Tips Praktis Cara Menjadi Blogger Percaya Diri

Dalam perkembangannya banyak sekali pengguna internet yang terjun menjadi blogger. Bukan sekedar blogging iseng-iseng, tetapi menjadi blogger dengan membangun reputasi dan integritas. Dengan begitu cara untuk membangun blog otoritas akan terwujud.

Namun sayangnya untuk mencapai semua itu tidaklah mudah. Butuh perjalanan panjang yang melelahkan dan berkesinambungan. Selain itu terdapat beberapa hambatan yang menguras emosi. Bagaimana tidak sebagian blogger pemula memiliki masalah internal dalam diri mereka.  Percaya diri adalah hal yang sering dikeluhkan oleh mereka.

Tentu saja ini membawa dampak buruk yang membahayakan. Tidak hanya untuk dirinya sendiri, tetapi juga berdampak pada keberlangsungan blog itu sendiri.

Kenyataannya sebagian blogger tidak percaya diri terhadap apa yang dia tulis dan dia bagikan kepada calon pembacanya. Padahal boleh jadi semua ilmu yang berkualitas telah dikuasainya.

Berkaitan dengan itu ada beberapa tips yang membantu anda menjadi blogger percaya diri.


1.  Tunjukkan identitas anda
Menjadi seorang blogger adalah pilihan. Di samping mengenalkan blog kepada publik juga mengenalkan siapa identitas anda. Jangan berharap menjadi blogger sukses tanpa dikenal banyak orang. kenyataannya identitas menjadi modal berharga untuk membangun kepercayaan.

Selain itu dengan menunjukkan identitas diri orang akan membangun integritas dan reputasi. Pada dasarnya orang mau percaya kepada anda karena 2 hal tersebut. Mulailah berpikir mengapa anda harus blogging.
Baca: 3 Alasan Mengapa Saya Harus Blogging / Ngeblog

Oleh karena itu jangan malu untuk mengakui siapa sebenarnya diri anda.
Apakah dengan itu anda nantinya masih disepelekan atau diabaikan oleh orang lain biarkan saja. Yang terpenting brand (merek) anda telah dikenal publik. Dengan begitu kesempatan anda meraih sukses menjadi terbuka lebar.

2.  Tunjukan karya terbaik anda
Pada dasarnya setiap orang memiliki sesuatu yang unik dan menarik. Berpandangan sempit tentang sesuatu yang dihasilkan oleh diri sendiri adalah kesalahan. Bagaimanapun juga seseorang besar dan mendunia karena karya mereka.

Apakah anda tahu Thomas A Edison, dia besar karena memiliki karya eksperimen luar biasa ndengan menghasilkan lampu pijar . Atau Albert Einstein yang besar karena rumus relatifitas yang ditemukannya. Mereka bersusah payah untuk menghasilkan karya yang mampu mengguncang dunia.

Oleh sebab itu mengikuti cara pandang dan mental mereka adalah solusi bagi anda. Tidak peduli seberapa kecil ilmu anda kuasai, tetapi jika mampu menunjukkan karya yang terbaik niscaya blog anda akan diakui bahkan oleh blogger senior.
Baca: 4 Karya Hebat Yang Dapat Anda Hasilkan Dari Blogging

3.  Lawan ketakutan anda
Setiap orang memiliki ketakutan terhadap sesuatu tak terkecuali dengan mereka para blogger. Sebagai blogger sudah hal yang wajar jika harus menulis artikel dan promosi blog untuk mendatangkan pengunjung. Tentu saja mereka harus meluangkan waktu dan pikiran serta kerja keras untuk mengelola.

Terlepas dari hal itu ternyata menulis artikel dan promosi bukan pekerjaan mudah. Sebagian blogger tidak percaya diri tentang artikel yang ditulisnya. Takut artikel tidak disukai pembaca, tidak memiliki alur yang runtut, terlalu banyak basa-basi, atau takut mengandung sedikit manfaat.
Baca: 6 Ketakutan Seorang Blogger yang Harus Diwaspadai

Selain itu anda harus bersaing dengan para blogger senior yang telah sukses dan mapan diinternet. Membandingkan jumlah pengunjung blog populer / senior dengan blog anda menjadi sangat kontras. Blog populer mampu menarik pengunjung ribuan-puluhan ribu perhari sementara anda?  Tentu saja kenyataan ini sedikit banyak mempengaruhi mental.

Namun demikian sebenarnya anda tidak perlu takut karena ada cara mengatasinya. Mengenai menulis artikel anda bisa memperhatikan para blogger sukses dalam menulis, mempelajari gaya bahasa dan keefektifan kalimatnya. Adapun cara mendatangkan pengunjung anda bisa belajar SEO blog, membangun backlink dan submit blog di situs direktori atau di sosial bookmark. Jika anda melakukannya dengan serius dan fokus dalam bulan ke depan hasil tersebut dapat terlihat.

4.  Yakin terhadap tujuan anda
Sebagai blogger tidak ada salahnya menentukan target dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Selain dapat memacu semangat juga dapat mengontrol laju blog. Akan tetapi metode ini bukan tanpa resiko.

Ketika target tidak terpenuhi perasaan kegagalan dapat muncul dan mematikan percaya diri. Oleh karena itu dibutuhkan perasaan yakin yang kuat. Tentu saja harus berdasarkan perhitungan cerdas karena tanpa perhitungan target tersebut hanyalah gambaran konyol.

Tugas yang sulit memang untuk dapat dipraktekkan, tetapi dengan melihat masa depan (menunjukkan brand, bangun kualitas dan kredibilitas atau menghasilkan uang) dapat menumbuhkan tekad percaya diri anda.

Kesimpulannya
Seharusnya masalah blogging bukanlah alasan untuk bersifat pesimis mengelola blog. Percaya diri merupakan sifat blogger sejati. Oleh karena itu kenalilah masalah blogging anda dan temukan solusinya. Dengan begitu anda dapat percaya diri mencapai target utama anda dengan lancar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel