Home » , » 7 Tips dan Cara Berkomentar yang Baik dan Benar di Blog Orang Lain

7 Tips dan Cara Berkomentar yang Baik dan Benar di Blog Orang Lain

Tidak dapat dipungkiri bahwa aktifitas berkomentar diblog sangat dibutuhkan untuk membangun komunikasi dengan pemilik blog / situs. Memang bukan hal yang paling utama untuk mengembangkan blog supaya sukses. Namun demikian hal ini sangat disarankan oleh para blogger profesional terlebih lagi jika anda bisa meninggalkan jejak berupa link ke blog anda.

Masalahnya tidak semua blogger mengerti cara berkomentar yang baik dan benar. Akibatnya mereka hanya bisa menulis komentar dengan label plagiat atau spam karena tidak mengandung pembelajaran sama sekali. Padahal komentar seperti ini tidak akan membuat anda dikenal dengan kualitas. Bahkan yang paling parah anda bisa dikatakan pembaca atau blogger pemula yang tidak memiliki kompetensi. Di samping itu juga Google tidak menyukai cara berkomentar seperti ini.

Meskipun demikian jangan berpikir untuk berhenti memberikan komentar diblog orang lain. Bagaimanapun juga anda membutuhkan teknik blogwalking untuk menjadikan blog lebih besar dan memiliki merek dagang.


7 Tips dan Cara Berkomentar yang Baik dan Benar di Blog Orang Lain

Tips dan cara berkomentar yang baik dan benar di blog




1. Perhatikan peraturan berkomentar dari pemilik blog

Peraturan berkomentar telah menjadi bagian dari halaman postingan blog. Banyak pemilik blog yang memberikan peraturan tentang tata cara berkomentar yang diperbolehkan di atas kotak komentar. Tujuannya jelas supaya pembaca dapat memberikan komentar yang tertarget dan berkualitas. Dengan begitu anda menciptakan diskusi yang bersifat positif.

Meskipun bukan bagian dari materi artikel tidak ada salahnya anda membaca peraturan ini sebelum berkomentar. Hargailah pemilik blog dengan memperhatikan peraturan yang dibuat. Dengan begitu anda bisa menjadi blogger yang cerdas.

2. Usahakan anda menyebutkan nama

Sebelum berkomentar tentu pemilik blog akan melihat nama anda sebagai identitas diri. Meskipun sederhana kenyataannya nama mencerminkan siapa anda dan bagaimana anda akan ditemukan. Jika pemilik blog merasa kesulitan untuk mengenali diri anda maka besar kemungkinan komentar anda tidak akan diapprove (diterima).

Oleh karena itu jangan malu untuk menyebutkan nama ketika memberikan komentar. Anda bisa memberikan nama Google+ sebagai tanda pengenal. Namun jika anda sedang berkomentar pada situs yang memakai CMS Wordpress maka anda menuliskan nama asli. Meskipun demikian sangat disarankan anda menyelipkan link situs menuju blog anda pada nama tersebut.

3. Berkomentar dengan kalimat yang baik dan sopan

Sebenarnya komentar yang anda berikan mengandung pengertian tertentu tentang sifat dan kepribadian. Bagaimana tidak, kalimat yang anda gunakan mencerminkan keterampilan anda memahami materi yang telah anda baca.

Maka dari itu sebaiknya anda memberikan komentar dalam kalimat yang baik dan sopan. Mengapa?

Karena dalam kasus ini anda sedang membangun jaringan pertemanan dengannya. Kesan pertama yang harus anda munculkan adalah anda memiliki kepribadian yang baik dan sopan santun dalam berbicara. Jika anda konsisten memberikan komentar dengan cara ini saya rasa respon mereka bisa memberikan solusi bagi masalah blogging anda.

4. Maksimalkan jenis komentar yang diperlukan

Dalam memberikan komentar tentu ada beberapa jenis maksud yang terkandung di dalam tulisan tersebut. Merupakan hal yang menarik manakala anda bisa memberikan komentar yang membuat penulis atau pengunjung lain merasa terbantu.

Jadi, anda tinggal pilih jenis komentar yang dibutuhkan, bisa berupa pertanyaan atau menambahkan poin penting berikutnya yang terlupakan penulis. Atau anda bisa memberikan komentar dengan memberikan penjelasan lebih matang tentang materi yang dibicarakan. Dengan begitu penulis akan merasa senang dan bisa berlanjut pada kerja sama membangun blog menjadi sukses.

5. Hindari komentar SPAM

Memang berkomentar diblog orang lain adalah salah satu cara mencari backlink. Istilah dari nama ini adalah blogwalking.

Meskipun hal ini sangat penting untuk kemajuan blog dalam meraih lalu lintas organik dari mesin pencari, bukan berarti anda melakukan komentar yang cenderung bersifat spam. Komentar spam adalah jenis komentar yang tidak berkualitas pada mesin pencari.

Diantara komentar spam adalah ” Nice post”, “Terima kasih, gan”, “Artikel anda sangat membantu gan”,  “ulasan anda benar-benar cerdas, gan”. Dan lain sebagainya.

Komentar jenis ini termasuk komentar yang bisa diterapkan pada semua jenis tulisan blog tanpa memandang topik yang dibahas. Jadi, komentar ini tidak mencerminkan materi yang dibahas. Akibatnya tidak ada respon lagi yang bisa dikatakan kecuali ucapan “terima kasih kembali”, “sama-sama, gan” dan lain-lain. Jika anda tidak menghindari komentar negatif ini saya khawatir blog anda akan terkena dampak pinalty Google.

6. Gunakan kata-kata yang mudah dipahami

Untuk tujuan menjalin pertemanan anda tidak bisa mendaratkan komentar dengan kata-kata yang sulit dimengerti. Beberapa orang mungkin mengetahui maksud dari istilah yang anda tulis. Namun demikian apakah anda harus memaksa penulis dan pengunjung lain berpikir 2 kali tentang apa yang anda tulis? Jangan membuat mereka susah! Lebih baik anda gunakan istilah yang mudah dimengerti oleh semua orang.

Contoh: diaplikasikan menjadi diterapkan, direkomendasikan menjadi disarankan

Meskipun begitu anda masih bisa menggunakan kata-kata yang membuat unik dan menarik, asalkan memang kata-kata yang telah mereka ketahui. Jadi, jangan terpaku pada pola penulisan sewaktu masih disekolah dulu karena pola seperti itu sudah tidak menarik bagi pengguna internet.

7. Hindari ajakan untuk berkunjung balik

Saya mengerti bahwa setelah memberikan komentar, anda berharap mereka akan berkunjung balik ke blog yang anda kelola. Meskipun diperbolehkan, tetapi saya menyarankan jangan sekali-kali mengajak mereka secara terang-terangan.

Ajakan seperti ini sebenarnya mengandung maksud bahwa blog anda masih dalam tahap awal atau mungkin tidak berkualitas. Sehingga memerlukan ajakan langsung melalui tulisan.

Sebenarnya jika anda memberikan komentar yang baik dan berkualitas pemilik blog / website bisa terbujuk untuk pergi berkunjung balik. Bahkan jika anda dapat memberikan ulasan yang mendalam bukan tidak mungkin pemilik blog akan menantikan komentar anda selanjutnya. Jadi, jangan terlalu aktif menyerang pemilik blog dengan permintaan yang berlebihan.

Kesimpulannya, mungkin anda telah mengerti bahwa memberikan komentar yang baik baru bisa tercapai setelah membaca dan memahami materi postingan. Meskipun membutuhkan waktu tidak ada salahnya anda berjuang untuk membaca. Dengan begitu anda bisa memberikan komentar yang baik dan benar bahkan mungkin anda mendapatkan ide artikel terbaru atau kunjungan balik dari pemilik situs.

Kami mengharapkan artikel 7 Tips dan Cara Berkomentar yang Baik dan Benar di Blog Orang Lain bisa Anda bagikan melalui media sosial di atas. Terima kasih

« Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya »
Next Post »
Mas Hartarto

Perkenalkan nama saya Mas Hartarto, admin dari SinarBlogging.net. Seorang blogger kampung yang suka berbagi informasi tentang tips menulis, dan tips blogging dan informasi lain yang terkait

5 Comments:

  1. lalu bagai mana caranya memberitahu bahwa artikelnya memang bagus bang, mohon penjelasannya bang,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Artikel yang bagus setidaknya bersifat informasi, bermanfaat, atau bisa meringankan masalah pembaca. saya kira itu.

      Hapus
  2. sebelumnya saya minta maaf, kalo saya meninggalkan komentar aktif dengan link.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya tidak ada aturan baku untuk berkomentar pada sebuah blog atau website. Namun yang penting coba perhatikan komentar Agan apakah kira-kira komentar tersebut bisa diterapkan untuk semua jenis artikel. Jika terindikasi "Ya" maka tandanya komentar tersebut bisa masuk kategori spam. Jadi, hindari komentar seperti "artikelnya bagus, gan", "wah, menarik, gan", dan lain-lain.

      Hapus

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih