DomaiNesia

11 Kelebihan Affiliate Marketing yang Membuat Orang Ingin Menjalankan Bisnis Ini

 Memiliki bisnis yang menghasilkan banyak uang memang terdengar kebahagiaan yang besar. Ada banyak cara untuk mewujudkan impian tersebut, salah satunya adalah dengan menjadi affiliate marketer. Adapun kegiatannya disebut affiliate marketing.

Apa yang menarik dari bisnis affiliate marketing sehingga banyak orang yang mau menekuni pekerjaan ini?

Padahal bisa dibilang bisnis ini adalah bisnis yang tidak sama dengan pekerjaan karyawan yang bisa rutin gajian perbulan dengan nominal gaji tertentu.

Meski demikian ternyata ada juga karyawan yang menjadikan affiliate marketing sebagai sumber income berikutnya selain dari gaji sebagai karyawan. Setidaknya ada beberapa kelebihan affiliate marketing yang membuat mereka mau masuk jadi affiliate marketer.



Kelebihan bisnis affiliate marketing untuk menghasilkan uang


1. Tidak Ada Biaya Produk

Jika anda memperhatikan semua bisnis fisik tentu anda akan mendapati biaya produksi sebelum menjual suatu barang. Biaya produksi adalah hal yang wajib diketahui oleh semua pebisnis sebelum mereka menentukan besaran harga jual yang harus ditentukan ke pasar.

Namun begitu, nyatanya dalam bisnis affiliate marketing biaya produksi adalah hal yang aneh. Mengapa demikian?

Tentu anda tahu bahwa cara kerja affiliate marketer hanya menyebarkan link unik jualan dari vendor / pemilik produk. Tidak ada kewajiban bagi affiliate untuk menanggung biaya produksi, karena pemilik produk telah memberikan sistem jualan, di mana hanya saat terjadi penjualan saja, seorang affiliate marketer mendapatkan komisi. Adapun hal lainnya menjadi tanggung jawab pemilik produk / vendor.


2. Modal Awal yang Murah

Seorang affiliate marketer tidak memerlukan modal mahal untuk menjalankannya. Bahkan bisa dibilang murah, bahkan tanpa modal uang. Ini dibuktikan dengan bagaimana seorang affiliate mempromosikan link jualan mereka. Jika menyebarkan link jualan melalui website pribadi bisa menggunakan media gratisan seperti Blogspot. Kalau mau terlihat professional bisa custom domain sehingga alamat website menjadi lebih memliki brand.

Keuntungan Domain Berbayar yang Berharga bagi Blogger

Bahkan hanya bermodalkan punya akun media sosial anda sudah bisa menjalankan prektek bisnis affiliate. Anda tinggal ambil link affiliate dari member area vendor / pemilik produk, lalu posting status Facebook, Instagram, Twitter, dll dengan menyertakan link affiliate tersebut. Cukup mudah dan tidak rumit untuk dilakukan bahkan oleh pemula sekalipun.


3. Sebagian Besar Vendor Menggratiskan Biaya Menjadi Affiliate

Tidak seperti vendor produk barang yang mengharuskan para resellernya membayar biaya pendaftaran menjadi reseller. Hal sebaliknya justru terjadi di bisnis affiliate marketing. Kenyataannya Sebagian besar vendor malah menggratiskan para affiliate yang mau membantu mempromosikan produk mereka.

Hanya Sebagian kecil vendor saja yang tidak melakukan hal di atas. Tapi bukan berarti harus membayar biaya pendaftaran juga. Pada dasarnya mereka memberlakukan sistem penerimaan menjadi affiliate mereka dengan syarat sudah membeli salah satu produk mereka.

Meski begitu kasus seperti ini sangat jarang ditemukan. Itupun masih banyak produk sejenis yang tidak melakukan sistem tersebut. Jadi, anda tidak perlu terlalu berkecil hati, jika tidak bisa menjadi affiliate produk mereka.


4. Dapat Menjual Banyak Produk / Banyak Kategori

Jika anda berpikir bahwa dengan menjadi affiliate marketer produk yang bisa anda jual sangat terbatas, maka pikiran ini salah besar. Nyatanya anda bisa menjadi affiliate marketer dan menjual banyak produk dan banyak kategori.

Anda bisa mempromosikan produk fisik maupun produk digital. Jika produk fisik anda bisa menjadi affiliate di berbagai marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Amazon, dall. Sedangkan jika itu produk digital anda bisa menjadi affiliate di marketplace Ratakan. Bahkan banyak vendor produk digital yang membuka peluang menjadi affiliate dari produk yang mereka jual.


5. Tidak Butuh Pengalaman Sales Marketing Expert

Terlepas dari produk apapun yang anda promosikan link affiliatenya, anda tidak dituntut memiliki banyak keahlian tinggi untuk marketing jualannya. Biasanya pihak vendor / merchant sudah menyediakan berbagai alat tempur untuk promosi.

Alat promosi tersebut meliputi banner produk, cover produk, dan copywriting. Bahkan tidak jarang untuk memudahkan para affiliate bisa promosi dengan segera mereka menyediakan file template salespage (biasa berwujud file json atau file html – ini khusus website berbasis Wordpress).


6. Tidak Perlu Karyawan

Jika anda mau menjadi affiliate marketer sekarang atau kapanpun itu, anda tidak harus memiliki karyawan untuk praktek. Berbeda dengan membangun bisnis local / UMKM, anda harus merekrut beberapa karyawan untuk memudahkan jalannya bisnis. Jika tidak ada karyawan usaha bisnis anda akan kelabakan (kerepotan) karena energi terkuras dengan cepat dan waktu istirahat sangat pendek.

Memang memiliki karyawan pekerjaan menjadi lebih ringan, tapi anda harus menanggung bebang gaji mereka setiap minggu atau bulan. 

Namun bahagianya bagi seorang afiiliate marketing tidak ada masalah dengan karyawan. Karena pada dasarnya bisnis affiliate / affiliasi tidak memerlukan tambahan karyawan. Bahkan anda sorang diri pun sanggup untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Bahkan jika boleh jujur, Sebagian karyawan kantor menjadikan bisnis affiliate sebagai bisnis sampingan yang ditekuni selepas kerjaan kantor selesai.


7. Tidak Ada Biaya Pemrosesan Pesanan

Hal yang wajar dalam bisnis local adalah ada biaya pemrosesan pesanan, semisal biaya packing-packing barang, fee payment gateway, potensi refund produk, dll. Tentu ini beban biaya yang lumaya besar jika diakumulasikan.

Meski begitu bagi seorang affiliate, kemungkinan menemui masalah ini adalah hal yang mustahil. Ini mengingat tugas affiliate yang menyebarkan link jualan, langsung mengarahkan pembeli ke website atau pihak vendor / merchant. Sehingga semua kerjaan mulai dari proses order hingga produk diterima pembeli menjadi tanggung jawab vendor / merchant.


8. Tidak Perlu Stok Barang

Bisnia affiliate marketing adalah bisnis yang memudahkan tanpa modal dan stok barang. Untuk mendapatkan komisi penjualan, seorang affiliate hanya perlu menyebarkan link unik affiliate produk, mengarahkan ke website, terjadi penjualan, komisi masuk rekening affiliate.

Stok barang adalah cara reseller untuk menjual produk mereka. sedangkan seorang affiliate marketer cukup dengan rajin-rajin promosi, sebar link affiliate, mendatangkan traffik dan mengharapkan terjadinya penjualan kemudian komisi masuk ke rekening anda.


9. Resiko Kecil Bahkan Hampir Tidak Ada

Jika anda menjadi reseller produk anda harus stok barang dan menjamin proses order hingga barang terkirim ke pembeli dengan aman. Keadaan ini menjadi kegiatan harian seorang pebisnis local. 

Masalahnya adalah kalau pembeli merasa tidak puas terhadap produk yang dibeli dan meminta refund. Maka dalam kasus ini ada 2 kemungkinan, pembeli meminta barang pengganti atau mereka meminta uang dikembalikan. Apapun pilihan mereka, sebagai pemilik barang anda harus menanggung biaya barang yang tidak sesuai / rusak saat proses pengiriman.

Nah, uniknya resiko sebagai affiliate marketer bisa dibilang sangat kecil, bahkan hamper tidak ada. Jika anda memasarkan produk berkualitas, maka pembeli akan puas dengan produk tersebut. Namun jika pembeli merasa tidak puas bahkan meminta refund, maka pihak vendorlah yang harus bertanggung jawab menyelesaikannya. Asalkan saat pembeli melihat postingan link jualan anda tidak ada unsur menipu atau sejenisnya, yang berarti anda menjelaskan produk sesuai kenyataan dan tidak direkayasa.


10. Bisa Dilakukan Kapanpun dan Dimanapun

Pekerjaan paling menggembirakan adalah pekerjaan yang tidak dibatasi oleh waktu kerja. Bekerja saat pagi, siang, sore atau malam sesuai kondisi adalah kebahagian. Karena tidak akan mengganggu waktu anda dengan kerjaan kantor atau kegiatan Bersama keluarga.

Bahkan anda bisa melakukan bisnis affiliate di mana saja, baik itu dirumah, di café, ditempat wisata, dll. Anda tidak perlu khawatir apapun, karena pekerjaan affiliate marketer hanya membutuhkan laptop dan koneksi internet yang baik.


11. Potensi Penghasilan yang Besar

Sebagai seorang pebisnis tentu mengharapkan penghasilan yang besar. Meski demikian tetap butuh kerja keras dan kerja cerdas. Apalagi saat kondisi ekonomi nasional sedang terguncang karena krisis.

Menjadi affiliate mungkin menjadi pilihan cerdas terlepas dari anda seorang karyawan atau bukan. Meski affiliate marketer tidak ada stok barang, tidak ada karyawan, modal sangat kecil bahkan tidak perlu kerja seharian. Nyatanya potensi penghasilan seorang affiliate marketer tetaplah besar. Tentu saja harus kerja cerdas untuk mewujudkan hal ini. 

Mengapa saya bilang besar?

Coba anda amati berbagai merchant / vendor yang menyediakan sistem affiliate marketing. Anda akan mendapati besaran komisi yang akan didapatkan saat terjadi penjualan. 

Untuk produk fisik, mungkin komisi 4%-6% sudah terbilang umum, tapi untuk produk digital lain lagi ceritanya. Di marketplace produk digital anda bisa mendapatkan komisi 20%-75% saat terjadi penjualan melalui link affiliasi anda. Kalau hanya satu penjualan mungkin belum terasa. Namun jika terjadi penjualan 100 atau 500 kali per produk kira-kira berapa penghasilan yang bisa anda anda kumpulkan?

5 Tips Belajar Affiliate Marketing Untuk Pemula Tanpa Modal


Kesimpulannya, memang bukan hal yang mudah untuk mewujudkan impian yang besar dengan menjadi affiliate marketer, tapi yakinlah bahwa jalan rejeki itu banyak cara. Jika anda mau menjadi salah satunya, maka kunci utama seorang affiliate marketer adalah kerja keras, kerja cerdas, pantang menyerah, tidak banyak mengeluh, terus bersabar dan yakin disertai do’a bahwa pilihan bisnis ini adalah tepat untuk menghasilkan uang yang halal.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel