Home » » 3 Alasan Dasar Aktivitas Blogging Dikatakan Tidak Mudah

3 Alasan Dasar Aktivitas Blogging Dikatakan Tidak Mudah

Tidak dapat dipungkiri bahwa mengelola blog membutuhkan kerja keras dan kerja cerdas. Makanya tidak heran jika berbagai usaha dipelajari demi mencapai kesuksesan tersebut. Bahkan bisa jadi harus mengeluarkan biaya mahal untuk membeli ebook-ebook yang berkaitan dengan tips menulis, tips blogging, tips monetisasi dan tips membangun backlink dan daftar email marketing.

Sayangnya meskipun semua itu telah dilakukan belum dapat menjamin aktifitas blog akan berjalan lancar. Masalah muncul karena dalam beberapa kasus sering kali blogger pemula merasa kepayahan dalam mengelolanya. Ini tidak heran mengingat seorang blogger merupakan profesi yang jam kerjanya bisa melebihi karyawan kantor.

3 Alasan Dasar Aktivitas Blogging Dikatakan Tidak Mudah

Inilah alasan dasar aktivitas blogging dikatakan tidak mudah


1. Menulis dan mempublikasikan artikel secara rutin

Untuk mengembangkan blog supaya memiliki informasi yang banyak dan mendetail maka keberadaan konten blog menjadi acuannya. Bagaimana tidak, artikel di dalam blog merupakan berita yang paling dicari para pengunjung. Makanya tidak heran jika aktifitas menulis harus terus berlanjut.

Menulis artikel bisa dikatakan tidak mudah. Dibutuhkan konsentrasi dan fokus supaya menghasilkan tulisan yang baik dan berkualitas. Tanpa hal itu artikel hanya berupa rangkaian kata-kata tanpa kesan dan rasa puas untuk pembaca. Maka dari itu sudah semestinya pemilik blog harus terus memperbaharui konten blognya dengan artikel terbaru yang unik, menarik dan informatif.

Namun begitu tidak semua blogger bisa konsisten mempublikasikan artikel dengan terjadwal. Kondisi fisik dan psikologi bisa mempengaruhi hal tersebut, tetapi tidak jarang juga kesibukan dalam dunia nyata menjadikan waktu untuk menulis semakin sempit. Inilah yang menjadikan mempublikasikan artikel sedikit tersendat.

2. Konsisten mencari backlink

Belajar dari kesalahan tentu membuat pengalaman anda semakin berkembang lebih baik. Dalam kaitannya dengan mengelola blog hal ini juga berlaku.

Mungkin anda pernah menulis artikel tanpa memperdulikan backlink untuk situs, kemudian lihat apa yang terjadi. Peringkat blog di mesin pencari menjadi rendah sehingga lalu lintas pengunjung tidak maksimal atau sepi pembaca.

Mengatasi hal ini tidak ada jalan lain sebagai alternatif utama selain mencari backlink. Ada beragam cara mencari backlink berkualitas seperti guest blogging. Selain itu masih ada blogwalking dan aktif di situs forum-forum.

Masalahnya mencari backlink membutuhkan strategi yang benar. Mulai dari menulis artikel yang baik dan menarik, berkomentar pada blog orang lain dengan benar atau menanam backlink pada situs forum atau situs tanya jawab. Tentu saja hal ini tidak bisa dilakukan secara ekstrim dalam waktu sehari. Namun harus dilakukan rutin sedikit demi sedikit agar tidak terdeteksi spam oleh mesin pencari.

3. Konsistensi mencari atau membuat gambar untuk postingan

Bagaimana pun juga kekuatan gambar bisa menjelaskan informasi dan berita yang tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata. Karena itu keberadaan gambar sangat penting menunjang rasa ketertarikan pengunjung untuk membaca. Coba bayangkan jika setiap postingan blog anda tidak ada gambar pasti para pembaca akan bosan dan merasa susah untuk memahami dalam waktu singkat.

Berita baiknya sekarang ini telah banyak situs yang menyediakan gambar yang bisa digunakan secara bebas untuk tujuan apapun baik situs pribadi atau situs komersil. Ribuan gambar dan foto yang disediakan pun mencakup beragam topik sehingga hal ini memudahkan para blogger.

Meskipun begitu terkadang anda akan kesulitan menemukan gambar atau foto yang mencerminkan ringkasan materi artikel. Dalam keadaan ini tidak ada jalan lain kecuali anda harus membuat gambar dengan ide kreatif sendiri. Membuat gambar tentu tidak mudah jika targetnya menarik rasa kepuasan pembaca. Oleh karena itu konsisten mencari atau membuat gambar menjadikan aktifitas blogging tidak bisa dikatakan mudah.

Kesimpulannya, terlepas dari keinginan kuat anda menjadi blogger yang sukses dan menghasilkan uang. Ternyata bukan perkara mudah untuk mencapainya. Maka dari itu aktifitas blogging tidak akan berjalan pada jalur yang tepat tanpa konsisten pada 3 hal tersebut.

Kami mengharapkan artikel 3 Alasan Dasar Aktivitas Blogging Dikatakan Tidak Mudah bisa Anda bagikan melalui media sosial di atas. Terima kasih

« Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya »
Next Post »
Mas Hartarto

Perkenalkan nama saya Mas Hartarto, admin dari SinarBlogging.net. Seorang blogger kampung yang suka berbagi informasi tentang tips menulis, dan tips blogging dan informasi lain yang terkait

0 Comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih