Home » » Tips Jitu Cara Meningkatkan Ketelitian dalam Bekerja supaya Sukses

Tips Jitu Cara Meningkatkan Ketelitian dalam Bekerja supaya Sukses

Sudah menjadi tuntutan bagi seorang pekerja untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan baik dan tepat waktu. Namun demikian akan sulit terwujud jika anda kurang teliti dalam pekerjaan. Pada dasarnya bekerja bukan hanya menyangkut kerja keras dan menghabiskan waktu kerja. Namun jauh dari itu setiap pekerjaan harus diupayakan untuk bisa memuaskan semua pihak terutama anda sendiri.

Masalahnya hal itu tidak akan mudah dilakukan jika anda kurang teliti. Anda harus kerja keras dan kerja cerdas dalam setiap tugas yang anda emban. Jika anda kurang cermat maka besar kemungkinannya terjadi kesalahan. Ketika kesalahan itu menyangkut bisnis atau usaha anda menghasilkan uang maka bisa dipastikan kerugian atau kebangkrutan sulit untuk dihindarkan.

Memang dalam pekerjaan anda bisa mengangkat seorang karyawan cerdas. Meskipun demikian ada baiknya anda juga menjadi orang yang teliti dalam setiap pekerjaan anda. Dengan begitu risiko terjadinya kegagalan berulang atau menghabiskan gaji besar untuk karyawan dapat dihindari. Selain itu anda juga tidak perlu khawatir seandainya karyawan terbaik anda mau mengundurkan diri.

Tips Jitu Cara Meningkatkan Ketelitian dalam Bekerja supaya Sukses


Cara meningkatkan ketelitian dalam bekerja


1. Fokus

Jangan sekali-kali mempunyai ambisi pekerjaan dengan tugas yang beragam. Memang hal itu boleh anda lakukan untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang berbeda. Namun di sisi lain pekerjaan yang terlalu banyak menjadikan anda mudah kelelahan. Akibatnya anda tidak punya cukup waktu untuk berpikir secara luas. Sehingga sangat mungkin terjadi kesalahan dalam setiap pekerjaan anda.

Sebaiknya anda fokus pada salah satu pekerjaan saja. Buatlah prioritas pekerjaan yang anda punya minat atau semangat mengembangkannya. Jangan mudah terpikat oleh bujukan orang lain atau seseorang yang bisa melakukan berbagai pekerjaan secara bersamaan. Lebih baik satu bidang pekerjaan anda kuasai dan hasilnya memuaskan daripada banyak pekerjaan, tetapi hanya berakhir risiko kena marah atau kerugian.

2. Periksa ulang hasil pekerjaan

Pada dasarnya pekerjaan yang telah selesai seringkali masih mengalami kekurangan atau kelemahan. Hal ini adalah wajar karena dalam kondisi tersebut pikiran anda hanya tercurah pada menyelesaikan hasilnya saja. Adapun untuk mencapai level memuaskan harus menuju tahap penyempurnaan.

Salah satu langkah cerdas yang bisa anda lakukan adalah memeriksa ulang hasil pekerjaan. Mencari dan menemukan setiap kesalahan sekecil apapun. Dengan demikian tidak ada celah bahwa pekerjaan yang anda usahakan memiliki risiko atau dampak buruk. Jika hal ini terus anda prioritaskan maka kemungkinan pekerjaan anda memuaskan semua pihak sangatlah besar.

3. Jadilah sabar tetapi punya skala prioritas

Dalam setiap pekerjaan pasti mengenal yang namanya waktu berakhir (deadline). Memang secara umum pengaturan ini sangat penting agar setiap pekerjaan dapat diselesaikan tepat waktu.

Sayangnya tidak setiap orang memiliki cara berpikir atau tingkat kecerdasan yang berbeda-beda. Akibatnya sebagian orang bisa bekerja dengan tenang dan nyaman sedangkan sebagian yang lain bekerja dengan tertekan.

Jika anda termasuk orang yang tertekan cobalah untuk bersikap tenang dan sabar. Jangan biarkan pikiran negatif muncul setiap saat dalam benak anda karena akan mengganggu fokus dan konsentrasi dalam bekerja.

Untuk mengurangi perasaan ini sebaiknya anda punya strategi persiapan dalam bekerja yang mengacu pada skala prioritas. Dengan begitu anda tidak kebingungan harus mengerjakan yang mana dulu. Selain itu karena fokus anda semakin tertarget maka rasio ketelitian anda akan semakin besar sehingga tidak mudah melakukan kesalahan.

Baca juga :  Hindari 9 Faktor yang Menghambat Kesuksesan Bisnis bagi Pebisnis Pemula

Kesimpulannya, memang setiap orang bisa melakukan kesalahan dalam pekerjaannya. Namun begitu bukan alasan cerdas jika anda menyalahkannya ketika anda gagal. Solusi yang terbaik adalah anda bekerja dengan penuh ketelitian dan kehati-hatian. Dengan demikian pekerjaan anda akan berakhir dengan memuaskan dan kemungkinan besar karir anda akan meningkat dengan cepat.

Kami mengharapkan artikel Tips Jitu Cara Meningkatkan Ketelitian dalam Bekerja supaya Sukses bisa Anda bagikan melalui media sosial di atas. Terima kasih

« Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya »
Next Post »
Mas Hartarto

Perkenalkan nama saya Mas Hartarto, admin dari SinarBlogging.net. Seorang blogger kampung yang suka berbagi informasi tentang tips menulis, dan tips blogging dan informasi lain yang terkait

0 Comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih