Home » » 8 Tips dan Cara Menumbuhkan Motivasi Diri Sendiri untuk Sukses

8 Tips dan Cara Menumbuhkan Motivasi Diri Sendiri untuk Sukses

Merupakan hal yang mustahil untuk mencapai kesuksesan sementara motivasi anda melemah. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa tantangan dan cobaan dalam hidup terkadang membuat seseorang merasa kecewa dan frustasi. Makanya tidak heran jika sebagian dari mereka memilih mundur teratur dan akhirnya tidak punya tujuan hidup yang lebih tinggi.

Mencoba untuk bertahan saja tidak jarang sulit dilakukan apalagi untuk bangkit dan berkembang. Meskipun hal ini merupakan kabar buruk bagi sebagian generasi muda di Indonesia nyatanya pola pikir seperti ini masih ada yang memakainya. Itulah kenapa mereka tidak pernah berjuang keras untuk mencapai puncak kesuksesan. Bahkan yang terjadi adalah mereka merasa tidak pantas bermimpi setinggi-tingginya karena hal tersebut hanya akam melukai diri sendiri.

Meskipun demikian sebenarnya hidup tanpa motivasi diri untuk sukses membuat kebiasaan yang buruk. Sehingga hampir setiap hari mereka melakukan kegiatan-kegiatan yang mengarah kepada hura-hura, santai dan bermalas-malasan. Akibatnya mereka menjadi orang yang tidak memiliki mental orang sukses. Lalu bagaimana cara menumbuhkan motivasi?

8 Tips dan Cara Menumbuhkan Motivasi Diri Sendiri untuk Sukses

Cara menumbuhkan motivasi dalam diri untuk sukses


1. Mempunyai mimpi dan tujuan hidup

Banyak orang yang takut bermimpi setinggi-tingginya karena jika terjatuh (tidak tercapai) rasanya sakit sekali. Karena itu mereka tidak berani bermimpi tinggi dan memilih mengarungi hidup seperti orang kebanyakan.
Masalahnya adalah ketika anda tidak berani bermimpi maka coba tengok keadaan orang-orang yang mempunyai pola pikir seperti itu. Apakah hidup mereka berubah menjadi lebih baik atau mereka terus hidup dalam keadaan seperti itu?

Mari renungkan sejenak!

Karena itu anda perlu mimpi yang tinggi untuk terus berkembang dan mencapai tujuan hidup yang lebih baik. Ingat, mimpi dan tujuan hidup yang bahkan terdengar mustahil untuk dicapai ternyata bisa dilakukan oleh tokoh-tokoh Indonesia atau internasional. Diantara mereka adalah Merry Riana, Thomas Alfa Edison, dan lain-lain.

2. Miliki rencana yang terstruktur

Salah satu penyebab gagalnya kesuksesan adalah ketidaksiapan menghadapi situasi dan perkembangan zaman. Banyak orang yang memiliki mimpi dan tujuan hidup yang tinggi. Namun kelalaian dalam perencanaan berujung pada cara pandang bahwa hal tersebut sulit diwujudkan.

Mengacu pada masalah ini maka setelah anda mantap dengan mimpi dan tujuan hidup yang tinggi segera kunci target tersebut dengan rencana strategisnya. Dengan begitu langkah-langkah anda secara perlahan mengarahkan anda pada jalan kesuksesan.

Memang bagi sebagian orang memiliki rencana yang tersusun rapi untuk sukses terkadang sulit dilakukan. Kabar baiknya anda tidak perlu menyusun rencana tersebut sejak dari nol. Anda bisa melihat dan mempelajari langkah-langkah apa saja yang sudah dilakukan oleh orang yang telah sukses untuk menuju kesuksesannya.

3. Catat perkembangan anda

Setelah anda selesai dengan membuat rencana maka langkah selanjutnya adalah merealisasikannya. Dalam sebagian kasus mungkin ada beberapa langkah yang belum tercapai. Namun jangan khawatir jika ternyata secara keseluruhan perkembangan strategi anda semakin dekat dengan kesuksesan.

Adapun untuk langkah yang masih terlewatkan cobalah untuk mempelajarinya lagi. Kalau memang harus dilakukan maka segera lakukan, tetapi jika ternyata langkah tersebut sudah ditutupi oleh langkah yang lain sebagai gantinya maka tidak perlu anda lakukan.

Meskipun begitu lebih baik setiap langkah yang sudah anda rencanakan cukup realistis untuk dilakukan. Sehingga konsekuensi jika terjadi kesalahan menjadi semakin kecil. Sebagai tambahan sebaiknya catat perkembangan rencana anda dalam setiap hari, minggu dan bulan.

4. Membaca buku motivasi

Kenyataannya banyak orang yang mengalami kesusahan dalam waktu lama. Sehingga keinginan untuk maju terhambat oleh pikiran masa lalu. Akibatnya motivasi diri yang dimilikinya sebatas pada supaya bisa lari dari kesusahan tersebut dan tidak terlalu berharap memperoleh kebahagiaan maksimal.

Saya menyadari bahwa tidak  mudah untuk keluar dari kesusahan pikiran derita masa lalu. Namun yakinlah bahwa tidak baik terus menerus menyesali masa lalu tersebut. Sekarang tugas anda adalah menciptakan masa depan yang baik dan bisa dibanggakan.

Membaca buku motivasi sedikit banyak akan mempengaruhi pola pikir anda menjadi lebih optimis dan inspiratif. Bahkan saya dulu juga termotivasi untuk keluar dari jurang tersebut dengan buku motivasi. Anda bisa membaca buku The Power of Kepepet karangan Jaya Setiyabudi atau The Way to Win karya Solikhin abu Izzudin.

5. Mengikuti seminar motivasi

Menumbuhkan motivasi diri untuk sukses bisa juga anda lakukan dengan mengikuti seminar-seminar motivasi. Jika kebetulan ada seminar motivasi disekitar kota atau daerah anda tinggal anda bisa mendaftar menjadi tamunya. Namun jika anda suka menyaksikan dari layar TV rumah jangan khawatir karena ada beberapa program TV inspiratif. Diantara program tersebut adalah Impossible jadi I’m possible dengan presenter Merry Riana, Kick Andi, dan lain-lain.

Dengan mengikuti seminar motivasi anda bisa mendengarkan para motivator berbicara tentang berbagai kesulitan atau kesusahan yang dialami banyak orang dan cara mengatasinya. Melalui seminar tersebut mudah-mudahan motivasi diri anda untuk sukses semakin tinggi.

6. Berteman dengan orang bijak dan berjiwa optimis

Adakalanya teman yang anda pilih akan berpengaruh terhadap motivasi diri. Jika anda berteman dengan orang yang suka hura-hura, bersantai-santai dalan hidup atau bermalas-malasan maka jangan harap anda bisa menjadi pribadi yang cerdas melihat masa depan. Bahkan bisa jadi anda bisa terjebak pada kebiasaan mereka yang tidak produktif.

Berbeda halnya jika anda berteman dengan orang yang bijak. Kebiasaan baik yang mereka lakukan akan mengarahkan anda untuk melihat kesuksesan hidup sebagai tujuan. Pola pikir mereka yang kreatif dan inspiratif secara perlahan membuat motivasi anda terus tumbuh dengan subur. 

7. Beri reward (penghargaan)

Motivasi diri biasanya akan meningkat karena ada penghargaan kecil yang didapatkan. Sebagian orang melupakan momen untuk memberikan reward (penghargaan) terhadap diri sendiri. Sehingga setelah menyelesaikan salah satu langkah menuju kesuksesan tidak ada perasaan “Wah” yang bisa dirasakan. Inilah yang menyebabkan motivasi cenderung stagnan (berjalan ditempat / tidak bertambah) bahkan ada kemungkinan menurun walaupun sedikit.

Sebenarnya dalam pemberian reward atau penghargaan tidak perlu yang berbau mewah seperti jalan-jalan. Namun dalam kasus ini anda bisa membeli barang-barang yang sebenarnya mengarahkan pada memudahkan jalan menuju kesuksesan. Atau anda bisa mengumpulkan tim sukses atau keluarga untuk merayakannya dengan diskusi sambil makan-makan.

8. Belajar dari kegagalan masa lalu

Pada dasarnya tidak ada orang yang sukses dalam sekali percobaan. Bahkan yang terjadi adalah sebagian besar orang sukses di dunia mengalami kegagalan. Makanya tidak heran kalau sebagiannya bisa menderita kegagalan berluang kali.

Meskipun begitu orang yang memiliki motivasi tinggi akan memandang hal itu sebagai bumbu-bumbu kehidupan yang harus dilalui. Mereka tidak takut gagal karena dari situ mereka belajar banyak hal yang pada akhirnya menjadikan mereka lebih cerdas dalam mencari celah kesuksesan.

Kesimpulannya, terlepas dari tingkat motivasi setiap manusia yang berbeda-beda tentunya sangat menarik dan membanggakan jika anda berjalan dengan motivasi tinggi. Memang tidak mudah untuk memiliki rasa optimisme yang tinggi karena hal itu dipengaruhi oleh beberapa alasan. Namun dengan 8 tips dan cara menumbuhkan motivasi diri di atas saya rasa kesuksesan anda sudah semakin dekat. Anda setuju?

Kami mengharapkan artikel 8 Tips dan Cara Menumbuhkan Motivasi Diri Sendiri untuk Sukses bisa Anda bagikan melalui media sosial di atas. Terima kasih

« Sebelumnya
« Prev Post
Berikutnya »
Next Post »
Mas Hartarto

Perkenalkan nama saya Mas Hartarto, admin dari SinarBlogging.net. Seorang blogger kampung yang suka berbagi informasi tentang tips menulis, dan tips blogging dan informasi lain yang terkait

2 Comments:

  1. nomor 8 itu sangat memotivasi saya dari gagal utk lebih maju :D thanks infonya gan

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih