4 Faktor Blog Masuk Halaman Pertama Mesin Pencari Google

Tidak dapat dipungkiri bahwa tugas berat seorang blogger adalah menulis artikel. Bagaimana tidak, menulis bukan pekerjaan yang mudah. Apalagi jika harus menulis konten yang berkualitas maka bisa dipastikan akan membutuhkan waktu yang lama hingga beberapa jam di depan komputer.

Beberapa tahun yang lalu Google telah mengeluarkan panduan mengoptimasi blog atau website pada mesin pencari. Namun demikian algoritma Google yang terus diperbaharui menjadikan panduan tersebut hanya bersifat umum. Sehingga untuk menjadikan artikel masuk halaman pertama Google tetap butuh strategi berikutnya.

Memang lalu lintas organik menjadi sangat membantu blog menjaga kestabilan jumlah pengunjung. Tentu saja akan lebih mudah jika artikel yang telah anda tulis terus masuk peringkat yang tinggi di mesin pencari.

Masalahnya untuk bisa bertengger di halaman pertama mesin pencari seperti Google kenyataan bisa berbicara lain. Ini karena persaingan yang semakin ketat sehingga kualitas artikel menjadi acuannya.

4 Faktor Blog Masuk Halaman Pertama Mesin Pencari Google

4 Faktor blog bisa masuk halaman pertama mesin pencari


1. Usia blog

Berbicara masalah usia blog tentu tidak dapat dipisahkan dengan istilah pengenalan blog pada mesin pencari.

Sebelum pihak mesin pencari memberikan posisi yang layak untuk sebuah artikel maka terlebih dahulu harus ada jam terbang untuk blog tersebut.

Mari melirik sedikit tentang program Google Adsense. Untuk menjadi pubisher Adsense pihak Google memberikan batas minimum 6 bulan di beberapa negara (untuk sub domain Blogspot) sehingga blog tersebut layak dipertimbangkan. Jika belum memenuhi syarat tersebut kemungkinan besar tidak akan diterima.

Adapun untuk domain berbayar membutuhkan waktu sekitar 3 bulan sebelum layak untuk ambil bagian menjadi publisher Adsense.

Mengenai hal ini tentu menjadi jelas bahwa usia menjadi jembatan Google memonitor jumlah lalu lintas pada blog. Makanya tidak heran kalau blog yang masih baru sulit mendapatkan posisi halaman pertama mesin pencari Google untuk postingan artikelnya.

Meskipun demikian sebenarnya hal ini berlaku sementara. Bagaimana pun juga ketika blog anda telah lebih dari 1 tahun maka artikel baru pun bisa masuk halaman pertama Google dalam waktu beberapa hari.

2. Kualitas artikel

SEO artikel seperti meta deskripsi dan permalink mengawali strategi mencari posisi yang layak pada search engine Google. Bagaimanapun juga teknik ini adalah syarat sebelum anda mempublikasikan ke publik.

Meski begitu algoritma Google terbaru menyatakan bahwa artikel yang berkualitas juga dipengaruhi oleh perilaku pengunjung.

Ketika pengunjung merasa betah membaca maka mengindikasikan konten tersebut memang memiliki daya tarik yang kuat.

Dengan demikian coba anda periksa lama pengunjung dalam membaca blog. Anda bisa menggunakan Google Analytic atau Histats atau tool monitor blog yang lain. Dari situ silahkan cermati berapa lama pengunjung rata-rata membaca artikel anda.

Apakah butuh 1 menit, 2 menit, 3 menit, 4 menit atau lebih dari 10 menit untuk bertahan pada halaman tersebut. Mengapa penting?

Lama membaca menjadi alasan Google bahwa artikel tersebut benar-benar ditulis untuk manusia dan mendapat perhatian serius mereka.

Makanya silahkan berlomba-lomba menulis artikel yang berkualitas untuk manusia. Bagaimanapun juga apa yang bagus pada perilaku manusia maka secara otomatis akan dianggap berkualitas untuk mesin pencari.

Baca juga:  Inilah 8 Tips Jitu Latihan Menulis Paling Mudah dan Cepat Berhasil

3. Jumlah kata

Ketika anda telah merasa menulis artikel yang berkualitas maka hal itu belum menjamin bahwa artikel anda langsung masuk halaman pertama mesin pencari.

Banyaknya para pesaing yang menulis artikel dengan judul yang serupa menjadikan persaingan di search engine semakin sengit. Di tambah lagi optimasi blog yang berkaitan dengan jumlah backlink juga berbeda. Inilah yang menyebabkan blog terkadang sulit menyentuh halaman pertama.

Dalam beberapa kasus ada juga blog dengan jumlah backlink sedikit, tetapi sukses mencapai puncak tertinggi halaman Google.

Mungkin anda menganggapnya aneh dan jarang terjadi. Namun begitu kenyataan terkadang tidak sesuai perkiraan. Apa sebabnya?

Blog tersebut bisa saja memiliki jumlah backlink sedikit, tetapi jika mengacu pada artikel yang ditulisnya maka kualitas lah yang berbicara. Di samping itu jumlah kata bisa menjadi kunci terakhir menuju peringkat atas dari mesin pencari.

Bahkan menurut Buzzumo peringkat 10 besar di search engine biasa menjadi milik konten blog dengan panjang artikel di atas 2000 kata. Bisa dikatakan perincian membahas topik menjadi nilai lebih untuk penulisnya.

Jika artikel anda kalah dalam kualitas dan jumlah kata maka besar kemungkinan target halaman pertama Google hanyalah impian. Dalam kasus ini pemilihan materi menjadi titik temu 2 hal tersebut karena materi yang cenderung sedikit tidak bisa ditulis menjadi tulisan mendetail.

Baca juga :  Inilah Manfaat Menulis Artikel yang Panjang

4. Peringkat Domain Autority (DA) dan Page Autority (PA)

Blog yang telah berkembang biasanya memiliki reputasi yang dapat dilihat melalui Domain Autority (DA) dan Page Autority (PA). Dulu mungkin Page rank masih aman sebagai acuan peringkat blog selain Alexa rank. Namun sekarang hal itu telah berkembang menjadi DA dan PA.

Baca juga :  Kenali Pengertian Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA)

Blog yang bagus sering memiliki DA dan PA puluhan ( sekitar 30-an diantara skor 0-100 ). Jika blog anda masih sub-domain maka mengikuti domain induk yaitu Blogspot dengan skor 93.

Namun bagi blog dengan domain berbayar (Top Level Domain) maka anda harus berusaha lebih keras dimulai dari skor 0 berdasarkan DA dan PA. Untuk mendapatan reputasi yang baik anda membutuhkan konten yang berkualitas dengan pembahasan yang mendetail.

Di samping itu anda harus menyiapkan strategi menulis yang memungkinkan pengunjung merasa aman dan nyaman untuk berlama-lama membaca. Dengan begitu blog anda bisa menjadi blog otoritas. Dengan alasan inilah anda bisa meningkatkan DA dan PA.

Adapun blog yang memiliki DA dan PA rendah maka sangat mungkin hanya menempati urutan 50 sampai 100 besar pada mesin pencari. Jika itu terjadi maka anda harus berjuang lebih keras untuk meningkatkan kualitas artikel sehingga DA dan PA blog anda terus meningkat.

Baca juga : Situs Cek Domain Authority dan Page Authority Website atau Blog

Terlepas dari susahnya menulis artikel yang baik dan berkualitas. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa serangkaian proses mengelola dan mengoptimasi halaman blog tetap harus anda jalani. Karena anda telah mengetahui trik dan cara agar blog  masuk di halaman pertama search engine Google maka besar harapan anda mendapatkan lalu lintas yang melimpah dengan banyaknya pengunjung.

Tidak ada komentar:
Write Comments

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih