kampung yang suka berbagi informasi tentang tips menulis, dan tips blogging dan informasi lain yang terkait

2 Comments:

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih