Home » » 6 Kesulitan yang membuat Para Blogger Pemula Frustasi lebih Cepat

6 Kesulitan yang membuat Para Blogger Pemula Frustasi lebih Cepat

Menjadi blogger sukses mungkin menjadi harapan tertinggi yang terkadang sulit diwujudkan. Bagaimana tidak, berbagai masalah ngeblog seringkali membuat seorang blogger pemula merasa frustasi dan kecewa. Akibatnya aktivitas blogging menjadi dilema tersendiri apakah mau dilanjutkan atau berhenti sampai di situ saja.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa ada potensi penghasilan yang besar jika menjadi blogger sukses. Anda bisa meraup penghasilan jutaan hingga ratusan puluhan juta perbulan dari sumber blog yang anda kelola. Sayangnya tidak ada jalan mudah untuk menggapainya. Inilah yang menyebabkan sebagian blogger harus lebih bekerja keras dan bekerja cerdas.

Meskipun demikian setiap tantangan dalam aktivitas blogging menjadi rumit dilalui manakala kesulitan demi kesulitan silih berganti datang menghampiri. Setidaknya anda harus mengetahui berbagai kesulitan bagi blogger pemula yang membuatnya sulit berkembang. Dengan begitu konsekuensi untuk terjun dalam dunia online tidak sekedar lalu lalang atau ikut-ikutan.

6 Kesulitan yang membuat Para Blogger Pemula Frustasi lebih Cepat

Kesulitan yang sering membuat para blogger pemula frustasi


1. Sulit mendapatkan persetujuan Google

Dari banyak program penghasil uang diinternet rasanya program dari Google yaitu Google Adsense menjadi program yang paling diminati. Ini karena banyak blogger yang sukses karena program tersebut. Salah satu nama yang cukup terkenal sukses dari program Adsense adalah Eka Lesmana. Sedangkan dari sisi nama blog diantara yang paling menjadi pemacu kesuksesan seperti Maxmanroe.com atau JuraganCipir.com.

Dari kasus ini maka tidak heran jika banyak pengguna internet yang akhirnya mengambil langkah membuat blog baru. Tentunya dengan harapan dapat diterima program Google Adsense dengan segera.

Terlepas dari harapan ini kenyataannya mendaftar jadi publisher Adsense tidak bisa dibilang mudah. Berbagai persyaratan harus dapat dipenuhi oleh blog anda supaya bisa diterima. Jika syarat tidak dipenuhi maka mengajukan berulang kalipun akan percuma juga. Kabar buruknya lagi tidak ada petunjuk yang jelas dan mendetail syarat atau kekurangan dari sebuah blog yang ditolak. Inilah yang sedikit banyak membuat blogger pemula merasa frustasi untuk mengelolanya kembali.

2. Sibuk mencari jumlah pengunjung yang ramai

Jumlah pengunjung adalah acuan bahwa blog anda bisa dikatakan sukses atau populer. Mengapa? Karena dengan jumlah pengunjung yang ramai maka kemungkinan menghasilkan banyak uang semakin luas dan besar. Belum lagi hal ini sangat berpengaruh terhadap blog yang mengandalkan program Pay Per Click untuk menghasilkan uang.

Sayangnya untuk urusan mendapatkan jumlah pengunjung yang ramai harus melalui serangkaian proses. Anda harus mencari backlink yang banyak dan berkualitas, memiliki artikel-artikel yang mempesona atau viral dimedia sosial dan lain sebagainya.

Untuk sebagian blogger pemula tentu hal itu tidak bisa diraih hanya dalam beberapa bulan. Bukan tidak bisa diwujudkan, tetapi mengingat  banyaknya tugas yang harus dikerjakan rasanya hanya sedikit orang yang bisa merealisasikannya. Adapun sebagian besarnya harus rela melihat jumlah pengunjung blog yang dikelolanya masih sedikit.

3. Selalu siap dengan artikel yang rutin dipublikasikan

Sebagai blogger tugas utama yang harus dikerjakan adalah menulis artikel dan mempublikasikannya. Dengan begitu konten blog menjadi banyak dan bervariasi sehingga bisa mengundang banyak pengunjung lebih luas.

Tugas seperti ini mudah dilakukan jika anda telah memiliki minat atau kecintaan suka menulis. Namun yang terjadi dilapangan adalah banyak blogger yang memulai dari nol. Artinya mereka tidak memiliki pengetahuan sedikit pun tentang dunia kepenulisan. Jadi, bisa dimaklumi jika selama mengelola sebuah blog mereka juga belajar cara menulis artikel yang baik dan benar.

Karena itulah mereka kurang siap untuk mempublikasikan artikel secara rutin. Padahal tanpa sebuah artikel yang terus diperbaharui potensi mendapatkan pengunjung ramai menjadi tertunda. Makanya tidak heran jika sebagian blogger pemula sering frustasi karena tugas menulis artikel secara rutin tidak bisa diselesaikan dengan cepat dan sesuai jadwal.

4. Harus pada halaman pertama mesin pencari

Meskipun anda mampu menulis artikel yang baik dan benar tetap saja hal itu belum menghilangkan kegundahan selanjutnya. Masalah muncul karena banyak blogger yang memberikan nasehat untuk melakukan riset keyword agar artikel bisa masuk halaman pertama mesin pencari. Nasehat ini memang cukup beralasan karena dengan menempati halaman pertama mesin pencari potensi jumlah pengunjung bisa meningkat secara signifikan.

Untuk itulah fous dan konsentrasi menghasilkan artikel yang baik dan berkualitas menjadi keharusan yang mendesak. Akibatnya pikiran anda menjadi terkungkung dan penuh tekanan. Dari sini jika terjadi kegagalan dalam beberapa artikel yang panjang maka rasa kecewa mudah datang. Selanjutnya tugas menerbitkan artikel secara rutin menjadi korbannya.

5. Perlu waktu yang lama untuk berhasil

Pada dasarnya dengan membuat sebuah blog maka itu menjadi investasi anda jangka panjang. Tentunya blog tidak akan menghasilkan uang ketika baru telah selesai dibuat. Maka dari itu jangan berharap terlalu tinggi jika blog anda baru berumur beberapa bulan.

Menghadapi kenyataan ini rasanya hanya sedikit orang yang mau terjun dalam dunia blogging terutama blog yang mengandalkan iklan untuk monetisasinya. Oleh karena itu jangan terkejut jika banyak blogger yang baru beberapa bulan dan tidak menghasilkan uang menjadi kecewa berat.

6. Siap menguras tenaga, waktu dan biaya

Sejenak mari kita berpikir tentang dunia blogging / ngeblog. Dari awal sampai sekarang pasti anda sudah mengeluarkan banyak tenaga untuk menjadikan blog lebih baik, berkualitas dan populer. Harapannya bisa segera menikmati hasil yang sudah ditargetkan.

Belum lagi jika anda seorang parttime blogger atau bahkan fulltime blogger maka waktu yang dibutuhkan juga sudah banyak. Ditambah lagi anda harus menyisihkan uang untuk membayar domain dan hosting setiap tahun. Apalagi jika anda belum mengetahui cara menulis artikel yang baik dan benar maka ada kemungkinan juga anda harus membeli ebook cara menulis artikel.

Kesiapan untuk membayar itulah yang terkadang menjadi kesulitan blogger pemula terutama jika hasil (penghasilan) yang diperoleh tidak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan.  Dengan kata lain perjuangan anda malah menurunkan semangat ngeblog dan berujung frustasi.

Kami mengharapkan artikel 6 Kesulitan yang membuat Para Blogger Pemula Frustasi lebih Cepat bisa Anda bagikan melalui media sosial di atas. Terima kasih

« Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya »
Next Post »
Mas Hartarto

Perkenalkan nama saya Mas Hartarto, admin dari SinarBlogging.net. Seorang blogger kampung yang suka berbagi informasi tentang tips menulis, dan tips blogging dan informasi lain yang terkait

2 Comments:

  1. Bener dulu juga saya yang menjadi kesulitan saat pengunjung sepi pernah berfikir untuk berhenti,tapi karena memang ini hobby saya bulatkan lagi tekadnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus semangat aja gan. Selain itu coba berbagai program menghasilkan uang dari online. Ketika ada yang nyangkut disitulah kesuksesan dimulai.

      Hapus

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih