Menguak Misteri Mengapa Menulis Itu Sulit

Apakah anda merasa kesulitan untuk menulis?

Apakah anda merasa tidak punya bakat menulis?

Berpikir tentang menulis mungkin ada beragam alasan mengapa sebagian orang kesulitan untuk menulis. Bukan untuk mengadili, tetapi kenyatannya banyak orang yang minder ketika membahas masalah menulis. Bagaimana tidak, kegiatan menulis bisa dikatakan susah-susah gampang. Terlebih lagi bagi mereka yang asing dengan hobi membaca maka bisa dibilang menulis seperti masalah serius yang sulit terpecahkan.

Memang tidak semua orang berasumsi demikian. Namun jika mengacu kepada kegiatan sehari-hari sebagian besar orang Indonesia yang “maaf” terbilang malas berpikir. Maka wajar jika mereka sedikit pobia dengan aktifitas menulis. Meski begitu sebenarnya orang-orang Indonesia itu cukup unik.

Bayangkan!

Pada kasus tertentu seorang yang mengalami kondisi psikologis tertekan malah bisa berjuang luar biasa. Ini dibuktikan dengan perubahan cara pandang mereka terhadap masalah tersebut.

Contoh: seseorang yang terlilit hutang karena ditipu atau kondisi ekonomi yang serba pas-pasan malah berujung meningkatnya kreatifitas dan inovasi dalam mencari rejeki. Apa yang terjadi mereka berjuang sekuat tenaga mencari segala informasi dan pengetahuan yang mereka yakini bisa mengubah hidup mereka. Karena hal inilah mereka menganggap segala halangan atau rintangan sebagai tantangan yang harus dihadapi. Mereka pantang menyerah dan berusaha sehingga bisa mencapai titik tertinggi dari target mereka. Makanya tidak heran jika setelah itu mereka menjadi pribadi yang luar biasa.

Kondisi ini tidak jarang berlaku juga untuk dunia menulis. Jika anda menganggap menulis itu mudah maka hal tersebut menjadi mudah. Sebaliknya jika anda menganggap menulis itu sulit maka otaka anda akan berpikir bahwa menulis itu memang sulit.

Menguak Misteri Mengapa Menulis Itu Sulit

Dari sini seharusnya anda menyadari sesuatu, apa itu?
Sebuah mindset (pola pikir) yang terbentuk di otak anda menjadi kunci bisa atau tidaknya anda melakukan sesuatu.

Menulis memang tidak semudah mengatakannya. Namun jika menilik sebagian penulis terkenal yang terkadang baru memulai menulis ketika usia belasan tahun atau 20 tahunan maka apa yang perlu diperhatikan?

“Menulis merupakan ilmu yang bisa dipelajari”. Inilah kenyataannya.

Jadi jika anda menganggap menulis itu sulit maka ini merupakan pernyataan yang konyol. Siapapun anda dan apapun profesi (pekerjaan) anda, anda bisa menulis asalkan anda mau belajar. Yang perlu anda lakukan adalah menyukai sesuatu yang berhubungan dengan menulis, seperti membaca, mendengar dan latihan menulis.

Silahkan perbanyak waktu untuk membaca, baik itu membaca buku, artikel, koran, majalah dll. Selain itu anda harus menjadi pendengar yang cerdas. Yaitu pendengar yang mampu memahami apa yang anda dengar dan menjadikannya bahan menulis. Setelah itu latihlah pikiran anda untuk menjadikan apa yang telah anda baca, dengar dan pahami kemudian menuangkannya dalam sebuah tulisan.

Baca: 3 Alasan Kuat Menulis Itu Mudah

Tidak perlu sempurna untuk mengadili tulisan anda sendiri karena ini bisa menjadi benteng yang membuat rasa percaya diri anda menurun. Lebih baik anda terus menulis dan memperbanyak jumlah tulisan. Sadar atau tidak setelah berjalan sekian waktu pasti kemampuan menulis anda semakin baik dan berkualitas. Jika anda sering melakukan hal ini maka tidak ada alasan mengapa menulis itu sulit untuk dilakukan. Jadi anda sudah melakukan apa saja?


3 komentar:
Write Comments
  1. Benar,banyak membaca jadi nambah ide dan bahan untuk tulisan :)

    BalasHapus
  2. Terima Kasih telah membagikan ilmu anda, Informasi yang
    sangat berguna dan bermutu. mari kita saling kenal jauh
    melalui jaringan website.

    ditunggu kunjungannya di blog saya :

    http://softkini.blogspot.co.id

    semoga kita bisa saling berbagi ilmu yang tiada hentinya
    mengalir dalam dunia ini. Terima Kasih

    BalasHapus
  3. Semua orang bisa menulis. Untuk lulus TK sampai lulus kuliah butuh kemampuan menulis.

    Yang masalah karena selama ini kebanyakan orang terpola pada pemikiran bahwa menulis itu wilayahnya wartawan, dosen, akademisi, penulis, ilmuwan. Jadi, ada rasa enggan untuk masuk ke dunia itu. Mayoritas berpikir bahwa menulis itu adalah kerjaan orang serius saja.

    Satu lagi adalah karena banyak yang tidak mau terjun karena tidak menghasilkan. Mereka melihat menulis sulit menghasilkan uang dan butuh prosedur panjang untuk bisa meraup duit.

    Jadilah, rata-rata orang malas untuk menulis

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih