Home » , » Kriteria Anda Layak Menjadi Penulis Lepas Dibayar

Kriteria Anda Layak Menjadi Penulis Lepas Dibayar

Anda memiliki kriteria sebagai penulis lepas dibayar? Apakah anda berharap orang lain mau membeli artikel yang anda tulis?

Memang memiliki keahlian sebagai penulis artikel memang sesuatu yang istimewa. Bagaimana tidak, dengan keterampilan menulis yang baik anda bisa menghasilkan uang dari menjual artikel tersebut. Apalagi diinternet kebutuhan artikel bisa dibilang terus datang. Ini dibuktikan dengan banyak bermunculan website atau blog pribadi yang pengelolanya masih pemula.

Perlu anda tahu bahwa seorang penulis artikel sebaiknya memiliki kriteria. Kriteria ini tidak mengacu pada banyaknya jumlah kata yang bisa ditulis. Namun jauh dari itu kriteria yang saya maksud mengacu pada keterampilan menulis artikel yang baik sesuai dengan ejaan bahasa yang benar. Selain itu keunikan sebuah artikel dan kualitasnya merupakan hal yang wajib anda lakukan jika mau menjadi penulis online dibayar.

Mungkin anda telah mengetahui bahwa ada banyak jasa penulis artikel diinternet. Mereka berlomba-lomba menawarkan jasa menulisnya untuk mengisi konten blog orang lain. Meskipun begitu kenyataannya sebagian mereka tidak layak membuka jasa jual artikel, mengapa? Karena mereka tidak memiliki kriteria seorang penulis lepas.

Kriteria Anda Layak Menjadi Penulis Lepas Dibayar

Kriteria menjadi penulis lepas dibayar


1. Senang dan bahagia dengan hobi menulis

Pada hakikatnya menulis bukanlah tentang bakat atau keturunan. Jadi, jangan takut jika anda berkeinginan menjadi penulis artikel lepas dibayar. Siapapun anda jika tidak senang dengan dunia kepenulisan tidak akan pernah bisa menjadi penulis hebat dan sukses. Banyak penulis hebat berawal dari hobi dan kebiasaan menulis.

Oleh karena itu jangan berpikir tentang uang jutaan dulu sebelum anda mencintai dunia tulisan. Jika anda melakukan ini maka ide inspirasi menulis anda akan hilang dan susah untuk kembali.

2. Mampu menghasilkan artikel unik

Kriteria terpenting menjadi penulis lepas dibayar adalah hasil tulisan. Seorang penulis online dibutuhkan kerja cerdas dalam melayani pelanggannya. Ini bisa terlihat dari tulisan yang dipesan. Jika artikel tersebut memiliki keunikan dan bebas dari unsur copy paste maka ini yang diharapkan.

Namun begitu jika tidak memungkinkan demikian karena alasan dan pertimbangan sehingga hanya bersifat tulis ulang (re-writing) maka usahakan artikel tersebut tetap unik baik dari segi penggunaan kata-kata, penyampaian kalimat atau gaya penulisan yang berbeda. Jika hal ini bisa anda lakukan kepada pelanggan maka anda memiliki keriteria pasti untuk menjadi penulis lepas dibayar.

3. Siap memikul tanggung  jawab

Secara umum sebenarnya setiap aktifitas atau pekerjaan memiliki tanggung jawab. Begitu juga keadaannya seorang penulis artikel lepas. Tanpa adanya tanggung jawab maka kepercayaan seorang pelanggan akan hancur. Akibatnya anda tidak bisa loyalitas pelanggan untuk terus menggunakan jasa anda. Ketika hal itu terjadi maka peluang anda menghailkan uang dari mereka akan berhenti.

Oleh karena itu tetapkan niat yang baik dan benar jika anda memutuskan menjadi penulis artikel dibayar. Usahakan anda jujur tentang kemampuan menulis yang anda miliki. Jangan sampai anda membohongi pelanggan dengan janji-janji palsu karena membangun kepercayaan pelanggan tidak semudah ketika menghancurkannya. Untuk memudahkan poin ini sebaiknya anda memiliki sistem kontrak yang pasti dengan pelanggan.

4. Terus berusaha meningkatkan kemampuan menulis

Terlepas dari respon pelanggan yang memuji kualitas artikel anda, tetap saja anda harus terus meningkatkan kemampuan menulis menjadi lebih baik, kreatif, dan inovatif. Mungkin anda menyadari sesuatu bahwa gaya penulisan seorang penulis adalah berbeda-beda. Meskipun demikian yang jadi masalah adalah jika gaya penulisan anda tidak mengalami inovasi.

Pada dasarnya gaya penulisan artikel yang anda tawarkan bisa dikenali setelah mereka menerima 10-20 buah artikel. Jika anda tidak bisa berkreasi menghadirkan gaya penulisan yang baru atau lain maka kualitas artikel anda semakin lemah. Akibatnya pelanggan anda akan bosan dan kemungkinan lari mencari jasa penulis lepas yang lain.

Karena itulah sering-seringlah membaca buku, ebook, majalah, koran atau tulisan orang lain. Jika memungkinkan dengarkan juga siaran berita formal atau berita unik. Dengan begitu anda bisa menemukan gaya penulisan baru untuk diterapkan pada tulisan anda selanjutnya.

5. Penguasaan materi yang ditulis

Salah satu cara menyakinkan pelanggan agar mau menggunakan jasa tulisan anda adalah anda menguasai materi yang akan ditulis. Memang penguasaan materi bisa dipengaruhi oleh hobi, minat, pekerjaan, atau yang lain. Namun begitu jika anda bisa memahami dan mengerti apa yang anda tulis maka itu sudah cukup memenuhi keriteria sebagai penulis dibayar.

Ketika materi telah anda kuasai dan pahami maka anda bisa menyusun artikel dengan lebih mudah. Terlebih lagi kalau anda sudah memiliki gaya penulisan yang inovatif kecil kemungkinan anda tidak bisa menghasilkan artikel yang unik dan berkualitas. Jika sudah begitu tinggal menunggu waktu pelanggan akan loyal dan menggunakan jasa anda.

6. Yakin dan percaya diri

Berkaitan dengan membuka jasa penulis dibayar saya rasa hal itu tidak jauh berbeda ketika membuka usaha bisnis lainnya. Masalah yang sering dihadapi adalah rasa takut dan kurang percaya diri ketika menghadapi pelanggan pertama. Meskipun begitu bukan jalan terbaik jika dengan hal ini anda menyerah kalah.

Anda harus menyakini bahwa kesuksesan tidak bisa diraih dengan jalan mudah tanpa halangan dan rintangan. Orang kalah berpikir untuk lari dari masalah, tetapi seorang pemenang berpikir hal itu sebagai tantangan. Jadi, lipatgandakan keyakinan dan rasa percaya diri anda untuk menjadi penulis.

Untuk memudahkan fase ini sebaiknya anda mulai dengan menulis artikel yang paling anda anggap berkualitas. Dengan demikian rasa yakin dan percaya diri akan  terus bersemi seiring dengan respon pelanggan yang puas.

Kesimpulannya, memang tidak mudah menjadi menjadi penulis. Anda membutuhkan tekad dan dan semangat yang kuat untuk merintisnya. Namun jika anda telah memiliki 5 kriteria penulis lepas dibayar di atas maka besar kemungkinan jasa penulisan artikel anda akan ramai dan pelanggan puas.

Kami mengharapkan artikel Kriteria Anda Layak Menjadi Penulis Lepas Dibayar bisa Anda bagikan melalui media sosial di atas. Terima kasih

« Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya »
Next Post »
Mas Hartarto

Perkenalkan nama saya Mas Hartarto, admin dari SinarBlogging.net. Seorang blogger kampung yang suka berbagi informasi tentang tips menulis, dan tips blogging dan informasi lain yang terkait

2 Comments:

  1. Wah susah juga jadi penulis ya mas. Saya rasa masnya cocok jadi penulis lepas dibayar, karna tulisan mas menurut saya unik dan keren

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas sanjungannya. Meskipun begitu saya lebih suka menulis untuk blog pribadi saja. Adapun menjadi penulis lepas dibayar masih belum mau terjun ke sana. Mungkin suatu saat Mas Niko sendiri yang bisa menjadi penulis lepas dibayar, siapa tahu,kan?

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih