7 Pentingnya Mempunyai Website Toko Online bagi Penjual Online

Berbicara tentang jualan online mungkinkah anda termasuk penjual online yang sudah menggunakan platform marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee atau Lazada. Atau anda termasuk penjual online juga yang jualan melalui platform media social seperti Facebook, Instagram atau Twitter, dll. Jika keadaannya demikian mungkin saja belum butuh yang namanya website toko online sendiri.

Padahal sebagai penjual online tuntutan yang paling masuk akal adalah menghasilkan penjualan yang rutin dengan profit besar. Benar tidak?

Masalahnya jika anda jualan di marketplace kemungkinan setiap produk bisa profit besar sangatlah kecil. Persaingan para penjual yang semakin banyak dan cenderung merasa tidak laku jika dijual mahal menjadi salah satu faktornya. Selain itu kesamaan gambar produk juga bisa menjadi sebab lainnya dari tidak menariknya calon pembeli untuk segera melirik jualan anda.

Mengacu pada hal tersebut sebagian beralih ke media sosial untuk jualan. Sebagian penjual memlilih Facebook sebagai tempat jualan. Sebagian yang lain memilih Instagram untuk jualan. Sebagian lagi memilih Twitter untuk jualan.

Facebook dipilih karena banyak orang Indonesia yang memiliki akun Facebook. Sehingga kemungkinan besar jualan bisa laku di sana. Ada yang mengandalkan Facebook gratisan ada juga yang tancap gas menggunakan Iklan Facebook. Jualan dengan Facebook gratisan (Fanpage Facebook) banyak yang melakukannya meskipun hasilnya tidak bisa waaah.

Sedangkan dengan metode Iklan Facebook memang sedikit memberi dampak karena bisa menyasar target yang lebih tepat.

Jika tidak mau mengeluarkan biaya iklan Facebook maka jualan di Instagram bisa menjadi alternatif lain. Mengapa demikian? Karena sebagian besar pemilik akun Instagram memiliki daya tarik untuk membeli produk berdasarkan foto produk atau video promosi. Adapun untuk jualan di Twitter saya tidak terlalu mengerti karena saya tidak aktif di sana.

Menilik lebih dalam tentang jualan di Facebook dengan metode iklan ternyata banyak juga yang boncos karena iklan hard selling yang terlalu brutal sedangkan website toko online tidak punya. Yang jualan di Instagram kadang juga begitu kejadiannya. Karena tidak mempunyai website toko online maka kesan calon pembeli untuk melakukan transaksi terasa kurang menyakinkan.

Jasa Buat Website Toko Online

Dari sini seharusnya kita menyadari pentingnya memiliki website toko online untuk jualan. Setidaknya ada beberapa alasan mengapa untuk jualan di internet sangat disarankan memiliki website toko online sendiri:

Alasan Memiliki Web Toko Online


1. Meningkatkan kredibilitas Usaha

Pada dasarnya sangat sulit untuk seorang calon pembeli untuk bertransaksi online seperti takut tertipu. Maka meskipun ada beberapa penawaran produk yang sama persis tetapi yang satu punya website toko online sedangkan yang satu lagi hanya mengandalkan chat Whatsapp besar kemungkinannya calon pembeli akan memilih penjual yang punya web toko online.

Bukan menakut-nakuti tetapi harga sebuah kepercayaan pembeli memang sangatlah penting. Sehingga tidak aneh biaya untuk menebus benefitnya mahal.

Kalau anda tidak memiliki toko online maka kerja keras untuk membangun kepercayaan calon pembeli menjadi berlipat ganda. Bagaimana tidak, anda yang seharusnya menerima pertanyaan seputar produk saja untuk bisa closing, harus susah payah menjawab pertanyaan yang terkadang dilema, dijawab kok tidak ada hubungannya sama produk atau pengiriman tetapi jika tidak dijawab kok yang tanya calon pembeli dan risikonya pasti gagal closing.

Jika anda punya toko online maka separuh kredibilitas toko anda sudah teratasi.

2. Mudah Diakses Seharian

Coba bayangkan jika anda jualan dengan mengandalkan Iklan Facebook tanpa website maka calon pembeli hanya melihat sekilas / sekali penawaran anda dan mereka kemungkinan besar tidak akan menemukannya lagi. Kalaupun bisa menemukan mereka harus bersusah payah dulu dengan klik-klik sana sini sebelum benar-benar ketemu. Sedangkan kebiasaan orang itu tidak suka dijualin sehingga kemungkinan untuk membeli setelah melihat iklan sekali sangatlah mustahil.

Jika anda punya toko online dan seumpama mereka merasa tertarik untuk melihat ulang atau langsung membeli mereka tinggal kunjungi alamat websitenya. Karena yang mudah dihafal pembeli itu bukan nomer yang bisa dihubungi, tetapi website yang bisa dikunjungi.

Keberadaan website toko online yang bisa diakses 24 jam sehari sedikit banyak akan memudahkan calon pembeli untuk berpikir lebih tenang dan nyaman sebelum melakukan kontak pesan. Kemudahan seperti inilah yang pembeli harapkan sehingga tidak terkesan dipaksa harus segera kontak penjual dan langsung membeli.

3. Dapat Menjangkau Target Market Lebih Luas

Jika anda jualan offline maka target market yang bisa anda jangkau adalah orang-orang yang rumahnya dekat dengan toko fisik anda. Itupun terkadang muncul masalah baru karena tidak semua yang dekat pasti membeli produk anda. Apalagi jika ada produk sejenis yang orang lain jual maka persaingan semakin ketat padahal target market offline cenderung stagnan atau tidak banyak berubah.

Berbeda halnya jika anda memiliki website toko online maka terget market menjadi global se-Indonesia. Bahkan memungkinkan bisa dijangkau oleh pengguna internet di negara lain meski kendala bahasa menjadi masalah lain lagi.

Melihat kenyataan ini maka bisa anda bayangkan berapa potensi calon pembeli anda jika diukur dari Sabang sampai Merauke dengan jumlah penduduk yang akses internet di atas 100 juta orang.

4. Mudah Memperbaharui Produk

Bagi toko offline memperbaharui produk seperti harga atau diskon menjadi sesuatu yang sulit dilakukan. Saya mengatakan demikian karena memang butuh waktu yang lumayan lama untuk mempersiapkan hal tersebut. Bahkan tidak jarang butuh tenaga tambahan untuk melakukannya.

Hal ini berbeda kasus jika anda memiliki website toko online. Ketika anda menghendaki suatu produk berubah harganya maka hanya butuh beberapa menit dan harga produk telah berubah. Begitu pula jika anda menginginkan ada diskon pada produk tertentu maka hanya dibutuhkan beberapa menit dan besarnya diskon berapa persen (%) selesai dibuat.

Jika pun anda mau menambah produk baru maka tinggal posting produk baru dan secara otomatis toko online anda akan menampilkan produk tersebut.

5. Bebas Menentukan Profit / Laba

Menjual produk dengan profit tinggi di marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak atau Lazada terasa mustahil dilakukan mengingat banyaknya kompetitor yang saling bersaing menggaet calon pembeli dengan harga murah. Makanya tidak heran jika sebagian besar penjual di marketplace hanya mengambil profit kecil dari setiap produk yang mereka jual.

Gembiranya situasi demikian tidak berlaku untuk anda yang memiliki toko online sendiri. Anda bebas mengambil profit lebih banyak dari penjual lainnya selama hal itu masih dalam taraf wajar misal 30%, 40%, atau 50%.

6. Nama Domain Website adalah Brand Toko Online Anda

Seberapa besar nama domain berpengaruh terhadap brand toko online?
Menjawab hal ini maka menjadi menarik. Kenyataannya jika anda perhatikan nama brand yang sudah terkenal seperti Apple, Samsung, Toshiba, dll. Maka anda akan melihat brand tersebut dijadikan sebagai nama domain website. Bukan kebetulan mereka melakukannya, tetapi mereka benar-benar berpikir keras supaya brand sekaligus toko online mereka singkat, sederhana dan mudah diingat.

Jika anda memutuskan mau memiliki website toko online sebaiknya anda berpikir keras supaya nama toko online anda nantinya lebih dekat dengan kesuksesan toko online kelas dunia di atas. Masih banyak pilihan dan tidak ada salahnya anda mulai memikirkannya dari sekarang.

7. Kontrol Penuh terhadap Situs Toko Online Anda

Jualan di marketplace terkadang bisa membuat penjual kesal dan jengkel. Sudah capek-capek mau upload produk ternyata produk tidak sesuai kategori atau etalase sehingga malah gagal. Atau setelah produk selesai di upload dan tidak sesuai ketentuan dari pihak marketplace dan berakhir produk mudah diblokir.

Adapun jika anda posting di website toko online sendiri kejadian semacam itu tidak akan terjadi. Produk anda akan tetap muncul dan bisa dilihat oleh pengunjung website anda. Bahkan jika ada masalah anda bisa melakukan perbaikan dengan segera tanpa menunggu pihak manapun.

Mengingat pentingnya mempunyai website toko online untuk jualan maka sudah semestinya anda mulai mengurangi ketergantungan pada marketplace atau media sosial. Yang terbaik adalah anda bisa mengkombinasikan antara toko online dengan marketplace dan media sosial.

Bukan hal yang mustahil karena anda bisa menghubungkan calon pengunjung toko online anda untuk berbelanja melalui Whatsapp, atau melalui marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak atau Lazada.

Di bawah ini adalah salah satu tampilan toko online dengan hosting Blogger Unlimited yang bisa anda jadikan pilihan untuk memulai bisnis online.

===== Gambar Screenshot Toko Online=====


Kelebihannya adalah

1. Berbasis Blogger sehingga tidak perlu sewa hosting atau perpanjang hosting pertahun
2. Hanya perlu perpanjang Domain Berbayar (Optional)
3. Ada fitur pop up promosi
4. Ada fitur banner slider
5. Mudah melakukan order lewat Whatsapp
6. Pembayaran order bisa dengan Bank Transfer atau Paypal
7. Ada link menuju marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada dan Elevenia
8. Kualitas Tampilan produk keren hampir seperti Theme Wordpress Premium
9. Postingan harga produk bisa di beri diskon % (misal 30%) dan harga coret pun akan mengikuti secara otomatis.

Kabar terbaiknya anda bisa memiliki website toko online seperti di atas dengan klik https://pesan.link/jasabuatwebsitetokoonline atau Whatsapp ke 0897-9118-578 untuk tanyakan detailnya.

Tetapi, sebelum anda menghubungi saya kenali dulu benefit yang saya tawarkan di bawah ini.

5 BENEFIT yang akan anda dapatkan jika memesan website toko online seperti di atas:
1. Gratis domain .com selama setahun (siapkan nama Domain toko online anda)
2. Gratis saya bantu postingkan produk hingga max. 50 produk (detail produk anda siapkan)
3. Gratis saya buatkan logo toko online sederhana (pilih 1 dari 3 pilihan)
4. Gratis saya bantu buatkan gambar slider baru
5. Gratis saya bantu buatkan 7 gambar Label atau Kategori yang muncul di layer

Selain benefit di atas masih ada BONUS yang telah saya siapkan untuk anda
1. Promotion Instagram  Banners Ads 337psd
2. EXCLUSIVE BUNDLE Fb Ads, IG Banner, dan IG Story
3. PLR Blog Duit

Jadi, bagaimana menurut anda, lebih powerfull mana jualan tanpa website atau jualan dengan website toko online?

Belum ada Komentar untuk "7 Pentingnya Mempunyai Website Toko Online bagi Penjual Online"

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel