Kenali Dulu Manfaat Optimis dalam Kehidupan Sehari-hari

Terbang dengan sifat optimis yang tinggi menjadi modal berharga dalam kehidupan manusia karena banyak menfaatnya. Memang secara finansial tidak akan membuat anda menjadi orang kaya raya dengan harta. Namun dengan sifat terpuji ini anda bisa mengusai dunia dengan ilmu pengetahuan dan pengalaman. Itulah mengapa banyak orang yang telah sukses karena memiliki sifat yang luar biasa ini.

Masalahnya tidak semua orang terlahir dengan sifat optimis yang kuat. Bahkan manusia diciptakan dengan sifat berkeluh kesah terhadap segala hal. Sehingga tidak jarang ketika berjumpa masalah sepele dia menganggap bahwa kehidupannya yang paling susah atau sengsara. Tentunya ini menjadi masalah serius untuk menatap kehidupan sehari-hari dalam menggapai kebahagiaan. 

Namun begitu anda jangan salah paham tentang kehidupan dunia. Memang tidak semua hal akan berjalan sesuai dengan yang anda harapkan dan impikan. Terlebih lagi jika banyak hambatan dan tantangan yang muncul silih berganti maka kemungkinan untuk mudah putus asa sangat besar terjadi. Oleh karena itu perhatikan manfaat sifat optimis sehingga anda bisa menjadi pribadi dahsyat yang menggetarkan dunia.

Kenali Dulu Manfaat Optimis dalam Kehidupan Sehari-hari

Manfaat sifat dan sikap optimis untuk kehidupan sehari-hari


1. Pola pikir yang positif

Banyak orang berpikir kerdil ketika dihadapkan masalah kehidupan. Bagaimana tidak, ketika merasa dirinya tidak mendapatkan solusi dalam waktu itu juga dia beranggapan bahwa kehidupannya sudah berakhir. Bahkan bisa jadi dia menanamkan untuk dirinya rasa takut menghadapi orang-orang disekitarnya. Itulah sudut pandang orang yang berjiwa mudah putus asa.

Berbeda dengan orang yang memiliki sifat optimis yang tinggi. Meskipun dia dipisahkan oleh dinding kehidupan yang sulit dan menyeramkan dia akan beranggapan bahwa semua masalah ada jalan keluarnya.

Memang tidak mudah untuk melaluinya, tetapi dengan keyakinan yang kuat menjadikan dinding yang tebal pun bisa dirobohkan. Makanya bagi anda mampu menerapkan pola pikir yang positif besar kemungkinan anda akan menjadi orang yang berjalan menuju kesuksesan.

2. Cerdas menemukan solusi

Tidak jarang pula manfaat optimis mampu menjadikan seseorang menemukan solusi dari masalah yang sedang dihadapi. Ini tidak aneh mengingat apa yang selalu dipikirkannya mengarah pada hal-hal yang berdampak positif. Karena itu setiap masalah yang muncul tidak dianggap sebagai bencana besar, tetapi akan dianggap sebagai tantangan hidup mencapai kabahagian dan kemuliaan.

Mungkin juga ada yang menganggap masalah hidup yang sulit mustahil diselesaikan seorang diri. Pendapat ini mungkin saja bisa benar, tetapi bukan tidak mungkin pendapat tersebut dapat dipatahkan. Kok bisa?

Jika anda memiliki sikap dan sifat optimis yang kuat maka secara naluri anda akan berjuang mencari sumber inspirasi atau ide jenius mengatasi masalah. Bisa saja dengan mempelajari sejarah orang atau tokoh yang sudah pernah mengalaminya.

Atau bisa juga dengan mempertimbangkan dampak positif dan negatif dari apa yang direncanakan secara obyektif. Sehingga dalam keadaan ini anda akan terbebas dari rasa putus asa ketika menerapkannya sebagai solusi. Jika ternyata belum selesai maka anda akan mencari solusi kreatif lain yang lebih jenius lagi.

3. Cara pandang untuk sukses

Ketika anda telah memiliki optimisme tinggi dalam hidup maka secara bertahap anda tidak takut untuk gagal. Bagaimana tidak, skap dan sifat optimis mengarahkan anda pada mencari target tertinggi dalam hidup. Apa itu? Sukses.

Memang kesuksesan tidak bisa diraih dengan mudah dan cepat. Bahkan yang ada adalah dia membutuhkan kerja keras yang luar biasa dan kerja cerdas yang dahsyat. Makanya tidak heran hanya sedikit orang yang bisa melakukannya. Terlebih lagi jika ada berbagai tantangan yang datang silih berganti. Maka sudah bisa dipastikan orang yang tetap optimis dalam hiduplah yang bisa meraih kesuksesan. Mengapa? Karena makna dari arti apa itu sukses telah diketahui. Bagaimana dengan anda?

Baca Juga : Jawaban Cerdas Tentang Makna dari Arti Apa itu Sukses

Meskipun begitu anda harus imbangi sifat dan sikap optimis dengan keimanan yang kuat kepada Sang Pencipta. Bukan rahasia lagi bahwa seberapa keras anda berusaha semua rencana tidak akan berjalan lancar kecuali karena takdir-Nya. Oleh karena itu keimanan dan optimis harus berjalan secara beriringan.

4. Kehidupan sosial lebih baik

Tidak dapat dipungkiri bahwa manusia adalah makhluk sosial yang komplek. Tidak ada manusia yang benar-benar sukses dalam hidup dengan usaha sendirian. Ini terbukti bahwa setiap pengusaha yang sukses pasti berkembang karena karyawan yang bekerja untuknya. Hal ini bisa anda lihat pada keadaan di dunia nyata (offline) atau online.

Maka dari itu terus pupuk sifat dan sikap optimis yang sudah melekat pada diri anda. Dengan begitu kehidupan sosial anda akan terus berjalan dengan baik dan indah. Bahkan kabar gembira dari hal ini adalah anda bisa bertukar pikiran kepada orang lain untuk saling mendukung. Selain itu juga mempermudah anda mendapatkan teman-teman baru karena sifat optimis anda membuat mereka seperti mendapatkan anugerah dari Sang Pencipta.

5. Mengurangi risiko stres berlebihan

Sudah saya singgung di atas bahwa dalam hidup ini akan selalu ada hambatan dan tantangan yang datang silih berganti. Diantara mereka ada yang berhasil mengatasi masalah sedangkan sebagian dari mereka tidak bisa terlepas dari masalah tersebut. Akibatnya jika kondisi mental tidak kuat maka risiko stres menjadi sangat besar.

Memang dalam keadaan ini sangat wajar jika masalah yang datang sangat komplek dan menguras pikiran. Namun dengan adanya sifat dan sikap optimisme yang kuat menjadikan pikiran lebih tenang dan aman. Bagaimana hal ini terjadi?

Terlepas dari jenis masalah yang datang orang yang optimis menjadakan hal tersebut sesuatu yang lumrah terjadi. Jadi, ketika belum mendapatkan solusi dari masalah tersebut dia tidak akan berpikiran sempit. Mencari dan menggali segala informasi tentang masalah yang serupa dari orang lain atau berita menjadi piliha realistis yang mereka siapkan. Karena itulah mereka tidak akan stres walaupun ujian tersebut sangat besat.

Kesimpulannya, dalam hidup ini tidak ada orang yang bisa memprediksi masalah atau tantangan yang akan datang. Meskipun begitu bukan berarti setiap masalah tidak ada solusinya. Salah satu yang bisa anda lakukan adalah meningkatkan sifat dan sikap optimis. Karena bagaimana pun juga manfaat optimis dalam kehidupan sehari-hari sangat besar bagi anda, jika anda menerapkannya.

Tidak ada komentar:
Write Comments

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih