Home » » Hindari 9 Faktor yang Menghambat Kesuksesan Bisnis bagi Pebisnis Pemula

Hindari 9 Faktor yang Menghambat Kesuksesan Bisnis bagi Pebisnis Pemula

Untuk memulai atau membangun sebuah bisnis supaya sukses pasti dipengaruhi beberapa faktor penting. Bagaimana tidak, anda tidak sekedar butuh keberuntungan atau peluang emas untuk sukses. Namun anda perlu kerja keras dan kerja cerdas untuk berhasil.

Di sisi lain cara pandang untuk meraih kesuksesan dalan berbisnis sangat beragam. Sebagian orang merasa sangat optimis karena punya strategi yang jelas dan akurat untuk dijalankan. Sedangkan sebagian yang lain masih meraba-raba jenis strategi apa yang terbaik untuk dilakukan. Sehingga dari 2 keadaan ini bisa menghasilkan prestasi bisnis yang berbeda pula.

Jika anda mengalami masalah tentang strategi bisnis anda ada baiknya anda menghindari faktor-faktor yang menghambat kesuksesan bisnis anda. Dengan begitu anda tidak terjebak pada situasi yang tidak jelas untuk melangkah maju.

Hindari 8 Faktor Penghambat Kesuksesan Bisnis bagi Pemula

Faktor Penghambat Kesuksesan Bisnis


1. Kurang teliti

Ketika anda bermaksud terjun dalam dunia bisnis maka hindari sifat cuek terhadap masalah perencanaan. pengorganisasian dan kontrol bisnis. Kurangnya teliti anda terhadap masalah tersebut berdampak pada mudahnya salah data dan pekerjaan. Akibatnya anda harus bekerja ekstra hanya untuk membetulkan sesuatu yang pada dasarnya hal itu bisa dihindari.

Kurang teliti juga mengakibatkan anda mudah bangkrut dan putus asa. Kurang teliti cenderung kurang dipercaya oleh orang lain. Akibatnya anda kesulitan mencari rekan bisnis. Jika sudah demikian bagaimana anda akan mengembangkan bisnis?

2. Pikiran atau jiwa tertutup

Perlu anda sadari bahwa tidak setiap yang anda pikir benar sudah pasti menguntungkan dalam bisnis. Bisa saja ada sesuatu yang belum anda pikirkan atau terlewatkan sehingga perhitungan akan untung dan rugi sedikit meleset.

Untuk menghindari risiko ini lebih baik anda lebih terbuka dalam setiap saran atau kritik dari orang lain. Memang apa yang mereka kemukakan juga belum tentu benar, tetapi paling tidak mereka memberikan gambaran tentang bisnis anda dari sudut pandang yang berbeda. Dengan demikian wawasan anda bisa terbuka dengan luas untuk mengambil langkah yang paling sedikit menghambat perkembangan bisnis.

3. Kurangnya modal

Modal seringkali menjadi hambatan serius bagi pebisnis pemula. Tidak jarang pula karena masalah ini banyak orang yang tidak mau melangkah maju dan memilih menjadi karyawan.

Sejatinya modal usaha dalam bisnis tidak melulu harus dari modal pribadi. Masih ada cara mendirikan usaha dari mencari investor yang tertarik dengan bisnis anda. Jadi, pelajari benar-benar cara berbisnis yang baik dan benar agar anda mudah dalam meraih kepercayaan investor.

4. Kurang simpatik

Dalam berbisnis tidak semua hal harus dihitung dengan sistem ekonomi. Memang sekilas hal itu tampsk merugikan. Namun bukankah kesuksesan bisnis juga dipengaruhi oleh kerja keras orang lain (seperti karyawan). Karena itu milikilah sifat simpatik terhadap orang lain. Berikan mereka rasa puas setelah bekerja dengan berbagai penghargaan meskipun kecil. 

5. Kurang dukungan dari keluarga

Adakalanya bisnis yang ingin anda mulai tidak sejalan dengan pemikiran orang terdekat seperti orang tua. Hal ini memang sah-sah saja karena mereka memandang dari sudut yang berbeda.

Meski begitu jangan ragu memulai bisnis jika anda telah yakin dengan cara kerja, untung rugi dan potensi keberhasilanya. Yang perlu anda lakukan adalah meyakinkan mereka supaya melihat bisnis yang anda mulai terlihat masa depan cerah. 

6. Tidak jujur

Dalam berbisnis sifat dan sikap saling percaya sangat berharga. Bahkan hal itu lebih bernilai dari uang. Karena itu bangunlah sifat dan sikap kejujuran terhadap semua orang. Jangan sampai anda melakukan kesalahan kecil yang merusak kepercayaan rekan bisnis anda.

Memang tidak semua hal harus dikatakan dengan jujur ketika berbisnis. Namun demikian jangan sampai rekan bisnis anda melihat kehidupan pribadi anda bertolak belakang dengan kehidupan berbisnis. Jika itu terjadi keraguan mereka untuk melanjutkan kerja sama akan sedikit goyah. Bukahkah ini akan menghambat bisnis anda?

7. Kurang konsentrasi

Sewaktu anda menjalankan bisnis maka jangan sampai anda melakukan usaha lain. Memang secara akal anda bisa melakukan berbagai bisnis. Namun bukan pilihan bijak jika anda masih baru memabngun menggabungkan 2 bisnis yang berbeda dalam waktu bersamaan. Hasil yang anda peroleh pasti tidak berjalan sesuai harapan.

Lebih baik anda konsentrasi pada salah satu bisnis terlebih dahulu. Fokuslah pada mengembangkan bisnis dengan mengeluarkan segala kerja keras dan kerja cerdas anda pada satu tujuan. Dengan begitu risiko terhambatnya bisnis tidak akan terjadi.

8. Mudah menyerah

Setiap bisnis harus berhadapan dengan ujian dan tantangan. Karena itu jangan heran jika pebisnis yang telah sukses mengalami banyak kesulitan dan kegagalan. Meskipun demikian jangan mudah menyerah jika berhadapan dengan masalah bisnis.

Mungkin awalnya otak anda akan diperas habis-habisan untuk berpikir. Namun percayalah bahwa jalan terang dalam bisnis masih bisa anda raih.

9. Terlalu ambisius

Orang yang ambisius cenderung tidak mempedulikan langkah yang diambil. Yang terpenting bagi dia adalah kesuksesan yang bisa diraih dalam waktu cepat dan mudah. Akibatnya cara yang dia terapkan tidak akan menjadi masalah walaupun akan menghancurkan orang lain.

Kesimpulannya, saya menyadari bahwa tidak semua bisnis cocok dengan karakter dan kepribadian anda. Makanya ada kemungkinan anda akan memilih bisnis dengan sangat hati-hati. Meskipun demikian adakalanya kesuksesan bisnis bisa terjadi karena faktor keberuntungan.

Jadi, jangan terpaku pada bisnis tertentu yang anda sukai saja. Cobalah menjadikan jenis bisnis yang kurang anda sukai sebagai pertimbangan juga. Dengan begitu hambatan kesuksesan dalam bisnis dapat dihindari.

Kami mengharapkan artikel Hindari 9 Faktor yang Menghambat Kesuksesan Bisnis bagi Pebisnis Pemula bisa Anda bagikan melalui media sosial di atas. Terima kasih

« Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya »
Next Post »
Mas Hartarto

Perkenalkan nama saya Mas Hartarto, admin dari SinarBlogging.net. Seorang blogger kampung yang suka berbagi informasi tentang tips menulis, dan tips blogging dan informasi lain yang terkait

0 Comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih