Home » , » Inilah Cara Cek Broken Link Website dengan Mudah dan Akurat

Inilah Cara Cek Broken Link Website dengan Mudah dan Akurat

Terjadinya broken link pada website atau blog pribadi tentu bukan hal yang menyenangkan sehingga harus dilakukan cek. Bagaimana tidak, keberadaan link yang rusak atau mati menjadikan pembaca merasa kesal karena informasi pendukung yang berkaitan tidak bisa dibuka. Inilah yang memungkinkan pembaca memiliki kesan buruk terhadap sebuah website atau blog. Jika itu sudah terjadi maka besar kemungkinanya mereka menolak untuk berkunjung kembali.

Sebagai pengelola website atau blog pribadi tentu link yang rusak atau mati menjadikan kualitas SEO terhadap mesin pencari mengalami penurunan. Kalau hal ini terus dibiarkan dan tidak dilakukan cek broken link secara berkala maka akan sulit halaman blog anda bersaing memperebutkan peringkat atas di search engine.

Karena itulah penting bagi anda untuk mengetahui link rusak atau mati kemudian memperbaikinya. Memang ada banyak sebab yang memungkinkan link rusak atau mati pada blog. Pertama, link yang sebelumnya ada pada halaman blog anda menuju halaman website atau blog orang lain  telah dihapus atau diganti oleh pemiliknya. Sehingga ketika link tersebut diklik halaman yang dituju eror atau hilang.

Broken link pada blog anda juga bisa terjadi pada status komentar pembaca yang ada. Kasus ini ditandai dengan para pengunjung yang telah berkomentar menyelipkan link aktif pada komentar mereka. Namun karena suatu keadaan link yang dituju mengalami perubahan atau hilang. Sehingga link aktif tetap menyala, tetapi tidak bisa mengakses alamat link yang dituju.

Dengan demikian keberadaan link mati atau rusak menjadi benalu pada website atau blog anda. ketika itu sudah terjadi kemungkinan besar bisa menurunkan peringkat postingan blog anda di mesin pencari. Karena itulah sudah semestinya anda mengetahui cara cek broken link secara akurat.

Cara cek broken link website dengan mudah


Silahkan buka situs http://www.brokenlinkcheck.com/


1.  Ketik alamat URL situs website/blog yang ingin diperiksa pada kolom yang disediakan
2.  Selanjutnya anda klik tombol “Find Broken Link


3.  Berikutnya ada tulis “Security Code” yang muncul, silahkan masukkan kodenya
4. Pilih “Report distinct broken links only” untuk laporan singkat atau Pilih “Report all occurrences of each dead link (may be slower)” untuk semua laporan
5. klik "Find Broken Links Now!"
6. Silahkan tunggu selama proses pengecekan, lama atau tidaknya proses tergantung pada jumlah link rusak yang ada pada situs website/blog anda.


 7.  Jika ada link yang rusak maka silahkan anda perbaiki link rusak tersebut secara manual

Kesimpulannya, terlepas dari susahnya anda berhati-hati mengelola blog dengan baik dan benar ternyata masih belum menjamin terjadinya link rusak atau hilang. Jadi, silahkan lakukan cek broken link pada blog atau website anda secara berkala dan segera lakukan perbaikan jika terdeteksi agar posisi artikel atau postingan blog anda pada mesin pencari tidak turun tajam.

Jika anda mau cek backlink website atau blog pesaing dan melihat berapa jumlah backlink yang dimiliki dan peringkat pagerank dari backlink tersebut anda bisa memakai tool gratis Backlink Checker. Anda bisa join gratis pada situs tersebut. Jadi, silahkan anda manfaatkan untuk keperluan mengembangkan blog menjadi lebih baik dan populer pada mesin pencari.

Kami mengharapkan artikel Inilah Cara Cek Broken Link Website dengan Mudah dan Akurat bisa Anda bagikan melalui media sosial di atas. Terima kasih

« Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya »
Next Post »
Mas Hartarto

Perkenalkan nama saya Mas Hartarto, admin dari SinarBlogging.net. Seorang blogger kampung yang suka berbagi informasi tentang tips menulis, dan tips blogging dan informasi lain yang terkait

0 Comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih