7 Potensi Emas Blog bagi Generasi Muda yang Cinta Kreatifitas

Bagaimana perasaan anda ketika melihat satu kegiatan, tetapi menghasilkan banyak keuntungan? Terkejut, gembira atau apa?

Adapun saya cuma bisa bilang, “Wow, amazing”.

Itulah blog yang sekarang ini telah menjadi ladang untuk mengeluarkan segala potensi dalam diri seseorang. Terlepas dari namanya apakah blog atau website atau situs, yang jelas istilah tersebut tidak terlalu penting. Meskipun demikian kata “Blog, Ngeblog, Blogging” lebih banyak disebutkan oleh para pengguna internet yang terjun menjadi blogger.

Menilik besarnya potensi sebuah blog rasanya menjadi aneh jika anda belum memiliki blog atau website. Bukan untuk merendahkan aktifitas anda, tetapi banyak orang dengan berbagai aktifitas yang dijalaninya ternyata memiliki blog walaupun hanya 1 buah. Jika anda belum memiliki blog maka segera buat agar anda tidak tertinggal jauh dari generasi muda lainnya yang sudah menghasilkan banyak karya.

7 Potensi Emas Blog bagi Generasi Muda

Potensi blog bagi generasi muda yang cinta kreatifitas

1. Menjadi penulis hebat

Pada dasarnya konten di dalam blog sebagian besarnya dipenuhi oleh tulisan. Maka dari itu tidak heran jika blog yang telah lama dikelola memiliki jumlah artikel lebih banyak.

Melihat hal ini tentu menjadi peluang emas jika anda mau memanfaatkan media blog sebagai tempat menulis. Dalam kasus ini anda bebas menuliskan apa saja yang ingin anda tulis, baik itu berupa pengalaman pribadi, pengalaman orang lain, berbagi ilmu pengetahuan, atau sekedar menuliskan berita.

Kegiatan yang mengarahkan anda menjadi penulis ini lambat laun akan meningkatkan kemampuan anda dalam menghasilkan tulisan yang menarik. Semakin banyak anda menulis diblog maka potensi untuk menghasilkan karya tulis semakin dekat. Ini bisa dibuktikan dari awalnya sekedar menulis diblog kemudian berujung pada menghasilkan karya berupa buku atau ebook. Ibi pula yang terjadi pada sebagian penulis di Indonesia seperti Ahmad Rifa’i Rif’an. Jadi apakah anda mau menjadi yang berikutnya?

2. Menjadi guru semua orang

Ketika anda menulis diblog dan berbagi ilmu pengetahuan atau informasi yang bermanfaat maka secara tidak langsung anda mengambil peran seorang guru /  pendidik. Memang secara nyata seorang guru adalah orang yang mengajar di sekolah, kampus atau pesantren. Namun jika melihat tugas sebenarnya dari guru adalah mencerdaskan orang lain maka seorang blogger pun layak menyandang predikat “guru”.

Bahkan jika tulisan anda mampu menjadi solusi bagi pembaca maka sudah tidak diragukan lagi anda bisa masuk penasehat yang baik. Kabar baiknya lagi anda bisa menjadi guru bagi remaja dan orang dewasa tergantung tulisan apa yang anda bagikan di blog tersebut.

Karena itu jangan menjadi generasi muda yang merasa cukup dengan status pelajar atau mahasiswa. Anda juga bisa berperan secara nyata membantu kesulitan orang lain dan memcahkan masalahnya. Bukankah dengan ini bisa menjadi ladang pahala untuk akhirat?

3. Mengasah bakat desain

Semakin lama anda terjun menjadi blogger maka mau tidak mau anda akan belajar desain. Kemampuan desain yang saya maksud adalah mengotak-atik template / theme blog. Bagaimana pun juga sebagai pemilik blog tentu menginginkan tampilan blog yang lebih enak untuk dilihat. Makanya tidak aneh jika kemampuan desain template bisa sedikit anda kuasai. ini pula yang di dalami oleh desain template seperti Mbak Arlina Fitriyani, Kang Ismet, Mas Sugeng, dll

Di samping itu masih ada potensi desain grafis atau gambar / foto. Saat menulis diblog bukan hanya tulisan saja yang harus diperhatikan. Bahkan gambar atau foto juga harus diperhatikan karena ini juga menjadi daya tarik pengunjung untuk membaca.

Mengacu pada hal ini pasti anda akan mencari cara, trik atau teknik supaya gambar / foto yang anda tampilkan diblog semakin menarik. Dari keresahan inilah anda akan belajar desain grafis. Ada banyak tools yang bisa anda gunakan untuk desain grafis seperti Photoshop, CorelDraw, Canva, dll.

4. Menambah wawasan dan ilmu pengetahuan

Terjun menjadi blogger berarti anda harus menyajikan tulisan yang bisa dipertanggungjawabkan. Berbagi pengalaman memang boleh, tetapi lebih baik jika anda mampu menulis sesuatu yang berhubungan dengan masalah jaman sekarang. Sehingga potensi untuk dibaca banyak orang semakin tinggi.

Untuk mengejar tuntutan ini maka anda juga harus rajin membaca dan mendengarkan berita. Dengan begitu apa yang anda tulis bersifat masih segar dan masih relevan untuk diketahui.

Situasi inilah yang memungkinkan anda mencari informasi sebanyak-banyaknya baru kemudian menuangkannya dalam sebuah tulisan diblog. Semakin anda ingin memperbanyak jumlah artikel diblog maka semakin banyak pula konsekuensi anda menambah wawasan dan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengannya.

5. Memiliki banyak teman

Bagi mereka yang sudah lama berkecimpung dalam dunis blogging maka besar kemungkinannya memiliki banyak teman. Bagaimana tidak, mereka pasti sering berinteraksi dengan blogger lain baik itu melalui komentar diblog, kirim email atau forum-forum tanya jawab.

Bukan tanpa alasan mereka melakukan hal ini karena mereka juga menginginkan teman untuk berdiskusi. Bagaimanapun juga aktifitas blogging merupakan aktifitas yang melelahkan jika dilakukan sendirian. Karena itulah mereka mengantisipasi hal ini dengan mencari banyak teman. Apalagi jika mereka menemukan teman yang benar-benar sehati untuk mengembangkan blog. Maka bisa dipastikan intensitas mereka berinteraksi akan semakin sering.

6. Menghindarkan hal-hal negatif

Ketika banyak orang tua yang was-was karena aktifitas anaknya kadang tidak bisa dikontrol. Kegiatan ngeblog menjadi kabar gembira yang menentramkan. Ini jelas terlihat karena kebanyakan aktifitas bloggter adalah di dalam rumah (ruangan). Terlebih lagi seorang blogger sering disibukkan dengan menulis, membuat desain yang menarik, aktif diforum tanya jawab, dll.

Aktifitas negatif seorang pemuda sering membuat hati para orang tua merasa sedih dan galau. Tentu saja orang tua mana yang mau melihat anaknya menjadi berandalan yang kerjanya cuma menyusahkan orang lain.
Jika anda sayang kepada orang tua maka cobalah hilangkan perasaan negatif mereka terhadap anda. Bagaimana caranya?

Buatlah sebuah blog dan kelola dengan baik. Rajin-rajinlah memposting artikel diblog dan terus asah kemampuan menulis anda. Siapa tahu dengan cara itu lebih mendekatkan anda dengan kesuksesan di usia muda. Mau?

7. Menjanjikan penghasilan melimpah

Jangan hanya menjadikan blog ladang pembelajaran saja. jadikan juga blog anda sebagai media menghasilkan uang secara online.

Jaman “Now” ini anda harus bisa melihat blog sebagai mesin penghasil uang secara online. Dari kebanyakan orang yang terjun dalam dunia internet sudah mengenal yang namanya bisnis online. Tingkatkan blog anda yang sekedar berbagi menjadi tempat mengambil kolam uang.

Ada berbagai program penghasil uang yang bisa diterapkan diblog seperti Google Adsense, Affiliate Marketing, Toko Online, Jasa Pasang Iklan, dll. Bahkan blog bisa digunakan untuk menjual produk dengan sistem pre-order.

Baca: Top 11 Cara Menghasilkan Uang dari Internet

Sudah banyak blogger yang sukses menghasilkan uang berlimpah dari blog pribadi mereka. Anda pun bisa mencapai level kesuksesan mereka jika anda mau. Jadi, apa target anda di masa depan?

Kesimpulannya, terlepas dari berbagai potensi yang bisa digali dari aktifitas ngeblog. Sebenarnya yang lebih penting adalah ada peningkatan pola pikir anda dalam memandang suatu tantangan dari sudut manfaatnya. Dengan begitu anda bisa berpikir positif dalam menatap masa depan demi mewujdkan kesuksesan. Setuju?

Tidak ada komentar:
Write Comments

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih