Tips Jenius Cara Menghemat Kuota Internet bagi Anda yang Sibuk Blogging

Salah satu kunci keberhasilan membangun dan mengelola blog adalah ketersediaan kuota internet yang memadai. Memang dalam hal ini anda bisa menggunakan jaringan di rumah anda. Namun bagaimana jadinya jika anda baru membangun blog? Pasti pengeluaran anda akan lebih besar tanpa bisa ditutupi oleh hasil blogging anda.

Saya menyadari bahwa sebagai blogger pemula ada banyak hal yang harus diketahui dengan segera. Maka dari itu proses browsing-browsing mencari berbagai informasi sangat sering dilakukan. Selain itu aktifitas blogwalking dan mencari backlink bisa jadi menguras kuota internet . Apalagi untuk melihat video tutorial dari youtube yang terkadang harus dalam format besar (360-720 pixel) agar terlihat lebih jelas. Sehingga tidak heran jika dalam sebulan kuota 3-6 GB tidak cukup untuk blogging.

Terlepas dari tingginya motivasi dan visi misi anda dalam dunia blogging tidak seharusnya anda bersikap boros dalam urusan kuota internet. Perlu tips atau cara agar selama anda blogging tidak menguras uang untuk membeli kuota internet. Lalu bagaimana strateginya?

Tips Jenius Cara Menghemat Kuota Internet bagi Anda yang Sibuk Blogging

Inilah tips menghemat kuota internet bagi para blogger


1. Tulis draf postingan secara offline

Untuk sukses mengelola blog keberadaan konten menjadi sangat penting. Makanya seorang blogger harus rajin posting artikel agar isi blog cepat banyak.

Sebelum posting tentu langkah pertamanya adalah anda harus selesai menulis artikel terlebih dahulu. Untuk menghasilkan tulisan biasanya dibutuhkan referensi artikel dari blog orang lain. Dalam kasus ini maka tidak ada jalan lain kecuali melakukan browsing-browsing agar menemukan inti materi yang dibutuhkan.

Agar kuota internet anda hemat usahakan matikan koneksi internet setelah anda berhasil menemukan situs blog sebagai referensi tulisan. Jangan sampai anda hidupkan koneksi internet sampai anda menyelesaikan tulisan tersebut.

Ini sangat penting karena dalam proses menulis artikel biasanya membutuhkan waktu yang relatif lama. Bahkan bagi sebagian orang menulis artikel 1000 kata bisa menghabiskan waktu sekitar 1,5-3 jam. Tentu akan memboroskan kuota internet jika anda tidak mematikan koneksi dalam jangka waktu tersebut. Jadi, tulislah konten artikel pada saat offline saja.

2. Bookmark situs website yang penting

Dlam dunia blogging tentu ada situs website atau blog yang menjadi penting untuk dibuka setiap kali anda online. Diantara situs tersebut antara lain Blogger.com, Gmail.com, Google Webmaster Tool, Google Trends, Google Adwords Keyword Planner, Wordpress.org, Situs Longtail Keyword, Facebook.com, Twitter.com, Google Analytic, Plagiarism Checker, dan lain-lain.

Tentu bukan hal mudah untuk mengingat alamat URL dari berbagai situs di atas. Memang sekali anda browsing kata kunci pada kolom pencarian Google, Bing atau Yahoo maka akan terlihat link dari situs tersebut. Namun demikian anda bersifat boros jika melakukan aktifitas hal ini setiap kali online. Bagaimana jika setiap hari selalu berjalan seperti ini? Pasti kuota internet anda tidak efektif menjadikan anda kreatif.

Maka dari itu sebaikanya anda menyimpan berbagai alamat situs website atau blog yang penting dengan melakukan bookmark pada PC atau laptop. Dengan begitu anda bisa langsung masuk ke alamat yang dituju tanpa melewati langkah yang sebenarnya tidak penting dan menguras kuota internet.

Jangan khawatir karena anda bisa bookmark hingga puluhan situs. Jadi, manfaatkan perangkat browser Mozilla Firefox atau Google chrome anda dengan maksimal.

3. Hindari menonton video tanpa kontrol

Memang tidak dipungkiri untuk mengetahui cara penggunaan sesuatu video tutorial menjadi pilihan yang efektif. Bahkan metode ini bisa lebih efektif dari sekedar tutorial dalam bentuk tulisan.

Sayangnya sebagian orang tidak bisa mengontrol diri dalam melihat video secara online. Akibatnya kuota internet habis untuk aktifitas ini. Memang ada video yang harus anda tonton agar pengetahuan blogging anda meningkat. Namun tidak jarang pula ada video yang sekedar membuat anda ingin saja melihatnya.

Berkaitan dengan hal ini lebih baik anda memiliki filter (pemisah) antara video yang membuat anda produktif atau video yang membuat anda terhibur. Jangan sampai anda berkorban kuota internet untuk tidak mendapatkan pengetahuan yang penting untuk blog anda. Jika hal ini sulit anda lakukan maka silahkan tonton video yang menghibur dari perangkat smartphone.

4. Batasi penggunaan kuota data internet

Agar rencana anda menghemat kuota internet berjalan efektif ada baiknya anda memiliki batas kuota internet dalam sehari. Pembatasan ini memungkinkan anda memiliki tujuan yang jelas ketika sedang online. Coba bayangkan jika kuota internet tidak anda batasi maka anda akan berpikir semua situs yang menarik bisa anda buka semuanya.

Mungkin hal ini bisa anda lakukan jika jaringan internet berbentuk Wifi. Namun pada kenyataannya banyak blogger pemula yang menggunakan kartu internet sebagai jalan mudah dan murahnya.

Jadi, jika anda hanya mampu menyediakan kuota data internet Indosat IM3 atau Mentari, paket data 3, atau Axis sekitar 3 GB atau 6 GB atau 8 GB perbulan silahkan bagi menjadi 30-31 hari. Jika perbulan anda hanya menyediakan 3 GB maka dalam sehari rata-rata kuota internet anda sekitar 100 MB. Jadi, bijaklah menggunakannya dalam sehari semalam. Dengan begitu dalam setiap hari anda bisa melakukan prediksi hal apa saja yang paling utama dikerjakan.

Saya menyadari bahwa kuota internet adalah bagian penting bagi para blogger. Namun kesalahan memanfaatkan besarnya kuota yang ada menjadikan blog dan diri anda tidak berkembang secara maksimal. Meskipun demikian jika anda bisa menerapkan tips menghemat kuota internet di atas maka usaha blogging anda akan berjalan lurus, terstruktur dan menghasilkan pencapaian yang mencengangkan.

0 Comment:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Terima kasih