Home » , , » Cara Mengetahui Status Nama Domain Bekas atau Baru bagi Blogger Pemula

Cara Mengetahui Status Nama Domain Bekas atau Baru bagi Blogger Pemula

Sebelum anda membeli sebuah domain sebaiknya anda mengetahui status nama domain tersebut apakah tergolong bekas atau masih baru. Ini penting mengingat anda akan menggunakannya untuk blog pribadi anda dalam waktu lama. Mengabaikan pengetahuan ini memungkinkan anda menyesal pada kemudian hari jika ternyata ada masalah pada nama domain tersebut.

Memang pada dasarnya pemilihan nama domain bisa ditentukan oleh beberapa hal dan pertimbangan seperti kata kunci dan mudahnya diingat. Namun demikian anda perlu target setelah anda mengelola website atau blog tersebut. Jenis monetisasi apakah yang akan anda terapkan pada blog anda tersebut.

Jika anda membuat website untuk berjualan maka nama domain bekas atau baru tidak menjadi masalah. Namun jika ternyata anda membeli nama domain tersebut untuk keperluan iklan seperti Google Adsense maka pastikan bahwa nama domain tersebut tidak pernah dibanned oleh pihak Adsense. Karena kebiasaan nama domain yang telah dibanned akan sulit bahkan mustahil jika digunakan untuk mendaftar program Google Adsense lagi.

Karena itulah ketahui dahulu status nama domain yang telah anda temukan. Dengan begitu anda tidak menyia-nyiakan uang dan tenaga anda untuk membangun blog yang sudah pasti gagal.

Cara Mengetahui Status Nama Domain Bekas atau Baru bagi Blogger Pemula

Cara mengetahui status nama domain bekas atau masih baru


1. Silahkan anda buka website https://whois.domaintools.com/

2. Masukkan alamat URL dari nama domain yang ingin anda cek statusnya kemudian klik "Search"

Cara Mengetahui Status Nama Domain Bekas atau Baru bagi Blogger Pemula

3. Tunggu sebentar sehingga muncul tampilan berikut ini

Cara Mengetahui Status Nama Domain Bekas atau Baru bagi Blogger Pemula

4. Perhatikan keterangan pada “Domain Status”. Jika tertulis “Deleted And Available Again” berarti nama domain tersebut pernah digunakan, tetapi telah diperpanjang sehingga masuk kategori domain bekas yang bisa anda beli.

Cara Mengetahui Status Nama Domain Bekas atau Baru bagi Blogger Pemula


Namun jika pada keterangan “Domain Status” tertulis “Never Registered Before” ini menandakan bahwa nama domain tersebut belum pernah didaftarkan sehingga jika anda beli masuk kategori nama domain baru.

Kesimpulannya, memang ada perbedaan ketika anda mau memilih nama domain bekas atau masih baru. Namun demikian saya menyarankan anda menggunakan nama domain yang masih baru karena cenderung lebih aman jika blog bisa mendunkung berbagai program penghasil uang secara online jenis apapun. Meskipun begitu jika anda merasa senang dengan nama domain yang bekas maka silahkan anda beli. Yang jelas bahwa dalam kasus ini anda mengetahui cara cek nama domain bekas atau masih baru dan mengetahui konsekuensi dari membeli domain tersebut.

Mau tahu siapa pemilik website / blog pesaing anda? Silahkan baca Inilah Cara Cek Pemilik Domain Website Lengkap dan Mudah

Kami mengharapkan artikel Cara Mengetahui Status Nama Domain Bekas atau Baru bagi Blogger Pemula bisa Anda bagikan melalui media sosial di atas. Terima kasih

« Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya »
Next Post »
Mas Hartarto

Perkenalkan nama saya Mas Hartarto, admin dari SinarBlogging.net. Seorang blogger kampung yang suka berbagi informasi tentang tips menulis, dan tips blogging dan informasi lain yang terkait

2 Comments:

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih