8 Alasan Cerdas Anda Memilih Berwirausaha untuk Sukses

Tidak dapat dipungkiri bahwa menjadi wirausaha bisa mengantarkan seseorang menjadi sukses dan kaya dalam hidupnya. Bagaimana tidak, hal ini bisa kita lihat dari sebagian besar orang kaya didominasi oleh para wirausaha.  Makanya tidak heran jika banyak orang memilih menjadi seorang wirausaha daripada menjadi karyawan.

Memang tidak ada yang salah jika memilih menjadi karyawan. Namun jika menilik secara umum hanya sebagian kecil yang bisa menjadi kaya dengan profesi tersebut. Itupun sering kali terbatas pada posisi yang dijabatnya seperti direktur atau manajer sebuah perusahaan. Dengan 2 posisi itulah sukses dan kaya bisa diraih. Adapun jika sebatas karyawan tingkat bawah maka cukup sulit untuk sukses dan kaya hanya dalam beberapa tahun.

Berbeda halnya jika anda menjadi wirausaha. Berbagai peluang dan potensi kesuksesan bisa diraih dalam waktu lebih cepat. Tentunya hal itu sangat bergantung pada pengetahuan dan pengalaman anda dalam dunia bisnis. Meskipun demikian semua hal bisa dipelajari tidak terkecuali dunia usaha. Jadi, jangan takut jika anda benci menjadi karyawan kantor.

8 Alasan Cerdas Anda Memilih Berwirausaha untuk Sukses

Alasan cerdas anda memilih berwirausaha untuk sukses


1. Potensi sukses dan kaya menjadi lebih tinggi

Langkah cerdas jika anda mau menjadi seorang wirausaha karena hanya sedikit orang yang berani melakukannya. Sebagian orang lebih memilih menjadi karyawan dengan menerima gaji setiap bulan. Mereka menyangka bahwa dengan hal itu sudah cukup menjadikannya sukses dan kaya.

Padahal jika anda menjadi karyawan potensi sukses dan kaya menjadi terbatas. Ini dibuktikan dengan mudahnya penghitungan penghasilan perbulan atau jabatan yang bisa diperoleh kalau melewati syarat tertentu. Sehingga dalam beberapa bulan hampir tidak terjadi peningkatan berarti kecuali anda menjadi karyawan terbaik pada jangka waktu tersebut.

Tentunya hal tersebut tidak berlaku bagi seorang wirausaha. Ketika awal-awal pengembangan usaha mungkin penghasilan masih terbilang kecil, tetapi ketika usaha telah stabil dan mudah mendapatkan kepercayaan pelanggan disitulah istimewanya. Anda bisa mendapatkan penghasilan melimpah dari jerih payah yang telah anda keluarkan. Bahkan bisa jadi penghasilan tersebut hampir sama dengan gaji anda dalam beberapa bulan atau tahun.

2. Tidak ada ikatan untuk diatur oleh orang lain

Salah satu masalah dalam menjalani pekerjaan adalah dimarah-marahi atasan (bos) karena kesalahan yang telah anda lakukan. Memang setiap orang bisa melakukan kesalahan dalam bekerja. Namun jika mengacu pada kerja keras yang sudah anda lakukan maka teguran keras dari bos seperti tekanan mental yang sulit dilupakan.

Kabar baiknya kondisi tersebut tidak akan anda alami jika anda menjadi seorang wirausaha. Anda bisa bekerja dengan rasa aman dan nyaman sesuai dengan kemampuan yang anda miliki. Setiap kerja keras yang sudah anda lakukan maka anda sendiri yang akan menuaianya. Jadi, kalau usaha anda sudah optimal maka besar kemungkinan hasil yang diperoleh juga maksimal.

3. Daya kreatifitas dan imajinatif berkembang dengan baik

Seorang karyawan hanya bekerja sesuai arahan yang sudah diperintahkan oleh atasan. Karena itu tidak ada ruang baginya untuk mengembangkan kreatifitas dan imajinasi. Hasil kerja pun seringkali sudah bisa diprediksi dari awal sampai akhir pekerjaan tersebut selesai. Jadi, bisa dikatakan pekerjaannya selalu sama setiap harinya. Sehingga dalam kasus ini rasa bosan dan jenuh menjadi konsekuensi yang harus dihapdapi.

Sebaliknya jika anda memilih menjadi seorang wirausaha. Anda bisa berkreatifitas secara luas dan bebas sesuai dengan ide atau gagasan baru secara nyata. Anda bisa melakukan eksperimen cara atau strategi lain untuk mencapai kesuksesan hasil yang lebih baik. Terlebih lagi anda tidak akan disalahkan orang lain jika ternyata kreatifitas tersebut belum berjalan lancar.

4. Ingin lebih mandiri

Diantara hal yang membuat orang mau menjadi wirausaha adalah supaya terlihat lebih mandiri. Pada prinsipnya seorang karyawan dalam mencukupi hidupnya mengandalkan ketergantungan dari orang lain. Sehingga peghasilannya setiap bulan berdasarkan kerja sama antara bos dan anak buah.

Namun jika anda menjadi wirausaha maka setiap penghasilan yang anda peroleh berdasarkan kerja sama antar mitra usaha. Ringkasnya anda dan pelanggan memiliki posisi yang sama dalam kerja sama. Sehingga tidak ada yang dominan dalam mengatur atau memberi perintah yang bisa menimbulkan tekanan mental.

5. Keadaan terpaksa atau terdesak

Berkaitan dengan menjadi wirausaha anda juga harus tahu bahwa sebagian orang melakukannya karena keterpaksaan. Maksudnya mereka menjadi wirausaha kemungkinan karena telah dipecat dari kantornya atau tekanan mental dari orang lain yang membuatnya mengambil langkah berani.

Meskipun terlihat nekat pada dasarnya tidak jarang hal tersebut bisa menumbuhkan intregritas yang tinggi. Makanya tidak heran setelah berlalu beberapa bulan usaha yang dikembangkannya meraup penghasilan melimpah yang signifikan. Bukankah banyak orang yang sukses karena diawali keadaan ini?

6. Mendapatkan kepuasan dan rasa bangga berlipatganda

Rasa puas dan bangga seorang karyawan hanya terbatas pada pengakuan bos atau atasan ditempat anda bekerja. Makanya perasaan senang yang anda peroleh tidak akan membuat anda bergembira dalam waktu lama. Mangapa?

Bagaimanapun keadaan riang seorang karyawan teladan tugas selanjutnya telah siap menanti. Tentunya hal itu sering diikuti dengan tekanan atau deadline dari kantor. Sehingga kepuasan atau rasa bangga sebelumnya tidak menjamin anda bisa bekerja dengan keadaan aman dan nyaman.

Mencermati kasus ini rasanya kepuasan dan rasa bangga seorang wirausaha ketika berhasil dalam suatu proyek tidak bisa dibandingkan dengan seorang karyawan. Bagaimana tidak, wirausaha bekerja untuk dirinya sendiri dan tidak mengharapkan pengakuan dari orang lain. Maka jangan heran jika rasa senang yang mereka impikan dalam bekerja bisa berlipatganda. Bahkan bisa saja perasaan itu bertahan dalam waktu yang cukup lama dan sulit dilupakan. Apalagi jika momen tersebut terjadi pada saat usaha bisnis baru berkembang.

7. Punya waktu bersama keluarga lebih sering

Biasanya setiap karyawan yang bekerja pada sebuah kantor mengharuskan dirinya tidak bertemu dengan keluarga. Memang kadar pertemuan dengan keluarga bisa terjadi setiap hari, tetapi jika mengacu pada waktu terjadinya maka kemungkinan besar hanya pada waktu malam sampai pagi hari sebelum berangkat kerja.

Adapun jika anda menjadi wirausaha potensi untuk bertemu keluarga lebih sering bisa dengan mudah anda dapatkan. Bahkan ditengah kesibukan anda dalam bekerja ada kemungkinan anda membawa anggota keluarga. Itulah mengapa banyak wirausahawan yang akhirnya tidak mau lagi mencoba menjadi karyawan untuk meraih kesuksesan.

8. Sedih melihat banyak orang jadi pengangguran

Ada juga sebagian orang yang ingin menjadi wirausaha karena melihat orang-orang dilingkungan sekitarnya masih berstatus pengangguran. Bagi orang yang berjiwa pengusaha hal ini menjadi kesempatan ideal untuk sama-sama mendapatkan keuntungan. Dengan membuat usaha baru yang potensial seorang wirausaha bisa memanfaatkan tenaga mereka untuk mengembangkan bisnis anda.

Memang ada kemungkinan mereka menolak tawaran anda menjadi karyawan karena alasan minat atau hal lainnya. Namun jika mereka melihat hanya itu peluang mencari penghasilan maka ujung-ujungnya mereka akan mengalah dan mau bekerja sama dengan anda. Dari sini bisa diambil hikmah bahwa anda menjadi wirausaha karena pilihan sedangkan di sisi lain anda bisa membantu orang lain mendapatkan penghasilan.

Kesimpulannya, meskipun bekerja dan meraih kesuksesan dan penghasilan bergantung pada kerja keras. Namun tidak menutup kemungkinan ada jalan-jalan meraihnya dengan cepat atau lambat, mudah atau susah, efektif atau tidak efektif dan sebagainya. Terlepas dari hal itu alasan untuk memilih menjadi wirausaha menjadi pintu sukses terbesar karena menawarkan berbagai keunggulan yang tidak dimiliki oleh para karyawan kantor. Jadi, anda mau menjadi wirausaha?

2 komentar:
Write Comments
  1. hal yang utama untuk berwirausaha adalah agar dekat dengan keluarga, karena semangat dan dukungan yang diberikan oleh keluarga sangat berpengaruh terhadap tingkat kesuksesan berwirausaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali apa yang anda katakan.

      Hapus

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih