Home » » Bingung Antara Topik Berdasarkan Minat atau Topik HPK bagi Blogger Pemula

Bingung Antara Topik Berdasarkan Minat atau Topik HPK bagi Blogger Pemula

Anda kebingungan memilih topik blog berdasarkan minat atau HPK (High Paying Keyword)? Memang perkembangan blog sekarang telah mencapai masa kepopulerannya. Bagaimana tidak, semua orang hampir memiliki blog pribadi baik itu remaja, dewasa atau orang tua. Bahkan karena hobi blogging ini mereka memiliki blog lebih dari satu. Hebatnya lagi mereka main blog dengan topik yang berbeda-beda.

Kalau topik tersebut masih berdasarkan minat maka bisa dikatakan ringan. Namun ternyata mereka juga main topik HPK (High Paying Keyword) yang merupakan topik paling potensial menghasilkan uang.

Berkaitan dengan hal itu tentu anda tidak mau mengambil langkah yang salah karena membangun blog tidak bisa dilakukan dalam waktu sekejab atau beberapa hari. Bahkan yang sebenarnya membangun blog harus rutin mempublikasikan konten-konten berkualitas baik itu meliputi artikel, gambar atau video.

Lalu bagaimana tips atau cara yang tepat dalam memilih topik untuk blog? Untuk menjawab hal ini anda harus melihat dari beberapa aspek dan pertimbangan yang jelas. Dengan begitu blog anda bisa menjadi gudang ilmu yang bermanfaat yang sekaligus menjadi mesin penghasil uang.

Bingung Antara Topik Berdasarkan Minat atau Topik HPK bagi Blogger Pemula

Keuntungan topik blog berdasarkan minat


1. Lebih mudah mencari ide artikel

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa anda akan mudah mencari ide artikel berdasarkan minat. Ini terbukti karena konsentrasi anda terbatas dan terfokus pada minat. Bahkan bisa jadi tanpa berpikir panjang pun puluhan ide artikel akan hadir dengan cepat dalam hitungan menit. Makanya tidak heran jika kesesuaian minat dan topik yang akan berjalan beiringan sehingga blog dapat dikelola dengan baik dan teratur.

2. Lebih mudah menulis artikel

Mengingat ide artikel telah mudah didapatkan maka konsekuensi untuk menulis artikel juga semakin mudah. Setiap permasalahan atau kegundahan yang anda rasakan bisa diterapkan menjadi sebuah artikel bernilai. Itulah mengapa banyak blogger yang bisa menulis artikel panjang hingga lebih dari 1000 kata.

3. Lebih mudah blogwalking pada blog dengan topik sama

Untuk menjadikan blog ramai pengunjung maka aktifitas blogwalking harus rutin anda lalukan. Dengan begitu akan banyak link dari website lain yang mengarah ke blog anda. Inilah cara mudah menjadikan blog anda berkualitas pada mesin pencari Google.

Kelemahan topik blog berdasarkan minat


1. Komisi iklan cenderung kecil

Meskipun ada banyak keuntungan jika anda bermain blog berdasarkan minat tetap saja ada kelemahan yang harus anda ketahui. Tujuannya supaya rasa putus asa tidak menimpa anda karena topik berdasarkan minat cenderung kecil dalam urusan komisi iklan. Memang tidak semuanya, tetapi sangat jarang minat anda berbanding lurus dengan sesuatu yang dicari banyak orang.

2. Persaingan berat pada mesin pencari

Ketika anda membuat artikel berdasarkan minat maka yang terjadi di mesin pencari seperti Google bisa sebaliknya. Tulisan anda akan sulit ditemukan pada halaman pertama mesin pencari. Bahkan bisa saja artikel anda muncul pada posisi puluhan atau ratusan di Google. Sebabnya adalah artikel anda tidak mampu bersaing dengan artikel orang lain dalam masalah kualitas.

3. Kata kunci tidak banyak pencarian

Harapan anda menulis artikel adalah agar dibaca oleh orang lain. Namun karena kata kunci berdasarkan minat cenderung sepi pencarian maka besar kemungkinannya jumlah pembaca tidak ada. Jadi jangan kaget kalau artikel anda hanya penghias mesin pencari Google.

Bagi blogger pemula tentu saja memilih topik blog berdasarkan minat lebih mudah daripada langsung main topik HPK. Hal ini karena materi konten yang akan ditulis telah cukup dikenal sehingga tidak merasa asing dengan istilah yang akan muncul. Ingat, pada dasarnya aktifitas blogging bisa dikatakan tidak mudah.

Baca juga:  3 Alasan Dasar Aktivitas Blogging Dikatakan Tidak Mudah

Namun berbeda kalau anda langsung terjun ke topik HPK. Meskipun hal ini demi meraup penghasilan yang lebih besar bukan berarti beban untuk menghasilkan artikel akan mudah. Jumlah pencarian dalam topik HPK memang sangat banyak. Namun jalan untuk menaklukkannya juga sulit.

Jadi, jika anda merasa pada tahap belajar menulis artikel lebih baik fokus pada blog berdasarkan minat. Setelah itu jika anda telah merasa bisa menulis artikel yang berkualitas untuk mesin pencari dan manusia silahkan anda masuk dalam ranah HPK. Dengan begitu perjuangan anda akan bertahap dan mengurangi risiko pustus asa ditengah jalan.

Kami mengharapkan artikel Bingung Antara Topik Berdasarkan Minat atau Topik HPK bagi Blogger Pemula bisa Anda bagikan melalui media sosial di atas. Terima kasih

« Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya »
Next Post »
Mas Hartarto

Perkenalkan nama saya Mas Hartarto, admin dari SinarBlogging.net. Seorang blogger kampung yang suka berbagi informasi tentang tips menulis, dan tips blogging dan informasi lain yang terkait

0 Comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih