Kenali 7 Alasan Konsumen Lebih Memilih Berbelanja Online

Keberadaan internet sedikit banyak mengubah kebiasaan konsumen yang tadiya lebih suka belanja di mall-mall kemudian beralih berbelanja online. Kemudian saya berpikir apa yang menyebabkan sebagian masyarakat cenderung muali menyukai belanja online dari pada offline.

Belanja online memang sekarang ini menjadi trend baru dalam berbelanja. ditambah lagi keberadaan toko online E-commerce atau marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, Jakmall dan lain-lain. Orang sekarang lebib memilih belanja online dengan handphone android daripada pergi ke toko dekat rumah. Tentu ini mejadi hal yang menarik untuk diulas.

Melihat keyataan ini sebenarnya kita bisa melihat dampaknya dalam beberapa tahun belakangan ini. Banyak mall-mall besar yang semakin hari semakin menurun dalam hal jumlah pengunjung. Tidak hanya terjadi di mall yang ada di daerah tetapi mall-mall besar di kota besar sekalipun mengalami dampaknya. Lalu apa yang menyebabkan para konsumen lebih memelih berbelanja online? Di bawah ini saya mencoba mengulas trend ini.

Kenali 7 Alasan Konsumen Memilih untuk Berbelanja Online

Alasan Konsumen Memilih untuk Berbelanja Online


1. Pilihan produk yang Tersedia Lebih Lengkap

Tidak bisa dipungkiri bahwa produk yang tersedia di website toko online lebih banyak pilihan. Jika toko online satu tidak ada maka bisa mencari produk di website toko online lainnya. Bahkan toko online yang ada sekarang ini anda bisa mengakses toko online lebih dari ratusan toko online. Meskipun tidak semua toko online tidak dibuat oleh perusahaan semua. Namun ada juga toko online yang dibuat oleh UKM atau bahkan perorangan.

Jika dikumpulkan atau diulik satu persatu website tersebut para konsumen bisa memilih produk yang tersedia ribuan jenis produk dengan berbagai model, warna atau ukuran. Terlebih lagi anda bisa memilih produk yang anda inginkan berbdasarkan merk atau brand yang anda percayai kualitas barangnya.

2. Mudah dalam Membandingkan Harga

Dengan bejibunnya jumlah produk dengan berbagai variasi atau merk anda bisa melihat dan membandingkan sebelum anda membeli. Seperti di marketplace Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, dan lain-lain, meskipun dengan produk yang sama maka anda bisa menemukan harga yang berbeda.

Ini terjadi karena penjual memiliki aturan atau kebiasaan mengambil profit / untung yang berbeda-beda. Makanya tidak heran jika produk tas ransel misalnya, anda bisa melihat harga yang bervariasi. Bahkan jika anda teliti lebih detail kemungkinan besar anda bisa menemukan variasi harga lebih dari 10 macam harga jual mulai dari yang termurah samapi yang termahal.

3. Mudah dan Cepat Cara Pembayarannya

Hampir semua penjual di toko online baik level perorangan, UKM atau Perusahaan besar telah menyediakan cara pembayaran yang lebih mudah dan cepat. Penjual yang serius biasanya menyediakan cara pembayaran dengan bank transfer minimal 2 bank dan itu bisa Bank BRI, Bank Mandiri, BCA, BNI atau bank yang lain. Padahal jika anda mempunyai satu rekening saja anda bisa melakukan pembayaran ke berbagai bank yang ada di Indonesia.

Konfirmasi pembayarannya pun juga terbilang mudah. Jika anda menggunakan cara pembayaran melalui ATM maka cukup foto bukti transfer dan anda kirim ke penjual maka penjual bisa langsung melakukan cek saldo masuk dan selesai. Adapun jika anda menggunakan cara pembayaran dengan fitur konfirmasi otomatis seperti BCA mobile, BRI Briva atau yang lain maka setelah anda transfer dalam hitungan kurang lebih 10 menit maka konfirmasi pembayaran telah masuk. Inilah keuntungan cara pembayaran dengan transfer bank yang menjadikan konsumen suka berbelanja online.

4. Lebih Nyaman dan Bisa Sewaktu-waktu

Masalah yang sering dikeluhkan calon pembeli sebelum pergi ke toko offline sering kali dihadapkan dengan kondisi panas kalau siang hari, dan takut kalau malam hari. Adapun jika anda berbelanja online maka anda cukup duduk di kursi ruang tamu atau teras rumah maka sudah bisa belanja dengan handphone android yang terkoneksi internet dan internet banking / mobile banking.

Terlebih lagi jika anda kerja rutin setiap minggunya maka setelah kerja pasti merasa capek untuk pergi berbelanja dengan mengunjungi tokonya langsung. Dengan sistem belanja online anda bisa berbelanja kapanpun yang anda mau. Setelah anda bayardan dikonfirmasi oleh penjual toko online tersebut maka anda tinggal tunggu barang sampai dirumah karena pesanan / order anda siap diproses.

5. Banyak Promo atau Diskon atau Cashback

Ketika anda memilih berbelanja di marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee atau Lazada maka biasanya ada produk atau barang yang dijual dengan harga promo atau diskon. Harga diskon atau harga promo seringkali menjadi daya tarik yang efektif untuk menarik calon konsumen untuk berbelanja.

Selain itu program cashback menjadi promo jualan yang tidak bisa dipandang remeh. Meskipun harga sedikit lebih tinggi dibanding dengan toko lainnya, tetapi cashback seperti magnet yang membuat calon pembeli merasa punya kegembiraan baru ketika berbelanja. Apalagi jika ada promo gratis ongkir, diskon dan cashback bisa digabungkan maka besar kemungkinannya para calon pembeli akan lebih tertarik lagi belanja online.

6. Tidak mudah Stres karena Menunggu Antrian

Hal yang paling menjengkelkan ketika belanja ditoko offline adalah menuggu antrian di kasir untuk membayar. Apalagi jika orang yang antri mencapai belasan orang dengan jumlah belanjaan yang banyak. Mungkin butuh waktu setengah jam atau lebih untuk menanti giliran anda membayar. Kondisi inilah yang terkadang membuat sebagian orang merasa stress.

Kabar baiknya dengan metode belanja online anda tidak perlu mengalami masalah menunggu lama atau capek berdiri. Belanja online mengubah konsumen yang awalnya harus bersusah payah dalam membayar berganti dengan metode belanja yang menenangkan pikiran.

7. Ada Fitur cash On Delivery (COD)

Meski belanja online di marketplace atau toko online lainnya seorang pembeli tidak harus membayar sebelum barang dikirim. Sebagian toko online yang bekerja sama dengan jasa pengiriman mulai menerapkan jualan online dengan sistem COD. Jika anda merasa was-was atau takut barang yang anda beli bermasalah atau terjadi sesuatu dalam pengemasan atau kualitas produk maka anda bisa pilih cara pembayaran COD.

Dengan pembayaran COD seorang pembeli tidak harus memiliki rekening bank. Cukup barang dating dan anda bayar secara tunai.

Meski banyak konsumen yang memilih untuk berbelanja online karena berbagai alasan di atas, tetapi ada hal yang harus diingat. Belanja online memang bisa dilakukan dengan handphone yang terkoneksi internet. Namun perhatikan keuangan anda karena semakin sering anda membuka toko online maka semakin tertarik juga untuk membeli. Dalam kondisi tersebut anda harus bijak dan tidak mengorbankan uang anda untuk membeli suatu barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Bagaimana menurut anda?

Belum ada Komentar untuk "Kenali 7 Alasan Konsumen Lebih Memilih Berbelanja Online"

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar dengan baik dan sopan berkaitan dengan topik
Jangan meninggalkan komentar spam karena akan dihapus.
Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA
Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir
Jika Anda ingin mendapatkan backlink cukup tuliskan Name/Url yang terlah disediakan
Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel