Home » » Jawaban Cerdas Tentang Makna dari Arti Apa itu Sukses

Jawaban Cerdas Tentang Makna dari Arti Apa itu Sukses

Berbicara tentang sukses rasanya setiap orang pasti mengingingkannya. Makanya tidak heran jika berlomba-lomba orang ingin segera mencapai kesuksesan.

Memang bukan hal mudah untuk menapaki jalan menuju puncak kesuksesan. Diperlukan kerja keras dan pengorbanan untuk meraihnya.

Meskipun demikian ternyata ada perbedaan pendangan tentang pengertian sukses. 


Mengapa?

Sebagian orang menganggap tolak ukur kesuksesan adalah kekayaan, dan kedudukan. Bagaimana tidak dengan kekayaan seseorang bisa membeli barang-barang yang mahal dengan brand-brand terkenal. Apalagi untuk jalan-jalan keluar negeri ke berbagai negara bukan angan-angan lagi.

Sedangkan dengan kedudukan yang tinggi seseorang akan dihormati banyak orang. Bahkan bisa jadi masyarakat akan sungkan untuk membuat anda bekerja kelelahan atau merepotkan. Makanya tidak heran jika setelah tujuan kekayaan tercapai langkah selanjutnya adalah mencari kedudukan yang tinggi dimasyarakat.

Sayangnya jika mengacu pada kekayaan maka pengedar narkoba termasuk orang yang kaya. Penghasilan mereka bisa mencapai ratusan juta bahkan miliaran dalam satu bulan. Terlebih lagi mereka tidak perlu kerja keras untuk mewujudkannya. Sehingga hal ini seharusnya cukup menjadi alasan untuk hidup yang bahagia.

Namun demikian coba lihat konsekuensinya!


Meskipun mereka kaya dan banyak memiliki barang berharga tetap saja hidup mereka tidak tenang. Mengapa?

Pada hakikatnya mereka sering dirundung kecemasan dan ketakutan jika melihat polisi dalam jarak dekat. Mereka khawatir kalau pekerjaannya terungkap maka jeruji besi siap menjadi pelabuhan selanjutnya.

Memang dalam beberapa kasus gembong pengedar narkoba adalah tahanan polisi. Mereka mengendalikan transaksi narkoba melalui ruangan yang mereka tempati. Meskipun mereka melakukan hal itu, tetapi kenyataannya mereka tidak bisa menikmati jerih payah mereka dalam keadaan bebas, aman dan nyaman.

Begitu juga jika mengacu pada kedudukan yang tinggi. Lihat betapa banyak orang dengan kedudukan yang tinggi baik dimasyarakat atau instansi negara memilih jalan yang salah.

Mereka seringkali menyalahgunakan kekuasaannya untuk kepentingan dirinya sendiri. Masalah muncul jika apa yang dilakukannya tidak mendapatkan respon positif dari masyarakat. Maka anda akan lihat cara pandang masyarakat terhadapnya dengan tatapan kesal, benci, marah, takut dan lain-lain.

Bahkan yang lebih mengerikan jika mereka tidak bisa mengendalikan keadaan ini maka masyarakat akan menjauhi mereka dan tidak ingin berjumpa dengannya atau sekedar bertegur sapa.

Dengan analogi seperti ini rasanya tolak ukur kesuksesan karena kekayaaan dan kekuasaan atau kedudukan adalah tidak benar.

Jawaban Cerdas Tentang Makna dari Arti Apa itu Sukses

Kalau begitu apa makna dari arti sukses yang sebenarnya?


Mengenai tolak ukur kesuksesan saya lebih condong dengan ilmu pengetahuan dan jiwa sosial.

Dengan ilmu pengetahuan yang luas anda menjadi bagian dari masyarakat yang kehadirannya sangat ditunggu-tunggu. Terlebih lagi jika anda memiliki kebijaksanaan dalam berbicara maka bukan tidak mungkin secara psikologi masyarakat akan lebih hormat. 

Mungkin anda pernah menyaksikan kisah nyata tentang pencarian seseorang yang memiliki keterampilan hebat (mesin, memasak, menulis, dan lain-lain) meskipun alamatnya sulit ditemukan. Mereka mencarinya karena ketertarikannya terhadap kemampuan yang dimilikinya. Sehingga tidak heran jika kelelahan yang mereka rasakan sebagai kebanggaan dan pengalaman berarti. Itulah bentuk kesuksesan yang berdampak pada orang disekitarnya.

Dengan metode seperti ini maka seorang pembuat aplikasi atau sofware yang berguna bagi pengguna internet secara otomatis masuk di dalamnya. Bahkan seorang guru menjadi yang terdepan dalam hal mengarahkan para pelajarnya menjadi manusia yang sukses.

Begitu juga dengan jiwa sosial yang layak dimasukkan sebagai tolak ukur kesuksesan. Anda tidak bisa dikatakan sukses sebelum membantu orang lain yang mengalami kesulitan atau ditimpa kesedihan.

Jiwa sosial tidak dimiliki begitu saja oleh semua orang. Meskipun secara alami orang terlahir dengan jiwa kebaikan. Namun terbentuknya jiwa sosial harus melalui proses pembelajaran dan pengorbanan.

Jika anda bisa menyebarkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat dan memiliki jiwa sosial untuk masyarakat maka anda layak masuk kategori orang yang sukses. Apakah anda setuju dengan makna dari arti "Apa itu sukses?" di atas?

Kami mengharapkan artikel Jawaban Cerdas Tentang Makna dari Arti Apa itu Sukses bisa Anda bagikan melalui media sosial di atas. Terima kasih

« Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya »
Next Post »
Mas Hartarto

Perkenalkan nama saya Mas Hartarto, admin dari SinarBlogging.net. Seorang blogger kampung yang suka berbagi informasi tentang tips menulis, dan tips blogging dan informasi lain yang terkait

2 Comments:

  1. Numpang share info lomba gan. Yang mau mencoba kemampuan ngeblog, monggo dicoba lombanya, Yang dinilai KUALITAS CONTENT YANG DIBUAT jadi siapa aja yang emang jago nulis sama bikin postingan blog bagus punya kesempatan untuk menang.

    Link Lomba : https://www.elevenia.co.id/lomba-blog

    Hadiah-Hadiah
    Juara 1 : Uang Tunai Rp. 10.000.000
    Juara 2 : Uang Tunai Rp. 7.000.000
    Juara 3 : Uang Tunai Rp. 5.000.000
    Juara Kategori : Uang Tunai masing-masing Rp. 1.000.000 untuk 8 Pemenang.

    Note : Lomba TIDAK dipungut biaya.

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih