9 Alasan Cerdas untuk Memulai Ngeblog / Blogging Sekarang

Ketika perkembangan internet semakin cepat maka akitivitas yang paling direkomendasikan adalah ngeblog atau blogging. Bagaimana tidak, banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari kemajuan ini. Bahkan jika anda bisa memanfaatkan media blog dengan cerdas maka besar kemungkinannya anda bisa mencapai kesuksesan.

Sayangnya masih ada sebagian pengguna internet yang belum mengenal istilah ngeblog ini. Ini memang wajar terutama jika mereka lebih sering akrab dengan media sosial seperti Facebook. Makanya tidak heran kalau mereka tidak memiliki keinginan mulai membuat blog atau website pribadi.

Meskipun demikian sebenarnya kurang tepat jika anda tidak mau memulai blogging sekarang dan anda lebih memilih fokus memposting status kurang bermanfaat di media sosial. Maka jangan salahkan jika dalam beberapa tahun kedepan anda akan tertinggal dan tertunda mencapai sebuah mimpi atau harapan.

9 Alasan Cerdas untuk Memulai Ngeblog / Blogging Sekarang

Alasan cerdas memulai nge-blogging sekarang


1. Memulainya sangat mudah dan murah

Mungkin anda takut untuk memulai sebuah blog pribadi karena merasa tidak bisa membuatnya. Padahal membuat blog pribadi bisa dibilang cukup mudah dan bisa anda lakukan sendiri. Sebagai langkah awal anda bisa mencoba membuat blog di platform gratisan milik Google yaitu Blogspot (Blogger.com). Banyak juga blogger yang mangandalkan platform gratis ini sebagai media ngeblog dan mereka cukup sukses. Jadi, blog anda akan menjadi “nama-blog-anda.blogspot.com”
Namun kalau anda ingin membuat blog yang lebih profesional anda bisa mencoba costum domain di Blogspot dengan membeli domain berbayar. Jadi, blog anda nantinya menjadi “nama-blog-anda.com”.

Jangan khawatir karena harga sebuah domain berbayar cukup murah berkisar 110-140 ribu rupiahuntuk jangka pertahun. Eith, ada kabar baiknya juga karena beberapa situs layanan jasa hosting dan domain terkadang memberikan diskon hingga 30 % dari harga normal. Jadi, bisa dikatakan anda jangan terburu-buru membeli domain berbayar (TLD- Top Level Domain) kalau dana anda masih terbatas.

Meski demikian kalau anda telah yakin mau membuat blog dengan sewa hosting dan domain TLD maka ada 3 situs jasa sewa hosting dan domain yang saya rekomendasikan. Diantaranya adalah “DewaWeb.com”, “NiagaHoster.co.id”, dan “Domainesia.com”. Adapun soal harga berkisar 170-240 ribu pertahun itupun sudah termasuk domain berbayar (“.Com”, “.Net”, “.Org”, dll).

2. Tidak menuntut keahlian menulis tingkat tinggi

Pada dasarnya tidak ada standar khusus yang harus dimiliki ketika membuat blog. Bahkan yang ada adalah siapapun bebas membuat blog dan mengelolanya sesuai dengan kemampuan menulis yang baru dimiliki. Makanya jika anda perhatikan sebagian blog diinternet pasti ada beberapa blog yang tulisannya biasa saja atau dengan keahlian menulis seadanya.

Berkenaan dengan tulisan diblog memang sangat disarankan anda bisa menulis artikel dengan jumlah di atas 300 kata. Bagi anda yang baru pertama kali menulis artikel mungkin sedikit susah menghasilkan artikel dengan jumlah kata tersebut. Namun ada baiknya anda berusaha keras untuk mewujudkannya dan menganggapnya sebagai tantangan yang harus anda lalui.

Jika pun anda belum mampu maka boleh juga anda posting artikel pendek dengan disertai gambar atau video. Sambil anda melakukan hal tersebut cobalah untuk belajar menulis artikel yang lebih panjang. Untuk mempermudah hal ini sangat disarankan anda sering-sering membaca artikel blog orang lain, artikel di koran, artikel di media berita online, dll.

Namun jika ternyata anda memang sangat kesulitan untuk belajar menulis artikel maka anda bisa membeli sebuah ebook yang berbicara tentang cara menulis artikel. Ada beberapa ebook yang bisa anda pertimbangkan untuk dibeli seperti Juragan Artikel dan SEO Writing.

Baca juga: Cara Belajar Menulis Artikel bagi Pemula

3. Tempat berbagi informasi dan pengetahuan

Sudah saya singgung di atas bahwa keahlian menulis bukanlah syarat utama ketika membuat blog. Sebenarnya pada konten blog anda bisa menuliskan berbagai informasi dan ilmu pengetahuan yang bermanfaat kepada orang lain. informasi di sini tidak berarti harus berupa berita hangat yang sedang dimuat diberbagai media massa. Anda bisa menuliskan informasi tentang sesuatu yang sedang terjadi disekitar anda seperti informasi berbagai alamat toko atau warung makan.

Adapun tentang berbagi ilmu pengetahuan anda bisa menuliskan ilmu pengetahuan tentang dunia peternakan. Membahas cara memilih ternak yang baik, tips membeli binatang ternak murah, atau cara mengembangkbiakan binatang ternak secara efektif dan efisien.

Yang jelas tulis saja kejadian terhangat di sekitar kota tempat anda tinggal. Jangan terpaku dengan cara pandang harus memberikan informasi dan pengetahuan yang sangat ilmiah. Terkungkung dengan anggapan ini akan membuat anda sulit untuk rutin memposting artikel diblog. Usahakan bisa menerbitkan artikel secara rutin meskipun hal itu bukan merupakan tulisan yang sempurna.

4. Dapat dilakukan di mana saja

Salah satu keistimewaan seorang blogger adalah bisa bekerja sesuai waktu yang diinginkan. Bagai seorang karyawan bekerja 8 jam sehari dari jam 8 pagi samapi 4 sore sudah menjadi hal yang wajib. Namun hal ini tidak berlaku bagi seorang blogger.

Kenyataan membuktikan bahwa seorang blogger bisa memilih waktu kapan saja untuk bekerja baik itu pagi, siang, sore atau malam hari. Itupun bisa dikatakan memiliki kemungkinan kecil akan mengganggu pekerjaan utama anda.

Jika anda sibuk di siang hari maka anda bisa ngeblog di sore atau malam hari. Jika anda sibuk dikantor maka anda bisa ngeblog dirumah. Bahkan anda bisa melakukan blogging di sela-sela waktu anda bepergian jauh. Jadi, kapan anda mau mulai membuat blog?

5. Meningkatkan rasa percaya diri dan optimisme

Apakah anda termasuk orang yang pemalu dan kurang percaya diri untuk menunjukkan bakat dan potensi diri? Sebagian orang bisa keluar dari masalah tersebut karena bantuan orang lain, tetapi tidak jarang sebagian yang lain tetap terjerat lingkaran ini karena tidak tahu harus berbuat apa.

Terkait dengan hal ini maka membuat blog pribadi dan mulai memposting artikel sedikit banyak bisa menurunkan tingkat pemalu dan rasa kurang percaya diri. Percaya atau tidak sebagian orang memilih menjadi blogger karena merasa kurang percaya diri ketika berinteraksi dengan orang lain. Karena itu mereka memilih cara lain supaya bisa berinteraksi dengan orang banyak dan senang saat melakukannya.

Selain itu sebagian orang merasa menghadapi kesulitan yang sangat ketika berbicara tentang kesuksesan. Sebagian merasa rendah diri dan pesimis untuk meraih kesuksesan karena merasa jalan yang dilalui terlalu rumit dan melelahkan. Apalagi jika menilik masalah waktu yang harus dikorbankan tidak sebanding dengan peningkatan prestasi. Makanya tidak heran jika mereka menganggap kesuksesan hanya sebatas untuk orang-orang tertentu saja dan bukan dirinya.

Berbeda halnya jika anda segera mempunyai blog dan siap mengelolanya. Apa yang akan anda lakukan ini secara bertahap mengarahkan pola pikir bahwa kesuksesan itu ternyata dekat. Itulah alasan mengapa para blogger rela bekerja keras karena sudah tertanam pada hati dan otaknya bahwa kesuksesan itu bisa direalisasikan oleh siapa saja.

6. Menjadi peneliti baru

Ketika anda terjuan dalam dunia tulis menulis diblog maka secara tidak sadar anda akan berusaha mencari bahan referensi yang mencukupi untuk materi artikel tersebut. Dari sini maka bisa diketahui bahwa anda hanya akan menyajikan artikel-artikel yang layak dipertanggungjawabkan mengenai keilmiahannya.

Semakin lama anda mengelola blog maka jumlah artikel diblog anda akan semakin banyak. Seiring dengan akrabnya anda menulis artikel dengan materi atau topik yang sama maka besar kemungkinannya apa yang anda pelajari menjadikan anda seorang peneliti yang baik. Ingat sebagian orang ternyata harus menekuni pengetahuan tertentu untuk disebut ahli dibidangnya. Jadi sebenarnya jika anda telah menekuni pengetahuan tertentu yang kemudian diwujudkan dalam deretan artikel diblog maka bisa jadi anda bisa dikatakan ahli dalam bidang tersebut.

7. Menjadi inspirator baru

Percayakan anda jika dengan berbagi informasi dan ilmu pengetahuan diblog anda akan menjadi inspirator?
Banyak orang yang berpikir bahwa aktivitas blogging akan menjadikan seseorang kurang berinterkasi dengan orang lain disekitarnya. Ini mungkin benar karena kesibukan ngeblog tidak jarang membuat pelakunya merasa nyaman untuk menulis dan menelurkan ide-ide kreatif baru.

Terlepas dari hal itu sebenarnya kebaikan yang disebarkan melalui media blog terbukti membawa angin segar bagi para pembacanya. Ini dibuktikan dengan apresiasi mereka terhadap tulisan diblog tersebut yang bisa menyelesaikan masalah mereka atau membukakan solusi baru yang belum terpikirkan oleh mereka.

8. Mendapatkan popularitas

Ketika anda masuk di dalam dunia internet maka secara pasti anda mengenalkan diri kepada banyak orang baik itu di Indoensia atau secara global. Mengenai hal ini maka postingan artikel yang anda terbitkan diblog menjadi magnet yang kuat untuk membangun personal branding.

Terlepas dari kemampuan menulis yang anda miliki sebenarnya itu hanya berpengaruh terhadap cepat dan tidaknya anda mendapatkan kepercayaan publik. Apalagi jika anda mampu menyajikan konten-konten yang berkualitas kepada mereka. Maka bisa diambil kesimpulan bahwa anda bisa lebih mudah dan cepat mendapatkan personal branding yang kuat.

Saat personal branding anda sudah terbentuk dibenak para pengguna internet maka popularitas anda akan semakin tinggi. Dari sisi inilah seharusnya anda cepat-cepat memulai sebuah blog pribadi. Untuk masalah ini ada produk yang saya rekomendasikan kepada anda yaitu Personal Branding Online Course.

9. Tempat menghasilkan uang

Internet menjadi gerbang untuk menghasilkan uang yang sangat hebat. Ini terjadi karena hampir setiap kota di dunia ini sudah  bisa mengakses internet. Maka dari itu tidak heran jika potensi perdagangan diinternet semakin meningkat pertahunnya.

Sebenarnya ada beragam cara menghasilkan uang lewat internet, tetapi mungkin yang paling sering anda dengar adalah berjualan online atau program periklanan seperti Google Adsense dan Iklan Facebook. Mau langsung praktek di Facebook? Produk Panduan Fb Ads Pemula bisa jadi solusi anda.

Apapun media anda menghasilkan uang melalui online maka blog sudah cukup menjadi media utamanya. Jika anda berjualan diinternet maka arahkan mereka ke blog / website. Jika mengikuti program Google Adsense maka syarat menjadi publishernya adalah memiliki blog. Jika mau berjualan dengan iklan Facebook maka website anda menjadi senjata utama mendapatkan personal branding.

Kesimpulannya, terlepas dari bisa tidaknya anda dalam mengelola sebuah blog sebaiknya itu jangan dijadikan beban. Namun jadikan hal itu sebagai ruang anda mempelajari hal-hal baru yang berpotensi mengarahkan anda menjadi blogger yang sukses dan berprestasi. Dengan begitu langkah menuju impian terbesar anda bisa direalisasikan.

1 komentar:
Write Comments
  1. Astikel yang sangat membantu gan, tambah termotivasi lagi tuk tetap update artikel. Dan untuk teman-teman yang belum memulai blog, ayo... mulai dari sekarang.

    Terima kasih banyak atas informasinya. Alam sukses tuk blogger.

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih