Home » , » 8 Pertimbangan Ketika Anda Cari Uang dari Program Iklan dengan Blog

8 Pertimbangan Ketika Anda Cari Uang dari Program Iklan dengan Blog

 Tidak dapat dipungkiri menjadi publisher iklan melalui blog menjadi sarana cari uang secara online. Makanya tidak heran banyak pengguna internet yang tertarik masuk dunia blog dan kemudian membuat blog pribadi. Entah itu sekedar blog gratisan atau blog berbayar.

Terlepas dari hal tersebut sebenarnya banyak blogger yang sudah membuktikan bahwa menghasilkan uang dari program periklanan itu benar-benar ada. Bahkan diantara mereka telah menjadikan blog pribadi sebagai alat passive income. Bagaimana tidak, potensi uang yang didapatkan bisa melebihi gaji seorang karyawan.

Meskipun demikian terus terang saja bahwa membuat blog dan menghasilkan uang dari program periklanan tidak semudah kedengarannya. Berbagai tantangan dan kerja keras harus siapa anda hadapi. Selain itu anda butuh kesabaran karena dalam dunia blogging banyak orang yang mudah putus asa dan kemudian berhenti dari aktifitas ngeblognya.

Kerena itulah sebelum anda serius mencari uang dari intenet sebaiknya berpikir dengan bijak dan penuh pertimbangan. Jangan sampai anda capek-capek bekerja kemudian berhenti ditengah jalan karena menyesal.

8 Pertimbangan Ketika Anda Cari Uang dari Program Iklan dengan Blog

Pertimbangan serius cari uang dari program iklan dengan blog


1. Membuat blog itu mudah, tetapi butuh postingan artikel untuk dibaca

Memang pada dasarnya membuat blog itu mudah dan cepat apalagi jika anda memakai platform Blogger sebagai pilihan. Namun demikian anda juga harus menyadari sesuatu tentang blog yang telah anda buat. Anda harus bisa mengelola blog dengan memposting artikel yang baik dan bermanfaat bagi pengunjung. Mustahil pengguna internet mengunjungi blog anda jika tidak ada artikel yang bisa mereka baca.

Karena itu anda harus punya strategi mempublikasikan artikel secara rutin. Sebagian blogger menyarankan posting artikel minimal 2-3 kali seminggu. Namun jika blog anda masih baru biasanya disarankan posting 2-3 artikel sehari. Dengan begitu blog anda memiliki artikel yang banyak untuk menarik calon pengunjung.

Jika dalam kasus ini anda belum bisa rutin memposting artikel diblog maka ada 2 cara. Pertama anda cukup menggunakan jasa penulis artikel dengan mengeluarkan sejumlah biaya. Kendalanya hampir semua jasa penulis menerapkan harga sekitar 4000-5000 rupiah setiap 100 kata. Jadi bisa dikatakan anda butuh biaya besar untuk tetap menghasilkan artikel.

Kedua, anda cukup menulis artikel sendiri kemudian mempublikasikannya diblog. Sayangnya jika anda masih dalam tahap belajar menulis maka bisa memakan waktu lama untuk menghasilkan artikel yan baik. Oleh karena itu anda harus rajin belajar menulis jika anda mau memilih cara yang kedua.

Baca juga: Cara Mudah Belajar Menulis Artikel bagi Pemula

2. Pilih topik yang tepat

Ketika anda memutuskan membuat blog pribadi maka rencanakan dengan pasti topik apa saja yang akan anda bahas diblog tersebut. Penargetan topik yang jelas dan terarah akan memudahkan anda menghasilkan artikel yang saling berkaitan.

Dari sinilah personal branding anda akan diuji. Jika anda berhasil menulis artikel yang berkualitas maka bukan tidak mungkin blog anda akan menjadi blog otoritas.

Baca juga: Tips Jitu Membangun Blog Otoritas dengan Efektif dan Kreatif

Selain itu topik yang tepat membuat mesin pencari seperti Google akan memberikan posisi yang tinggi kepada blog anda karena fokus pada topik yang khusus. Tentu saja untuk mengenali topik yang tepat harus sesuai dengan pribadi anda sendiri. Namun yang jelas biasanya topik tersebut cenderung kepada hal-hal yang anda berminat padanya. Atau paling tidak topik tersebut adalah sesuatu yang anda sangat tertarik untuk mempelajarinya.

Jangan sekali-kali memilih topik yang anda merasa asing dengannya. Memang setiap topik ada perbedaan dalam masalah pencarian di search engine. Namun jika anda memaksakan diri terjun dalan topik yang asing besar kemungkinannya anda akan mudah putus asa atau cepat mengeluh.

3. Blog adalah aset jangka panjang

Kenyatannya blog pribadi sangat cocok dijadikan aset jangka panjang. Bukan untuk melemahkan semangat anda terjun dalan dunia blogging, tetapi hal ini lebih kepada peringatan bahwa blog pribadi sangat jarang menghasilkan uang dalam waktu sebentar.

Jika anda mau bisnis online atau jualan mungkin membuat website toko online menjadi pilihan tepat. Website jenis ini cenderung fokus pada menarik pembeli sehingga kemungkinannya mendapatkan uang bisa cepat terwujud. Namun jika anda membuat blog pribadi untuk menjadi publisher iklan seperti Google Adsense atau Infolinks maka akan berlaku sebaliknya.

Sebelum blog anda benar-benar ramai pengunjung maka potensi blog menghasilkan uang masih sangat kecil bahkan bisa jadi nol. Untuk itulah blog pribadi lebih cocok dijadikan sebagai aset jangka  panjang.

Meskipun demikian potensi penghasilan dari program periklanan tidak bisa dianggap remeh. Banyak publisher iklan yang mendapatkan penghasilan ribuan perbulan dari blog pribadi. Jadi, jika anda memilih blog pribadi setidaknya anda harus memiliki tabungan yang cukup sebelum blog anda benar-benar bisa menghasilkan uang.

4. Fokus pada bangun 1 blog dulu

Memang potensi uang yang melimpah dari internet bisa membuat anda kehilangan kendali. Sehingga dalan kasus ini anda ingin membuat blog lebih dari satu dan berharap cepat sukses.

Sebenarnya anda boleh membangun blog yang banyak karena hal itu juga dilakukan oleh para blogger sukses lainnya. Namun jika anda baru dalam tahap pemula jangan terlalu ambisius sehingga perencanaan anda menjadi gagal.

Sudah saya singgung di atas bahwa blog membutuhkan postingan artikel yang banyak untuk mendapatkan pengunjung yang ramai. Kalau anda memaksakan membuat blog lebih dari satu maka sudah pasti blog tersebut harus memiliki topik yang berbeda pula.

Kondisi ini tentu tidak baik untuk anda dalam mengelola blog supaya berjaya. Kenyataannya topik yang berbeda cenderung anda sulit memuat artikelnya. Terlebih lagi konsentrasi yang sering terbelah bisa menjadikan anda berpikir ekstra keras. Padahal dalam kondisi ini semangat anda akan cepat menurun jika penghasilan tidak kunjung datang.

Oleh karena itu fokus saja pada 1 blog yang anda yakin bisa mengembangkannya secara maksimal. Nanti jika blog anda sudah bisa menjadi mesin passive income anda bisa memulai blog baru. Caranya dengan menginvestasikan keuntungan blog pertama untuk mengembangkan blog yang selanjutnya.

Baca juga: Alasan kuat Membangun Blog yang Fokus dalam Satu Topik

5. Pilih domain berbayar, hosting berbayar lebih baik

Sebelum mendaftar program periklanan dengan blog pribadi pastikan domain anda sudah berbayar. Ini sangat penting karena sebagian program periklanan lebih responsif pada domain berbayar.

Memang pada Google Adsense anda bisa mendaftarkan blog dengan domain gratisan. Namun demikian sangat disayangkan jika anda gagal diterima pada program tersebut. Ketika anda memakai domain gratisan untuk mendaftar Google Adsense maka pihak Adsense mengunci nama domain gratisan tersebut untuk didaftarkan ulang. Jika selanjutnya anda masih gagal maka kemungkinan besar membuat anda mengeluh dan tidak mau melanjutkan.

Berbeda halnya kalau anda memakai domain berbayar maka anda akan serius untuk memperbaiki kesalahan tersebut sehingga bisa diterima oleh pihak Adsense. Apalagi jika anda memakai hosting pribadi maka semangat anda untuk tidak mau rugi menjadikan anda lebih bersungguh-sungguh.

Mungkin juga ada pilihan memilih program periklanan lain sebagai alternatif. Namun tetap saja jika domain anda gratisan potensi mudah menyerah masih sangat tinggi. Jadi, lebih baik berkorban di awal agar kegagalan bisa memicu semangat berjuang untuk terus maju dan berkembang.

6. Patuhi peraturan program periklanan

Karena masuk dalam daftar publisher periklanan tidak mudah maka usahakan blog anda berjalan pada jalur yang benar. Pelajari setiap peraturan yang ada agar anda tidak melanggarnya.

Pada kasus seperti Google Adsense palanggaran peraturan berarti kena sanksi. Lebih parah lagi jika pelanggaran anda masuk kategori berat maka akun anda akan dibanned selamanya. Sehingga potensi uang online dari Adsense akan hilang dari jalan blog tersebut. Kalau sudah begitu anda harus mencari jalan lain untuk berjuang dari nol.

7. Pasang iklan dengan bijak

Meskipun klik iklan adalah cara kerja program periklanan online untuk mendapatkan komisi bukan berarti anda berlaku berlebihan. Memasang iklan seharusnya disesuaikan dengan jumlah dan kondisi pembaca. Jangan sampai anda memasang iklan melebihi batas yang sudah ditentukan.

Selain itu usahakan penampakan iklan membuat pembaca / pengunjung merasa nyaman. Dengan begitu mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan dan tidak mengganggu konsentrasi mereka ketika membaca.

Meskipun begitu usahakan anda menempatkan iklan pada tempat yang tepat seperti di bawah judul postingan atau di bawah akhir postingan. Selain itu anda bisa menempatkan iklan di sidebar. Setelah itu anda tinggal berharap mereka mau mengklik iklan diblog anda.

8. Bangun backlink dan promosi

Sehebat apapun blog anda tetap saja anda membutuhkan backlink untuk mendongkrak popularitasnya. Ada berbagai cara untuk mambangun backlink diblog seperti blogwalking, link  dari forum diskusi, link dari blog direktory atau link dari social bookmark. Selain itu anda harus sharing setiap postingan artikel blog pada media sosial seperti Facebook, Google+, Twitter dan lain sebagainya.

Memang butuh tenaga ekstra untuk bangun backlink. Bahkan bisa jadi hasil bangun backlink ini baru anda dapatkan setelah beberapa minggu atau bulan. Jadi, anda harus bersabar mengerjakannya karena hal ini akan mengurangi waktu anda untuk menulis artikel.

Kesimpulannya, terlepas dari banyaknya pengguna internet yang masuk membuat blog dan menghasilkan uang dari program periklanan. Memang harus diakui bahwa hal tersebut butuh proses dan waktu. Karena itu perhatikan 8 hal serius di atas sebelum anda benar-benar yakin ingin terjun menjadi seorang blogger dan menghasilkan uang secara online dari internet.

Kami mengharapkan artikel 8 Pertimbangan Ketika Anda Cari Uang dari Program Iklan dengan Blog bisa Anda bagikan melalui media sosial di atas. Terima kasih

« Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya »
Next Post »
Mas Hartarto

Perkenalkan nama saya Mas Hartarto, admin dari SinarBlogging.net. Seorang blogger kampung yang suka berbagi informasi tentang tips menulis, dan tips blogging dan informasi lain yang terkait

2 Comments:

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih