Home » » Tips Jitu Mengatasi Rasa Takut Ketika Memulai Berbisnis bagi Pebisnis Pemula

Tips Jitu Mengatasi Rasa Takut Ketika Memulai Berbisnis bagi Pebisnis Pemula

Seorang pebisnis harus berusaha meningkatkan keahlian dan kemampuannya dalam mengelola usaha dengan mengabaikan rasa takutnya. Tujuannya jelas supaya apa yang telah direncanakan bisa berjalan lancar dan memuaskan. Selain itu juga untuk menghindari risiko kerugian sehingga modal yang sudah dikeluarkan bisa cepat kembali dan untuk segera diraih.

Masalahanya bagi pebisnis pemula rasa takut untuk memulai bisnis masih sangat tinggi. Hal ini ditandai dengan mudahnya mereka melakukan kesalahan yang pada dasarnya bukan kesalahan perhitungan. Namun yang terjadi adalah lemahnya kepercayaan diri untuk bekerja. Tentu saja ini menjadi masalah serius jika dikaitkan dengan dunia usaha yang penuh dengan persaingan sengit.

Di sisi lain muncul juga pertanyaan yang menjadi biang keladi ketakuatan pebisnis pemula yang menyeramkan. Diantaranya sudah benarkan cara berbisnis yang sedang saya rintis ini?, Apakah benar produk saya ini bisa laku di pasar Indonesia atau global? Apakah pengetahuan saya tentang pemasarannya sudah efektif atau belum?, Jika rugi saya belum siap untuk gagal atau bangkrut, dan segudang ketakutan lainnya yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu.

Maka dari itu sudah semestinya bagi anda untuk terus melawan rasa khawatir yang berlebihan setiap memulai berbisnis. Memang tidak bisa dikatakan mudah, tetapi setidaknya dengan tips berikut ini anda bisa mengurangi rasa takut tersebut menjadi sebuah tantangan bisnis yang harus dilalui.

Tips mengatasi perasaan takut saat memulai bisnis


Tips Jitu Mengatasi Rasa Takut Ketika Memulai Berbisnis bagi Pebisnis Pemula

1. Perlebar zona nyaman

Merupakan hal yang mustahil jika sebuah bisnis tidak memiliki risiko apapun. Bahkan yang ada adalah setiap bisnis yang dilakukan manusia pasti memiliki potensi untuk gagal. Karena itu tidak ada alasan bagi pebisnis untuk terus diam dan memikirkan perkembangan usaha.

Dalam beberapa kasus banyak orang yang merasa cukup dengan apa yang sudah diraihnya. Akibatnya ketika terjadi perkembangan global bisnis yang mereka jalankan mengalami kekalahan dalam persaingan usaha. Ketika itu terjadi maka besar kemungkinannya kegagalan tinggal menunggu waktu.

Karena itu segera perlebar zona nyaman anda dalam berbisnis. Anda harus punya rencana bisnis yang selalu mengacu pada perkembangan global. Anda juga harus berani menghadapi risiko dari kegagalan. Dengan begitu anda akan terus berusaha untuk maju dan tidak terlena oleh kesuksesan sekarang.

2. Pelihara sifat dan sikap positif

Seorang pebisnis yang baik akan selalu berpikir untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan memuaskan. Begitu juga berlaku sebaliknya bagi pebisnis yang jelek, mereka akan berpikir untuk mendapatkan hasil minimal atau sekedar bisa bertahan dalam dunia usaha. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa bertahan dalam dunia bisnis sangatlah berat. Apalagi jika tidak dibarengi pengetahuan dan pengalaman yang memadai.

Meskipun demikian tidak seharusnya anda mudah untuk berpikir sempit. Cobalah untuk menjadi pebisnis yang benar-benar berusaha dan berjuang untuk kesuksesan yang lebih besar.

Perlu juga anda tahu bahwa sebagian besar pebisnis pernah mengalami kegagalan dalam usahanya. Namun mereka tetap berpikir positif dan maju. Sehingga dalam keadaan tersebut otaknya yang bekerja lebih banyak, apa yang terjadi?

Diantara mereka berhasil keluar dari jurang kegagalan menuju puncak keberhasilan. Bahkan apa yang telah mereka korbankan berhasil ditutupi oleh keuntungan bisnis yang berikutnya. Maka dari itu berpikir positif merupakan salah satu kunci untuk berhasil dalam berbisnis.

3. Miliki persiapan untuk mengatasi ketakutan

Setiap pebisnis pasti merasa takut dengan kegagalan atau kebangkrutan. Ini merupakan hal yang wajar dirasakan oleh siapapun. Namun yang perlu digarisbawahi adalah bagaimana cara anda untuk menghadapi kemungkinan terburuk tersebut.

Dalam rangka mengatasi ketakutan tersebut cobalah untuk menyediakan persiapan yang matang dalam setiap langkah bisnis yang anda rencanakan. Usahakan juga ada strategi cadangan manakala ada hal-hal yang mengakibatkan rencana pertama tidak berhasil. Dengan demikian potensi kegagalan atau risiko kerugian bisa ditekan hingga berkali-kali lipat.

Sebagai tambahan strategi bisnis sebaiknya anda memikirkan juga beberapa kemungkinan yang akan terjadi pada setiap langkah yang anda ambil. Ini sangat krusial karena anda tidak bisa mengetahui dengan pasti apa yang akan terjadi. Meski begitu mengetahui beberapa skenario kejadian yang mungkin terjadi dilapangan bisa membuat anda lebih tenang mengembangkan usaha bisnis tersebut. Sehingga anda bisa optimis dalam menghadapi persaingan usaha secara sehat.

4. Bersedia mengalami kegagalan

Yang namanya bisnis tentu ada peluang penghasilan yang besar dan juga ada risiko kerugian yang besar. Kenyataan ini harus anda camkan benar-benar sebagai konsekuensi seorang pebisnis atau wirausaha.

Menyikapi hal ini maka tidak ada jalan lain bahwa anda harus siap untuk mengalami kegagalan. Jangan pesimistis dengan kemungkinan kerugian atau kegagalan karena hampir setiap pengusaha pernah mengalami masalah ini.

Kegagalan memang bisa anda alami suatu saat, tetapi seorang pebisnis sukses selalu belajar dari kesalahan dan berusaha memperbaikinya. Setelah itu berusaha mengambil momen berharga untuk bangkit dan melakukan terobosan strategi pengembangan usaha. Akhirnya apa yang terjadi? Kesuksesan bisnis bisa raih dan ternyata sebagian besar kesuksesan tersebut bertahan dalam waktu yang lama.

5. Lakukan langkah segera

Salah satu kesalahan pebisnis pemula adalah kurang percaya diri mengambil langkah nyata. Sebagian besar masih memperkirakan dengan ragu apakah yang dilakukannya sudah benar atau belum.

Secara matematika memang hal ini harus dipikirkan. Namun perlu anda catat bahwa situasi menjadikan anda tidak segera mengambil langkah untuk memulai. Akibatnya anda semakin sibuk mencari pengetahuan secara teori, tetapi tidak pernah berani untuk merealisasikannya. Padahal tindakan atau “Action” adalah langkah pertama memulai strategi bisnis.

Bahkan yang terjadi adalah ada sebagian pebisnis yang sengaja melakukan kesalahan untuk mencari tahu seberapa besar dampak yang bisa ditimbulkannya. Meskipun begitu bagi pebisnis pemula sebaiknya mengambil langkah yang sederhana dulu dan tidak memiliki risiko besar. Rugi sedikit dari modal anda itu tidak masalah asalkan anda mengetahui cara kerja dan percaya bahwa hal itu memberikan pengalaman berharga untuk kemajuan bisnis atau cara berpikir anda. Ketika hal itu anda lakukan maka anda berhasil membuka salah satu kunci bisnis.

Kesimpulannya, terlepas dari niat dan tujuan anda memasuki dunia bisnis memang mengembangkan usaha ditengah persaingan bisnis menjadi yang sulit untuk dipertahankan. Meski begitu bukan berarti keberhasilan tidak bisa anda raih. Pantang menyerah, percaya diri dan optimis dengan setiap langkah yang anda rencanakan dengan segala pertimbangan menjadi modal berharga untuk berjaya. Untuk itu jangan perbesar rasa takut anda dengan hal-hal yang menjurus pada berpikir negatif untuk menuju kesuksesan. Selamat berjuang! Semoga sukses!

Kami mengharapkan artikel Tips Jitu Mengatasi Rasa Takut Ketika Memulai Berbisnis bagi Pebisnis Pemula bisa Anda bagikan melalui media sosial di atas. Terima kasih

« Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya »
Next Post »
Mas Hartarto

Perkenalkan nama saya Mas Hartarto, admin dari SinarBlogging.net. Seorang blogger kampung yang suka berbagi informasi tentang tips menulis, dan tips blogging dan informasi lain yang terkait

0 Comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih